5 Tips Vaksinasi si Kecil di Masa Pandemi Covid-19

Vaksinasi sebaiknya tetap dijalankan sesuai jadwal agar kesehatan si Kecil tetap terjaga.

11 Mei 2020

5 Tips Vaksinasi si Kecil Masa Pandemi Covid-19
pixnio.com

Tidak ada yang pernah menyangka sebelumnya bahwa pandemi Covid-19 akan berlangsung hingga hari ini. Sehingga masih banyak Mama yang galau dengan kesehatan si Kecil. Termasuk memenuhi jadwal vaksinasi.

Pemerintah memang mengimbau untuk tidak pergi ke rumah sakit bila tidak dalam keadaan darurat. Lalu bagaimana dengan vaksinasi? Apakah tindakan pencegahan penyakit ini termasuk dalam keadaan darurat?

Vaksinasi nyatanya merupakan suatu tindakan yang penting untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit. Maka vaksinasi sebaiknya tetap dilakukan sesuai jadwal atau usia si Kecil.

"Bayangkan bila banyak anak yang tidak divaksin, di masa depan bisa terjadi wabah penyakit yang lain," tutur dr. Atilla Dewanti, SpA, Dokter Spesialis Anak RSIA Brawijaya, dalam Johnson's Virtual Expert Class.

Popmama.com berhasil merangkum tips yang dibagikan dr. Atilla yang bisa dilakukan saat ingin memberikan vaksinasi pada si kecil di era Pandemi Covid-19 ini.

1. Perhatikan jadwal vaksinasi

1. Perhatikan jadwal vaksinasi
Dok.IDAI

Pastikan Mama selalu memerhatikan jadwal vaksinasi sesuai usia si Kecil. Penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa si Kecil mengikuti panduan jadwal vaksinasi yang berlaku, terutama untuk vaksinasi pertama (seperti Hepatitis B0, BCG, Polio 0, dan DTP+Hib+HepB1).

Dengan memerhatikan jadwal vaksinasi, Mama juga bisa melakukan sejumlah persiapan yang matang sebelum membawa si Kecil ke rumah sakit.

Editors' Picks

2. Boleh tunda maksimal 2 minggu dari jadwal

2. Boleh tunda maksimal 2 minggu dari jadwal
pixnio.com/Amanda Mills

Untuk vaksinasi lanjutan, Mama boleh saja menunda jadwalnya. Namun, penundaan maksimal hanya sampai dua minggu. Penundaan ini tentunya akan disesuaikan dengan waktu dan kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Selama masa penundaan, orangtua harus tetap terhubung dengan fasilitas kesehatan untuk pengaturan jadwal.

3. Atur jadwal kedatangan ke rumah sakit

3. Atur jadwal kedatangan ke rumah sakit
Unsplash/JonathanBorba

Sebelum datang ke rumah sakit, Mama sebaiknya sudah mengatur jadwal kedatangan ke rumah sakit. Hal ini bertujuan agar Mama dan si Kecil tidak perlu berlama-lama berada di rumah sakit. Sehingga potensi penularan penyakit yang bisa terjadi pun bisa diminimalisasi.

4. Datang sesuai jadwal

4. Datang sesuai jadwal
Unsplash/Sharon Meccutcheon

Setelah mengatur jadwal kedatangan, Mama sebaiknya datang ke rumah sakit sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Mama sebaiknya datang, periksa, vaksinasi, dan segera pulang.

Datang sesuai jadwal juga akan sangat berguna, sehingga Mama tidak perlu menunggu terlalu lama. Pastikan juga Mama tidak datang terlambat agar tidak mengganggu jadwal pasien lainnya.

5. Pilih rumah sakit yang memisahkan poli anak sehat dan anak sakit

5. Pilih rumah sakit memisahkan poli anak sehat anak sakit
Dok. IDN Times/Hana Adi Perdana

Mama sebaiknya memilih rumah sakit yang memisahkan antara poli anak sehat dengan poli anak sakit. Hal ini juga berguna untuk meminimalisasi potensi penularan penyakit.

Mama bisa bertanya pada kerabat dan kenalan yang juga memiliki anak, membaca di forum, atau langsung menghubungi rumah sakit untuk menanyakan hal tersebut.

Demikian lima tips yang bisa Mama lakukan bila ingin melakukan vaksinasi pada si Kecil di tengah pandemi Covid-19. Pastikan anak mendapatkan vaksin yang dibutuhkan agar terhindari dari penyakit ya, Ma. Jangan sampai ketakutan akan virus corona justru membuat anak rentan terserang penyakit lain yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksinasi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.