Bayi Tumbuh Gigi Tidak Boleh Mengunyah, Mitos atau Fakta?

Cari tahu kebenarannya di sini!

25 Mei 2022

Bayi Tumbuh Gigi Tidak Boleh Mengunyah, Mitos atau Fakta
Pixabay/Jenny Fried Richs

Saat si Kecil mulai memasuki masa tumbuh gigi, Mama dan Papa tentu perlu tahu segala informasi tentang momen penting ini, tidak terkecuali berbagai cara untuk mengatasinya.

Selain itu, orangtua juga perlu mengetahui berbagai mitos dan fakta yang beredar di masa pertumbuhan bayi ini. Tujuannya, agar tidak salah langkah akibat kabar yang belum pasti kebenarannya.

Misalnya saja soal bayi tidak boleh mengunyah ketika tumbuh gigi. Kira-kira, pernyataan ini mitos atau fakta ya?

Agar tidak salah, yuk simak kebenaran soal bayi tidak boleh mengunyah ketika tumbuh gigi di Popmama.com.

Editors' Picks

Benarkah Bayi Tidak Boleh Mengunyah Ketika Tumbuh Gigi?

Benarkah Bayi Tidak Boleh Mengunyah Ketika Tumbuh Gigi
Pexels/Ron Lach

Mayoritas orang tua masih mempercayai bahwa bayi tidak boleh mengunyah ketika tumbuh gigi. Hal ini membuat kebanyakan orangtua mengurangi tingkatan tekstur makanan si Kecil.

Saat tumbuh gigi, bayi biasanya memang cenderung lebih malas makan. Ini disebabkan oleh banyaknya produksi air liur di mulut dan rasa kurang nyaman yang ditimbulkan dari proses tumbuh gigi ini.

Tapi, hal itu tidak serta-merta membuat si Kecil jadi tidak boleh mengunyah makanan saat tumbuh gigi, Ma. Meskipun memang ada beberapa tekstur makanan yang perlu Mama hindari. 

Mengutip dari laman Parents, tekstur makanan itu misalnya finger food yang terlalu keras seperti wortel dan apel. Tujuannya untuk menghindari si Kecil tersedak akibat ia kesulitan mengunyah di saat giginya sedang sakit.

Tetap Beri Makanan dengan Porsi Biasa saat Bayi Tumbuh Gigi

Tetap Beri Makanan Porsi Biasa saat Bayi Tumbuh Gigi
Pexels/Ivan Samkov

Kendati si Bayi akan jadi rewel akibat rasa tidak nyaman dari tumbuh gigi, Mama tetap harus memberikan ia porsi makanan sebagaimana biasanya.

Ini diharuskan karena si Bayi sedang butuh tambahan asupan energi akibat banyaknya air liur yang keluar. 

Bila si Kecil tidak mau makan, Mama bisa menurunkan tekstur makanannya menjadi lebih lunak. Ini tidak masalah asalkan porsi makannya tetap sesuai seperti biasa sebelum tumbuh gigi.

Cara Membantu Bayi saat Tumbuh Gigi

Cara Membantu Bayi saat Tumbuh Gigi
Pixabay/Ulicol

Berbagai kondisi, seperti gusi gatal, demam, dan rewel mungkin akan bayi alami ketika tumbuh gigi. Untuk membantu ia melalui masa ini dengan baik, Mama bisa mengobati penyakit yang timbul selama proses ini.

Selain itu, Mama juga bisa membantu si Kecil melalui tumbuh kembang ini dengan cara-cara berikut:

  • Berikan teether. Benda berisi gel yang dapat didinginkan di lemari es dan aman digigit oleh Bayi ini berguna untuk menenangkan dan meredakan gatal pada gusi si Kecil.

  • Berikan makanan yang disukai. Saat tumbuh gigi, biasanya si Kecil jadi kurang nafsu makan. Siasati kondisi ini dengan memberikan makanan yang disukainya. 

  • Berikan makanan dingin. Makanan dingin dapat menjadi solusi yang tepat untuk meredakan gatal pada gusi si Kecil. Coba berikan beberapa buah atau sayuran langsung dari lemari es seperti stroberi utuh atau alpukat yang dihaluskan. Pastikan untuk terus mengawasi si Kecil supaya tidak tersedak saat makan.

  • Bersihkan gigi dan gusi si Kecil secara rutin. Ini termasuk hal penting yang perlu Mama dan Papa lakukan. Saat gigi pertamanya tumbuh di sekitar usia 6 bulan, Mama bisa langsung membersihkan gigi dan gusinya untuk menghindari terjadinya penumpukan plak di gigi.

Jadi, kabar soal bayi tidak boleh mengunyah ketika tumbuh gigi itu kurang tepat. Selama benda yang dikunyah aman dan steril, serta makanan yang dikonsumsi tidak berisiko membuat tersedak, biarkan si Kecil melakukan aktivitas ini ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk