Hanya Keluarga Inti, Nadiem Makariem Gelar Tedak Sinten Anak Ketiga

Acara itu digelar secara tertutup di rumah kediaman Nadiem Makarim dan istri

5 Februari 2021

Ha Keluarga Inti, Nadiem Makariem Gelar Tedak Sinten Anak Ketiga
Instagram.com/nadiemmakarim

Berbeda dari unggahan biasanya yang menjelaskan soal program dan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada Sabtu (30/1/2021) ada yang berbeda dari unggahan Nadiem Makarim.

Dipenghujung bulan pertama tahun 2021 itu, Nadiem dan istrinya, Franka F. Makarim menyelenggarakan acara tedak siten anak ketiga mereka.

Diungkapkan Nadiem jika acara tedak siten anaknya kali ini berbeda dari kedua kakaknya. Pasalnya, acara tedak siten ini hanya dihadiri oleh keluarga inti dan diselenggarakan secara tertutup. 

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkap mengenai acara tedak siten anak ketiga Nadiem Makarim.

Editors' Picks

1. Tedak siten diselenggarakan tertutup karena pandemi

1. Tedak siten diselenggarakan tertutup karena pandemi
Instagram.com/nadiemmakarim

Diungkapkan Nadiem dalam Instagramnya jika ia dan sang Istri menyiapkan acara tedak siten secara sederhana dan sendirian. Selain itu, orang yang menghadiri acara ini hanya keluarga inti saja. 

Meski begitu, Nadiem mengungkapkan meski berbeda dari kedua anaknya yang lain justru momen ini jadi lebih intim.

"Tedhak Siten kali ini sedikit berbeda karena dihadiri keluarga inti dan eyang saja, dan persiapan semua dikerjakan sendiri. Tapi jadi lebih intim malah rasanya," jelas Nadiem dalam Instagramnya.

2. Harapan Nadiem Makarim kepada sang Anak

2. Harapan Nadiem Makarim kepada sang Anak
Instagram.com/nadiemmakarim

Sebagai informasi, upacara tedak siten adalah salah satu tradisi ritual dalam masyarakat Jawa. Upacara ini konon dikaitkan dengan kehidupan seorang bayi di masa depannya. 

Laman Peta Budaya Kemendikbud mengungkapkan jika tradisi ini dilaksanakan saat seorang bayi mulai bisa berjalan atau menginjakkan kakinya ke tanah. Tradisi ini sudah ada turun-temurun di masyarakat Jawa.

Dalam upacara tedak siten juga ada ritual yang konon bisa memprediksi masa depan anak. Biasanya, bayi akan dimasukkan ke dalam kurungan dan memilih suatu barang. Barang yang dipilih itu adalah representasi masa depan sang Bayi. Contohnya, jika ia mengambil uang maka kemungkinan di masa depannya akan menjadi orang kaya.

Terlepas dari itu, di hari bahagia tersebut Nadiem berharap agar anaknya nanti bisa menjadi anak yang kuat dan dilimpahi kebahagiaan. 

"Semoga anak kami senantiasa diberikan kekuatan dan bekal kebahagiaan di dalam hidupnya," tuturnya. 

3. Sekilas tentang upacara tedak siten

3. Sekilas tentang upacara tedak siten
Instagram.com/nadiemmakarim

Upacara tedak siten ini bisa dibilang cukup sakral bagi masyarakat Jawa. Sebab bisa dibilang inilah waktu seorang bayi 'menapaki' kehidupan sesungguhnya ke depan. Upacara ini juga bisanya digelar bukan di sembarang tempat dengan mempertimbangkan weton (hari lahir) sang Anak.

Kata tedak siten berasal dari dua kata yaitu 'tedhak' yang artinya menapakkan kaki atau langkah. Lalu, kata 'siten' berasal dari kata 'siti' yang berarti tanah. Upacara ini berkaitan dengan daur hidup atau siklus kehidupan manusia pada masa seorang anak mulai menginjakkan kakinya di tanah sebagai tanda ia siap menjalani hidup.

Itulah informasi mengenai tedak siten anak Nadiem Makarim. Semoga kelak sang Anak menjadi pribadi yang diharapkan orangtuanya ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.