Sehat dan Lezat! Coba yuk, Makanan Bayi dari 7 Negara Ini

Apa ya yang dimakan sama bayi-bayi di Jepang?

22 Januari 2020

Sehat Lezat Coba yuk, Makanan Bayi dari 7 Negara Ini
livescience.com

Sebagai orangtua, Mama tentu sangat memahami bahwa pola makan si Kecil turut memengaruhi proses tumbuh kembangnya. Tentu, dalam perihal ini, Mama wajib untuk memerhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi bayi.

Pernah bertanya-tanya kah Mama apa yang dimakan bayi-bayi di Jepang atau Amerika Serikat sehingga anak-anak di negara itu pintar dan sehat? Nah, di bawah ini, adalah beberapa jenis makanan dari berbagai dunia yang rasanya enak serta baik untuk kesehatan.

Makanan apa saja, tuh? Cek bareng Popmama.com, yuk.

1. Vietnam

1. Vietnam
Pixabay/lilith um

Vietnam memiliki kesamaan makanan untuk bayi seperti makanan Indonesia. Bayi Vietnam memakan bubur yang disajikan sehat dan sederhana.

Proses yang dilakukan dalam menyiapkan bubur juga tidak jauh berbeda seperti yang dilakukan oleh para orangtua di Indonesia. Mulai dari memasaknya hingga mencampurnya dengan bahan-bahan yang sehat seperti sayur-sayuran.

2. Jepang

2. Jepang
Upload.wikimedia.org

Masing-masing dari kita tentu saja tidak asing dengan beberapa jenis makanan khas tradisional Jepang yang sudah mendunia seperti sushi. Namun, tentu saja, para orangtua tidak memberikan makanan tersebut untuk bayi.

Secara khusus, para orangtua di Jepang memberikan makanan bervariasi yang meliputi nasi, potongan roti yang telah dilunakan atau dihaluskan, kentang, tahu, brokoli, yogurt, dan buah-buahan. Semuanya itu diberikan saat si Kecil mulai menginjak usia 5 bulan.

Editors' Picks

3. Kamerun

3. Kamerun
Pexels/Tookapic

Dari Benua Afrika yaitu Kamerun, bayi makan makanan khas yang didominasi sayur-sayuran.

Makanan pokok bayi-bayi adalah jagung. Jagung itu diolah terlebih dahulu melalui proses penggilingan hingga fermentasi untuk menumbuhkan bakteri baik.

Bakteri baik hasil dari proses fermentasi itu berguna untuk proses pencernaan dan kesehatan jantung. Tentu, inilah yang membuat para bayi di Kamerun cenderung sehat dan kuat.  

4. Italia

4. Italia
Pixnio/Public Domain CCO

Italia  terkenal dengan ciri khas makanannya yang sedap seperti pizza, spaghetti, dan masih banyak lagi. Apakah bayi Italia makan pasta juga?

Orangtua Italia ternyata memberikan bayinya beberapa jenis sayuran yang kemudian diolah dengan beberapa bahan yang enak. Sayuran diberi taburan keju, daging giling, dan kaldu ayam kental. Wah, enak sekali, ya!

5. Perancis

5. Perancis
Maxpixel.net

Negara di Eropa yang juga terkenal dengan makanan lezatnya adalah Perancis. Ada beberapa kemiripan antara makanan di Italian dan Perancis. Sebagai contoh, makanan khusus bayi juga disediakan dalam bentuk sayur-sayuran yang diolah dengan bahan-bahan lain yang membuatnya lezat.

Namun, ada perbedaan yang kontras yang dilakukan oleh para orangtua di Perancis. Mereka cenderung menyajikannya dalam bentuk bubur. Setelah itu barulah para orangtua di sana menaburkan keju yang disukai si Kecil.

6. Amerika Serikat

6. Amerika Serikat
Pixabay/silviarita

Amerika Serikat identik dengan beragam junk food.

Akan tetapi, para orangtua di Amerika Serikat tentu saja bijak untuk memberikan makanan yang sehat untuk anak-anak mereka. Untuk itulah, para orangtua memberikan si Kecil makanan berupa rice cereal dan buah-buahan serta sayur-sayuran yang diolah dengan baik

7. Meksiko

7. Meksiko
Flickr/Marco Verch

Terakhir, kita tentu harus turut melirik negeri tetangga Amerika Serikat yaitu Meksiko. Negara khas Amerika Latin ini memang sangat terkenal dengan beberapa jenis makanan yang unik dan sedap untuk dinikmati dunia seperti taco.

Akan tetapi, asupan gizi melalui makanan kepada si Kecil nyatanya diberikan melalui jenis makanan yang sederhana yaitu sop yang mengandung sayur-sayuran. Setelah itu, para orangtua baru memperkenalkan makanan khas Meksiko seperti tortilla.

Sekarang, Mama sudah mengetahui beberapa jenis makanan yang diberikan oleh para orangtua di penjuru dunia. Bagaimana dengan makanan yang Mama berikan untuk si Kecil?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.