Berbagai Alasan Kenapa Bayi Suka Menggigit dan Cara Mengatasinya

Apakah si Kecil pernah melakukannya?

20 Mei 2022

Berbagai Alasan Kenapa Bayi Suka Menggigit Cara Mengatasinya
capitalwired.com

Pernahkah Mama mendapati si Kecil suka menggigit benda di sekitarnya? Ataukah Mama sendiri pernah jadi objek gigitannya? 

Jika pernah, tak perlu heran lagi ya ma dengan hal itu. Tetap tenang, karena ini merupakan hal yang wajar terjadi pada masa pertumbuhan si Kecil.

Menggigit seseorang atau benda merupakan salah satu cara bayi untuk mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya. Terlebih lagi jika ia mulai tumbuh gigi, perilaku ini akan lebih meningkat lho, Ma.

Nah, daripada memarahi si Kecil, lebih baik kita coba memahami berbagai alasan kenapa bayi suka menggigit dan cara mengatasinya. Simak terus di artikel Popmama.com, ya!

Editors' Picks

Kenapa Bayi Suka Menggigit?

Kenapa Bayi Suka Menggigit
Pexels

Perilaku bayi suka menggigit terkadang memang menyebalkan, apalagi kalau gigitannya sakit sampai kadang suka membekas. Akan tetapi, kebiasaan ini tidak akan berlangsung lama, Ma.

Coba cari tahu alasan yang membuat bayi suka menggigit, barulah kemudian kita coba atasi kebiasaan buruk ini sesuai dengan penyebabnya.

  1. Tumbuh gigi. Saat tumbuh gigi, gusi si Bayi akan terasa gatal dan sakit. Untuk mengurangi rasa kurang nyaman itu akan mencari objek yang bisa ia gigit-gigit.
  2. Mencari Perhatian. Saat Mama disibukkan oleh hal lain, biasanya si Kecil akan merasa terabaikan sehingga ia akan menggigit Mama untuk mendapatkan kembali perhatian mama.
  3. Frustasi. Si bayi belum bisa mengungkapkan emosi yang ia rasakan. Sebagai sarana meluapkan rasa frustasi itu, ia akan menggigit Mama atau benda-benda di sekitarnya. 

Rasa ingin tahu. Rasa penasaran yang besar membuat ia senang mengeksplorasi apa pun. Termasuk ingin mengetahui bagaimana reaksi yang timbul bila ia menggigit mama maupun benda-benda di sekitarnya.

Cara Mengatasi Bayi yang Suka Menggigit

Cara Mengatasi Bayi Suka Menggigit
drmomma.org

Setelah mencari tahu penyebab kenapa bayi suka menggigit, sekarang yuk simak berbagai cara yang bisa mama lakukan untuk mengatasi kebiasaan ini:

  • Jika si Kecil sedang tumbuh gigi, berikan ia teether atau handuk dingin. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi rasa gatal dan sakit pada gusi si Kecil.

  • Bersikaplah tenang dan tegas, namun jangan memarahinya. Ajarkan pada si Kecil bahwa kebiasaan menggigit itu dapat menyakiti orang lain dan bukanlah tindakan yang baik sehingga tidak boleh diulangi.

  • Alihkan perhatian si Kecil dengan memberikannya mainan lain yang lebih aman, mengajaknya bernyanyi, atau Mama juga bisa mengajaknya melihat keluar jendela. 

  • Berikan pujian pada si Kecil atas perilaku baik yang ia lakukan. Dengan begitu si Kecil menjadi tahu bahwa untuk mendapatkan perhatian ia tidak perlu menggigit.

Nah, itulah cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi kebiasaan menggigit pada si Kecil. Seperti yang sudah disinggung, kebiasaan bayi suka menggigit adalah hal yang wajar. Mama hanya perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk si Kecil dan bantu dia untuk bisa menyampaikan perasaannya tanpa perlu menggigit. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk