5 Jenis Bahan Makanan yang Baik untuk Bayi Sebelum Umur Setahun

Zat gizi yang lengkap dan baik harus diberikan kepada bayi sebelum mereka berumur setahun

8 Desember 2019

5 Jenis Bahan Makanan Baik Bayi Sebelum Umur Setahun
parents.com

Dalam menjaga proses tumbuh kembang si Bayi, Mama tentu saja harus memperhatikan pola makan yang sesuai untuknya.

Dalam hal itu, Mama harus mengetahui makanan padat yang bisa dimakan bayi sebelum umur 1 tahun sebagaimana dilansir dari laman parents.com. Tidak semua makanan baik untuk anak yang baru memulai makan. Namun, Popmama.com telah merangkum lima jenis bahan makanan yang baik untuk bayi.

1. Salmon

1. Salmon
Pixabay/congerdesign

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, ia sangat butuh asupan gizi yang dapat menunjang kinerja otak. Dalam hal ini, DHA dan asam lemak omega 3 menjadi asupan penting untuknya.

Sumber DHA dan asam lemak omega 3 terbaik ada di dalam ikan, khususnya salmon. Jadi, tidak heran jika ikan laut ini direkomendasikan sebagai makanan padat yang wajib diasupi anak sebelum umur 1 tahun.

Editors' Picks

2. Bayam

2. Bayam
Pixabay/couleur

Si Kecil tentu saja harus diberikan asupan gizi dan vitamin yang terkandung dalam sayur-sayuran hijau yang bermanfaat positif untuk kesehatan fisiknya.

Bayam menjadi sayur yang sangat direkomendasikan karena nutrisi yang dibutuhkan bayi. Nah, supaya ia mau makan, Mama dapat mengombinasikannya dengan pilihan menu makanan padat lainnya seperti daging cincang.

3. Daging

3. Daging
Pexels/mali maeder

Sebagaimana yang direkomendasikan pada poin sebelumnya, si Bayi sudah bisa melahap daging-daging tertentu, misalnya daging ayam atau sapi yang dicincang. Selain untuk energi agar ia bisa aktif bergerak, lemak di dalam daging akan meningkatkan pertumbuhan otaknya.

Daging mengandung protein dan kandungan zinc yang banyak di mana keduanya bermanfaat positif untuk proses tumbuh kembangnya. Mama bisa lho, menyajikannya dengan kentang atau ubi jalar.

4. Telur

4. Telur
Pixabay/stevepb

Sama seperti tahu dan tempe, telur memang sudah menjadi bagian dari pola makan sehari-hari orang Indonesia. Nyatanya, telur memang memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh individu selama konsumsinya dilakukan secara seimbang dan cukup.

Untuk si Bayi, telur sangat direkomendasikan karena mengandung protein yang dibutuhkan. Serunya, telur sangat mudah untuk disiapkan, bukan?

5. Buah beri

5. Buah beri
Pixabay/pezibear

Berbicara mengenai pola makan yang seimbang dan sehat, bagaimana mungkin kita melupakan konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin? Namun, ada sekelompok buah-buahan yang ternyata dipandang baik untuk bayi mama.

Buah-buahan yang masuk ke dalam kelompok beri seperti stroberi dan pisang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap dan penuh. Untuk menyajikannya, Mama bisa menghidangkannya bersama roti atau smoothies.

Sekarang, Mama tidak perlu bingung lagi mengenai jenis makanan padat apa saja yang sudah bisa dimakan anak mama tercinta. Selamat makan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.