7 Ide Kegiatan Seru yang Bisa Bikin Bayi Mama Bahagia

Gemasnya saat si Kecil bermain dan bahagia

18 Agustus 2019

7 Ide Kegiatan Seru Bisa Bikin Bayi Mama Bahagia
Pixabay/publicdomainpictures

Bahagia adalah hak semua orang, termasuk bayi mama. Kebahagiaan bisa muncul lewat berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas yang membuat hati si Bayi tenang dan bahagia. 

Mama mau tahu bagaimana cara membuat si Bayi bahagia? Yuk, ikuti cara yang Popmama.com rangkum dari situs Mom Junction. Aktivitas sederhana ini dijamin berhasil, lho!

1. Bermain dan mengobrol!

1. Bermain mengobrol
mommyish.com

Tentu si Kecil belum bisa bicara. Tetapi ia sudah memahami bahasa yang Mama sampaikan. Jadi, daripada hanya diam-diaman saja, Mama perlu mengajaknya mengobrol. Selain memperkenalkan bahasa, mengajak ngobrol membuat bayi merasa diperhatikan. Ujungnya, ia akan merasa bahagia.

Selain itu, dengan mengajak bicara si Kecil dengan mengucapkan kata-kata positif penuh cinta, ia akan mendapatkan kontak mata dan perhatian secara penuh sehingga merasa diperhatikan. Kalau sudah begini, siapa sih yang tidak bahagia?

Sambil melakukannya, kami sangat menyarankan supaya Mama turut bermain dengan tubuh mungil si Kecil seperti memainkan beberapa anggota tubuhnya dengan lembut atau melakukan kontak fisik yang menyenangkan hatinya.

2. Jalan-jalan di tempat bernuansa alam

2. Jalan-jalan tempat bernuansa alam
Pixabay/publicdomainpictures

Menikmati waktu spesial bersama si Bayi memanglah sangat menyenangkan. Akan tetapi, Mama sebaiknya memastikan bahwa waktu-waktu tersebut tidak hanya dilakukan di dalam rumah.

Bayi mama pasti akan merasa sangat bosan dengan pemandangan yang itu-itu saja. Bagaimana jika Mama membawanya keluar untuk sekedar jalan-jalan di tempat bernuansa alam? Baik di taman publik yang aman maupun lingkungan sekitar. It will be lovely!

3. Bermain air

3. Bermain air
momjunction.com

Coba Mama perhatikan si Bayi! Setiap kali diajak untuk mandi, ia pasti akan menunjukkan gerak-gerik yang bersemangat atau setidaknya tenang untuk melalui setiap proses yang ada.

Hal itu dikarenakan bayi pada umumnya memang sangat menyukai air dalam suhu yang sejuk. Itu kenapa, bagaimana jika sesekali Mama mengajak si Kecil bermain air dalam kolam renang buatan khusus bayi. Pastikan airnya hangat, ya!

Editors' Picks

4. Nikmati balon

4. Nikmati balon
activebabiessmartkids.com

Menyaksikan pertunjukkan balon sabun yang berterbangan di udara sebagai sesuatu yang mengesankan untuk si Kecil. Hati yang girang dan terkesan akan menumbuhkan perasaan bahagia pada dirinya. 

Sederhana ya?

5. Bermain dengan bola

5. Bermain bola
escolavilaflor.com

Si Kecil memang sangat menyukai mainan. Kesukaan pada hal-hal tersebut sudah terbangun sangat ia masih bayi. Namun, biasanya mereka menyukai bola-bola dengan aneka warna-warni yang cerah.

Bola akan sangat menarik perhatiannya sehingga dapat dijadikan sebagai alat untuk Mama bermain dengannya. Mama bisa mengajaknya bermain lempar bola. Supaya aman, Mama cukup menggulingkannya saja di lantai dan biarkan ia mencoba untuk mengambilnya dengan merangkak.

Tetapi, Mama dan Papa wajib untuk mengawasinya, ya! Ini pasti akan menyenangkan hatinya di mana si Kecil sembari melatih kemampuan motorik dan pemahamannya terhadap beragam warna dan gerakan yang berbeda.

6. Menari dengan musik

6. Menari musik
washington.edu

Siapa yang tidak suka dengan musik? Bahkan, si Bayi saja dapat seketika larut dalam alunan nada musik yang menyenangkan. Ia mungkin terdorong untuk menggerak-gerakkan anggota tubuhnya yang mungil.

Kita bisa menamakannya sebagai tarian ala bayi. Namun, akan lebih menyenangkan jika Mama ikut menari. Yuk, menari bersama!

7. Tonton video musik

7. Tonton video musik
kidmunicate.com

Memanfaatkan penggunaan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan umum di zaman sekarang ini.  Mama dapat membuat anak mama bahagia dengan menonton beragam tontonan menarik melalui gadgets.

Mama cukup memangkunya dan membiarkan si Kecil menyaksikannya dengan jarak pandang yang tidak merusak matanya. Pastikan tontonan tersebut memiliki konten positif dan menghadirkan warna-warna menggemaskan beserta musik.

Tapi ingat, batasi waktu menonton dan lakukan di saat yang tepat, misalnya saat beristirahat bukan kala makan. 

Asyik! Sekarang, Mama sudah siap-siap have fun dengan bayi mama tercinta, bukan?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;