Bolehkah Telur Puyuh untuk MPASI? Ini Manfaatnya

Saat anak menginjak usia 9 bulan, Mama bisa memberikan telur puyuh pada MPASI-nya

13 Mei 2019

Bolehkah Telur Puyuh MPASI Ini Manfaatnya
Freepik/Prostooleh

Saat bayi sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI, Mama sudah mulai bisa memperkenalkan beragam makanan dengan cita rasa yang berbeda.

Namun meski begitu, jangan lupa untuk memastikan bahwa MPASI yang Mama berikan mengandung nutrisi penting yang dapat menunjang tumbuh kembang sekaligus kesehatan bayi.

Makanan bergizi dan bernutrisi yang bisa diberikan kepada Si Kecil terbilang beragam, salah satu yang patut Mama coba adalah telur puyuh.

Telur berukuran kecil yang kerap dimasukkan ke dalam sup ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat menunjang tumbuh kembang anak. Nutrisi penting yang terkandung dalam telur puyuh di antarnya protein, kolin, vitamin A, vitamin B, zinc, selenium, dan zat besi.  

Nutrisi penting ini membawa berbagai macam manfaat, dilansir dari Parenting Healthy Babies, berikut beberapa manfaat pemberian telur puyuh pada MPASI anak.

1. Meningkatkan imunitas tubuh anak

1. Meningkatkan imunitas tubuh anak
Freepik/Alexeyzhilkin

Daya tahan tubuh anak usia di bawah 1 tahun cenderung masih lemah, sehingga selain menjaga kesehatannya dengan baik, Mama juga harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi Si Kecil mengandung nutrisi yang menunjang imunitas tubuhnya.

Nah, telur puyuh bisa menjadi salah satunya Ma. Mengapa demikian? Rupanya kandungan protein hewani yang tinggi pada telur puyuh mampu meningkatkan imunitas tubuh Si Kecil dengan baik. Alasan inilah mengapa pemberian telur puyuh saat MPASI juga begitu penting.

2. Meningkatkan pembentukan sel darah merah

2. Meningkatkan pembentukan sel darah merah
Freepik

Memasukkan telur puyuh ke dalam menu MPASI bayi baik untuk kesehatan karena telur puyuh kaya akan kandungan zat besi.

Kandungan nutrisi yang juga ditemui pada sayuran hijau ini memiliki peranan penting dalam memproduksi sel darah merah dan menyusun hemoglobin yang berperan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Nah, dengan memberikan asupan zat besi yang cukup kepada anak, maka risiko anak untuk menderita anemia defisiensi zat besi dapat berkurang. Selain itu, kekurangan zat besi pada anak dapat berdampak pada kecerdasan, perilaku, dan kemampuan motoriknya.

3. Mengurangi dan menyembuhkan alergi

3. Mengurangi menyembuhkan alergi
Freepik/V.ivash

Jika Si Kecil alergi terhadap telur ayam, maka pemberian telur puyuh untuk MPASI bisa dicoba. Dilansir dari Style Craze, telur puyuh dianggap dapat menjadi pengganti telur ayam. Hal ini karena berbeda dengan telur ayam, telur puyuh justru dapat mencegah dan mengatasi alergi.

Ini karena dalam telur puyuh terkandung zat bernama ovomucoid, yaitu senyawa yang berperan dalam melawan tanda-tanda alergi.  

Editors' Picks

4. Baik untuk kesehatan mata bayi

4. Baik kesehatan mata bayi
Freepik/Freepic.diller

Telur puyuh kaya akan kandungan vitamin A sehingga pemberian telur puyuh pada MPASI anak mampu membawa manfaat bagi kesehatan matanya.

Dengan memberikan asupan vitamin A yang cukup, risiko anak mengalami rabun senja, dan mata kering juga dapat berkurang Ma.

5. Mendukung pertumbuhan yang optimal

5. Mendukung pertumbuhan optimal
Freepik/Freepic.diller

Telur puyuh kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi penting sehingga mampu menunjang tumbuh kembang anak secara optimal.

Kandungan protein yang tinggi pada telur puyuh misalnya, mampu menyokong pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik. Hal ini karena protein memiliki peranan penting dalam menjaga dan memelihara jaringan tubuh termasuk, jaringan tulang, otot, dan pembuluh darah.

Selain itu, kandungan vitamin B1 yang lebih tinggi dibanding telur ayam juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak.

6. Baik untuk perkembangan otak anak

6. Baik perkembangan otak anak
Freepik/Rawpixel.com

Telur puyuh merupakan salah satu makanan yang tinggi akan kandungan kolin. Kandungan kolin yang terdapat pada telur puyuh mampu membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak, terutama pada masa pertumbuhannya.

Selain itu kandungan kolin juga berperan dalam meningkatkan daya ingat, daya pikir, konsentrasi, dan juga fokus.

7. Mencegah anak terkena penyakit berbahaya

7. Mencegah anak terkena penyakit berbahaya
Freepik/Iaros

Pemberian telur puyuh pada MPASI anak dapat membantu mencegah anak terkena penyakit berbahaya Ma. Dengan mengonsumsi telur puyuh, anak jadi lebih terlindungi dari berbagai macam penyakit mulai dari radang sendi, jantung, hingga penyakit kanker yang mematikan.

Selain itu, kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi pada telur puyuh juga berperan dalam menangkal radikal bebas sehingga mampu melindungi kesehatan tubuh Si Kecil dengan baik.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!