Wajarkah Bayi Menolak Makan di Awal MPASI? Ini Cara Mengatasinya!

Jangan sampai membuat Mama stres dan marah sehingga membuatnya trauma makan

7 Mei 2021

Wajarkah Bayi Menolak Makan Awal MPASI Ini Cara Mengatasinya
Pexels/fotios-photos

Mama yang memiliki bayi usia enam bulan ke atas pastinya akan disibukkan dengan MPASI. Dalam memberikan makanan pendamping itu biasanya banyak hal yang mewarnai. Salah satu kekhawatiran terbesar adalah bayi yang menolak makanan di awal MPASI.

Rupanya, sulit atau mudah pemberian makanan di awal MPASI ini sangat bersifat individual. Sebab ada bayi yang langsung lahap dan ada pula yang sulit makan sehingga membuat Mama stres. Hal ini jangan sampai membuat Mama merasa terbebani ya, Ma. Karena pada dasarnya karakter anak pasti berbeda-beda. 

Untuk membantu Mama, Popmama.com punya tips cara mengatasi bayi tidak mau makan di awal MPASI.

1. Berikan anak makanan beragam dalam minggu-minggu pertama MPASI

1. Berikan anak makanan beragam dalam minggu-minggu pertama MPASI
Pexels/olly

Salah satu yang bisa dicoba selama minggu-minggu awal MPASI adalah memberikan bayi berbagai makanan yang berbeda. Hal ini bisa melatihnya mengenali berbagai makanan yang ia suka dan masih ia tolak.

Cara ini juga membantu Mama bisa mengenali selera anak dan cara makan anak lebih baik. Jangan menyerah jika ada satu atau dua makanan yang tidak anak suka, sebab dengan perubahan resep atau penyajian bisa saja anak menyukainya kelak.

Perlu Mama ingat juga jika selera anak akan terus berkembang sepanjang pertumbuhannya. Coba berikan satu memu baru setiap beberapa hari sekali. Jika sudah terbiasa, maka lanjutnya dengan menu lengkap dari protein, karbohidrat, lemak, dan sayuran yang mengandung vitamin dan mineral.

Editors' Picks

2. Beri jarak yang cukup dari menyusui hingga waktu makan

2. Beri jarak cukup dari menyusui hingga waktu makan
Pexels/anastasia-shuraeva

Bayi bisa saja menyukai makanan MPASI-nya, tapi ia menolak karena perutnya sudah kenyang dengan ASI. Oleh karenanya, mengatur jam makan dan waktu menyusui anak sangat penting.

Mama bisa tidak menyusui bayi antara 1-2 jam sebelum ia makan. Ini juga membantu bayi mengenali rasa lapar. Begitupun sebaliknya ya, Ma jangan memberikannya makan jika waktunya terlalu mepet untuk menyusui.

3. Buat posisi makan bayi nyaman

3. Buat posisi makan bayi nyaman
Pexels/vanessa-loring

Posisi makan bayi juga berperan lho dalam menentukan ketertarikannya terhadap menu MPASI. Dudukkan bayi di tempat yang nyaman dan biarkan ia melihat Mama atau Papa makan. Hal ini bisa menstimulasi bayi tertarik untuk melakukan hal serupa.

Selain itu, hindari distraksi ketika bayi makan seperti televisi, gadget, mainan dan sebagainya. Ini melatih bayi benar-benar membutuhkan makan. Mama bisa juga mencoba menggunakan alat makan yang menarik atau membiarkannya memegang sendok dan piringnya saat makan.

4. Batasi waktu makan anak selama 30 menit

4. Batasi waktu makan anak selama 30 menit
Unsplash/life is fantastic

Tips selanjutnya adalah membatasi waktu makan bayi. Terapkan metode 30 menit waktu makan misalnya. Ketika bayi mama sedikit makan maka berhenti memberikannya makan. 

Memaksa anak memakan MPASI bisa membuat Mama tambah stres. Hal itu bisa memicu kemarahan pada anak yang membuatnya semakin trauma makan. Mama bisa mencoba kembali memberikan MPASI dua jam kemudian atau ketika bayi merasa lapar dan bukan jadwal menyusuinya. 

Itulah tadi sederet tips cara mengatasi bayi yang tidak mau makan di awal MPASI. Semoga tips ini berguna bagi Mama yang saat ini kesulitan mengenai hal ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.