Bayi Mama Susah BAB? Ini Cara Mengatasinya

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga mungkin mengalami susah BAB

7 Agustus 2019

Bayi Mama Susah BAB Ini Cara Mengatasinya
momjunction.com

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi dapat pula mengalami susah buang air besar atau BAB. Bayi mengalami susah BAB apabila selama 3 hari berturut-turut, bayi sama sekali tidak BAB. Atau bisa pula ditandai dengan tinja yang keras dan sulit keluar sehingga bayi menjadi rewel.

Susah BAB pada bayi bisa disebabkan berbagai macam hal. Kurangnya asupan cairan, alergi makanan, susu formula yang tidak cocok, baru diperkenalkan dengan makanan padat, hingga menderita kondisi medis tertentu dapat menyebabkan bayi mengalami susah BAB.

Susah BAB pada bayi harus diatasi berdasarkan penyebab yang mendasarinya, Ma. Jika disebabkan karena adanya penyakit yang diderita, maka perlu untuk mengatasi penyakit yang diderita agar susah BAB yang dialami bayi bisa teratasi.

Adapun untuk membantu mengatasi susah BAB pada bayi, dilansir dari Medical News Today dan beberapa sumber lainnya, berikut cara mengatasinya.

1. Ganti susu formula yang dikonsumsinya

1. Ganti susu formula dikonsumsinya
Freepik/wavebreakmedia

Jika si Kecil mengalami susah BAB sejak mengonsumsi susu formula atau sejak Mama berikan susu formula, coba ganti susu formula yang dikonsumsi bayi dengan merk yang berbeda.

Karena bisa jadi susu formula yang dikonsumsi si Kecil lah yang menjadi pemicu susah BAB. Mama dapat bertanya atau berkonsultasi ke dokter terkait susu formula yang direkomendasikan untuk bayi Mama sesuai dengan kondisi dan kebutuhan nutrisi bayi.

Editors' Picks

2. Ajak bayi “berolahraga”

2. Ajak bayi “berolahraga”
Freepik/shangarey

Sama halnya dengan orang dewasa, untuk mengatasi susah BAB pada bayi, pastikan bahwa bayi bergerak aktif.Nah, karena bayi belum bisa berjalan dan merangkak, Mama bisa “mengajak” bayi “berolahraga” sejenak di tempat tidurnya.

Caranya mudah Ma, saat bayi berbaring telentang, Mama dapat menggerakan kakinya secara perlahan seperti sedang mengendarai atau menggenjot pedal sepeda. Cara ini diyakini dapat membantu mengatasi susah BAB pada bayi.

3. Pijat perutnya dengan lembut

3. Pijat perut lembut
Freepik/Peoplecreations

Memijat perut bayi secara lembut dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah BAB pada bayi. Cara memijat perut bayi cukup mudah.

Mama hanya perlu memijat bagian bawah pusar bayi, tepatnya sekitar tiga jari di bawah pusar secara perlahan dan lembut. Lakukan pijatan selama 3 menit dan pastikan bayi tetap merasa nyaman dan rileks saat Mama melakukannya.

4. Mandikan bayi dengan air hangat

4. Mandikan bayi air hangat
Pexels/Henley Design Studio

Memberi bayi mandi air hangat dapat mengendurkan otot-otot perut mereka dan membantu mereka berhenti mengejan. Ini juga dapat meringankan beberapa ketidaknyamanan yang berkaitan dengan sembelit.

Memandikan bayi menggunakan air hangat juga diyakini dapat membantu mengatasi susah BAB pada bayi. Mandi air hangat dapat membantu mengendurkan otot perut dan membuatnya menjadi rileks. Mandi air hangat juga dipercaya mampu mengatasi ketidaknyamanan yang dialami si Kecil selama mengalami susah BAB.

5. Perhatikan pola makan

5. Perhatikan pola makan
Freepik/mrsiraphol

Untuk Mama yang menyusui, perhatikan pola makan dengan baik. Meski ini belum tentu menjadi penyebab utama bayi susah BAB, pola makan yang buruk saat Mama menyusui diyakini juga dapat menyebabkan bayi mengalami susah BAB.

Mama yang mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi misalnya, sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi kopi selama menyusui. Karena bisa jadi, kopi yang Mama konsumsi menyebabkan perut anak menjadi bergas sehingga susah BAB pun akhirnya diderita bayi Mama.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.