Ma, Benda-benda Ini ternyata Dapat Mempengaruhi Kesehatan Bayi Lho!

Hindari benda-benda ini agar bayi tetap sehat!

25 November 2018

Ma, Benda-benda Ini ternyata Dapat Mempengaruhi Kesehatan Bayi
Unsplash/ CVDOP Limbocker

Saat memiliki bayi, kekhawatiran akan hal-hal yang membahayakan kesehatan bayi tentu kerap melintas di benak Mama. Beberapa benda di sekitar bayi terbukti bisa membahayakannya. 

Sebab tanpa disadari atau tanpa disengaja, benda-benda kecil ataupun besar yang berada di sekitar si Kecil, dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan bayi.

Agar Mama dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, berikut beberapa benda-benda yang sebaiknya dihindari dari jangkauan bayi dilansir dari Boldsky.

1. Balon lateks

1. Balon lateks
Freepik/Josep M Suria

Tidak mengherankan jika bayi menyukai balon. Mereka adalah bagian tak terpisahkan dari pesta ulang tahun dan sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Namun, dibalik warna-warni yang menarik, Mama disarankan untuk menjauhi balon lateks dari jangkauan bayi. Sebab balon lateks berbahaya bagi kesehatan bayi karena bahan lateksnya memengaruhi sistem aliran pernapasan bayi.

Pada balon yang kempes dan bayi asyik memainkannya, bayi bisa saja memasukkan balon tersebut ke dalam mulut yang mungkin bisa menyebabkan  bayi tersedak.

Tak hanya itu saja, lateks pada balon juga dapat menyebabkan alergi pada bayi. Jadi sebaiknya hindari bayi dekat-dekat dengan balon lateks atau jaga bayi dengan baik saat berada disekitar balon.

2. Beberapa produk perawatan bayi

2. Beberapa produk perawatan bayi
Pixabay/Wsucht

Kulit bayi memang masih terlalu sensitif jika bersentuhan dengan produk-poduk perawatan kulit, tak terkecuali produk yang dikhususkan untuk merawat kulit bayi lho, Ma.

Untuk itulah, sebelum Mama memberikan atau mengaplikasikan produk perawatan kulit untuk bayi, pastikan produk perawatan tersebut benar-benar aman. Jika mengandung zat bernama hidrokarbon, sebaiknya jangan dibeli. Sebab kandungan tersebut ternyata bisa menyebabkan pneumonia dan penyakit paru-paru pada bayi.

Editors' Picks

3. Bantal

3. Bantal
Freepik/Ivash

Penggunaan bantal pada bayi sebenarnya tidak diperlukan Ma, karena bantal bisa menjadi barang berbahaya bagi bayi.

Jika tidak hati-hati dan luput dari perhatian, penggunaan bantal pada bayi dapat menutupi hidung atau mulut bayi saat tidur. Bayi dapat sulit bernapas dan jika ini terjadi, nyawa bayi bisa  terancam.

4. Parfum

4. Parfum
Freepik/Freepic.diller

Sebisa mungkin hindari penggunaan  parfum atau pengharum ruangan di dekat bayi ya, Ma.

Pasalnya, apabila zat yang kimia yang ada di parfum atau pengharum ruangan terhirup oleh bayi,  gangguan pernapasan pada bayi yang berujung pada keracunan bayi bisa saja terjadi.

5. Perhiasan

5. Perhiasan
Freepik/Jan Vasek

Mama perlu tahu jika perhiasan yang Mama kenakan bisa saja  melukai atau bahkan menyakiti bayi. Gelang atau kalung yang Mama pakai merupakan sasaran hiburan bagi bayi. Bayi dapat saja menariknya atau bermain dengan perhiasan mama ketika Mama sedang menggendongnya.

Setiap gerakan yang dilakukan oleh bayi saat memainkan atau menarik perhiasan Mama dapat melukai tangan, bahkan bisa melilitnya. Mama harus memastikan bahwa anting-anting atau cincin yang Mama gunakan tidak longgar agar bayi tidak mengambilnya saat Mama dalam keadaan lengah. Sebab jika bayi memegangnya dan memasukkannya ke dalam mulut, ujung yang tajam dapat menyebabkan luka pada mulut dan saluran cernanya. Bisa juga tertelan dan tentu ini bisa membahayakan bayi.

Itulah benda berbahaya yang harus dijauhi dari jangkauan bayi Ma. Mama harus memastikan bahwa tidak ada benda yang berbahaya di sekitar si Kecil yang dapat mengganggu kesehatannya.