Ini Jenis Makanan Super Terbaik untuk si Kecil 7-9 Bulan

Makanan berikut ini bisa Mama masukkan ke dalam Menu MPASI untuk si Kecil

19 Mei 2020

Ini Jenis Makanan Super Terbaik si Kecil 7-9 Bulan
freepik.com/freepik

Pada usia 7-9 bulan, si Kecil sudah bisa Mama kenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI pada usia ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi si Kecil, selain yang sudah ia dapatkan dari ASI.

Mulai usia tujuh bulan, si Kecil sudah mulai bisa menggenggam makanan sehingga Mama bisa mengenalkan si Kecil pada finger food atau makanan yang sesuai dengan genggaman si Kecil. Finger food yang bisa Mama kenalkan pada si Kecil antara lain wortel rebus atau biskuit. Pengenalan si Kecil pada finger food ini juga bisa membantunya pada masa tumbuh gigi, dan bisa juga melatih motorik halus si Kecil.

Dalam rentang usia 7-9 bulan, si Kecil juga siap merasakan makanan yang kaya rasa dan juga dengan berbagai tekstur. Dilansir dari Parents.com, berikut ini adalah makanan super yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil usia 7-9 bulan. Berikut rangkumannya dari Popmama.com untuk Mama!

Editors' Picks

Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran Buah-buahan
freepik.com/poringdown

Ubi, kaya akan vitamin C dan E serta beta-karoten. Mama bisa memberikan si Kecil ubi sebagai pengganti kentang.

Kacang polong, termasuk ke dalam sayuran super karena merupakan sumber vitamin A, B, dan C, serta tinggi asam folat. Kacang polong yang beku juga baik untuk si Kecil karena sayuran beku bisa sama bergizinya dengan sayuran segar. Sayuran dibekukan beberapa jam setelah dipetik sehingga nutrisi penting masih terkunci di dalamnya.

Labu kuning, sumber antioksidan dan beta-karoten yang sangat baik. Rasanya yang manis juga pasti akan disukai oleh si Kecil.

Buah plum, sumber energi instan, serat, dan zat besi yang baik. Buah plum juga baik untuk kesehatan pencernaan si Kecil karena bisa mengatasi sembelit.

Polong-polongan dan Biji-Bijian

Polong-polongan Biji-Bijian
freepik.com/rawpixel.com

Kacang lentil, bentuknya sangat mirip dengan kacang hijau dan kaya akan protein dan serat. Selain kacang lentil, kacang yang baik untuk MPASI bayi antara lain, kacang polong, kacang kedelai, buncis, kapri, kacang hijau, dan kacang merah karena mengandung protein nabati, vitamin, dan mineral.

Oats, bisa membantu menstabilkan gula darah dan memberi energi yang tahan lama. Oats juga kaya akan serat larut yang melindungi permukaan usus, serta membantu menjaga kadar kolesterol tubuh.

Daging dan Makanan Laut

Daging Makanan Laut
freepik.com/jenylk

Daging merah, sumber zat besi terbaik dan paling mudah diserap. Pada usia 6 – 12 bulan, kebutuhan zat besi si Kecil sangat tinggi sehingga daging merah sangat baik sebagai makanan pemasok zat besi.

Ayam, mengandung protein dan vitamin B12 yang tidak ditemukan dalam makanan nabati. Secara alami ayam juga mengandung lemak yang berguna untuk menambah energi dan mendukung pertumbuhan si Kecil. Konsumsi protein dalam jumlah yang cukup sangat penting bagi bayi usia 6-9 bulan.

Ikan, sangat baik dan penting untuk mendorong si Kecil menyukai ikan sejak dini karena ikan merupakan sumber protein rendah lemak. Pilih ikan yang mengandung omega 3 tinggi, seperti salmon, tuna, kembung, dan jenis ikan yang tidak banyak duri. Ikan air tawar juga baik bagi si Kecil karena tidak berisiko tercemar merkuri atau logam berat lainnya.

Mama bisa mengombinasikan makanan super tersebut ke dalam menu MPASI si Kecil setiap hari supaya kebutuhan energi dan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Pemilihan menu MPASI yang bervariasi juga akan membuat si Kecil jadi semangat makan dan membantunya mengenali beragam rasa makanan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.