6 Obat Alami untuk Mengobati Masuk Angin pada Bayi

Masuk angin dapat diatasi dengan obat alami yang aman untuk bayi

4 Mei 2021

6 Obat Alami Mengobati Masuk Angin Bayi
Freepik/sorapop

Masuk angin tak hanya dialami orang dewasa saja, namun dapat dirasakan juga oleh bayi dan anak-anak. Sebenarnya tidak ada istilah medis untuk masuk angin. Pada umumnya masuk angin ditandai dengan gejala mual, keringat dingin, muntah, perut kembung, bahkan terkadang dapat disertai dengan flu dan demam.

Masuk angin yang dirasakan oleh bayi akan membuatnya menjadi lebih rewel dan sering menangis. Sebagian orangtua berusaha sekeras mungkin untuk menenangkannya dengan berbagai cara. Namun, ada juga orangtua yang kebingungan untuk mengatasi masuk angin pada bayi.

Mengobati masuk angin dengan mengonsumsi obat bebas tidak dianjurkan untuk bayi. Jika Mama ingin memberi obat pada si Kecil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar diberikan obat yang aman. Mama juga bisa memberikan obat alami untuk meredakan masuk angin pada bayi.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum obat alami untuk mengatasi masuk angin pada bayi.

1. Memberikan sup ayam pada bayi

1. Memberikan sup ayam bayi
Freepik/timolina

Mengonsumsi makanan yang hangat dapat mengobati masuk angin pada bayi. Sup ayam tidak hanya dapat menghangatkan tubuh bayi, tetapi juga memberi rasa nyaman pada perut bayi .

Saat si Kecil masuk angin tentunya akan merasakan ingin muntah. Sup ayam cocok diberikan untuk mengatasi rasa ingin muntah pada bayi. Selain itu, uap hangatnya dapat mengatasi hidung tersumbat dan membuat si Kecil menjadi lebih lega. Adanya lendir di hidung bisa membuat bayi menjadi mual dan tidak nafsu makan saat mengalami masuk angin.

Namun, pastikan Mama menyesuaikan teksturnya dengan kemampuan makan bayi ya.

2. Memberikan lebih banyak cairan

2. Memberikan lebih banyak cairan
Freepik/valuavitaly

Jika si Kecil masuk angin, biasanya akan mengalami pilek hingga hidung tersumbat. Mama dapat memberikan cairan yang lebih banyak untuk mengencerkan lendir dan mengatasi hidung tersumbat.

Berikan ASI kepada bayi lebih sering. Selain itu, Mama perlu memerhatikan warna urine yang dikeluarkan. Jika berwarna gelap, segera atasi dengan minum ASI dan air putih lebih banyak. Jangan sampai si Kecil dehidrasi ya, Ma.

Editors' Picks

3. Memasang humidifier

3. Memasang humidifier
Freepik/dimaberlin

Memasang humidifier di dalam kamar si Kecil dapat membantu mengatasi hidung tersumbat, batuk, dan sesak napas. 

Humidifier merupakan uap alami yang dapat melembapkan udara dan juga dapat membuat tidur bayi lebih nyaman. Jika Mama menggunakan alat ini di rumah, pastikan mengganti air setiap hari dan membersihkannya sesuai petunjuk dari kemasan. Hal ini dilakukan untuk mencegah jamur dan bakteri yang tumbuh di dalam humidifier.

4. Memberikan buah-buahan yang mengandung vitamin C

4. Memberikan buah-buahan mengandung vitamin C
Freepik/pch.vector

Vitamin C juga bisa mengurangi gejala masuk angin. Selain itu, vitamin C dapat membantu meningkatkan kesehatan bayi, termasuk sistem kekebalan tubuhnya.

Mama dapat memberikannya melalui makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk. Jika Mama ingin memberikan suplemen vitamin C untuk bayi, sebaiknya konsultasi pada dokter mengenai rekomendasi merek suplemennya dan dosis yang sesuai.

5. Mengoleskan minyak telon pada bayi

5. Mengoleskan minyak telon bayi
Freepik/nellysenko

Minyak telon dapat membuat si Kecil menjadi hangat dan memberikan rasa nyaman di tubuh. Minyak telon juga dapat meredakan perut kembung dan rasa ingin muntah.

Mama bisa memberikan minyak telon saat menjelang tidur. Minyak telon bisa dioleskan secara merata pada area punggung, dada, perut, pergelangan, dan telapak kaki si Kecil. Mengoleskan minyak telon dan memberikan pijatan akan membuat si Kecil lebih nyaman.

6. Membantu si Kecil untuk istirahat

6. Membantu si Kecil istirahat
Freepik/senivpetro

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat pada bayi bisa didapatkan dengan tidur yang cukup. Dengan mengajak si Kecil untuk istirahat dapat membantu tubuhnya melawan gejala masuk angin yang dialami.

Mama dapat membantu bayi agar tidur yang nyenyak dengan memberikan banyak pelukan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan dan membantu si Kecil merasa lebih rileks saat tertidur.

Itulah beberapa obat alami untuk mengatasi masuk angin pada bayi. Jika si Kecil masuk angin secara terus-menerus, segera konsultasikan ke dokter ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.