Jangan Bingung, Ternyata Ini 5 Alasan Bayi Menendang saat Menyusu

Apa saja pesan dari si Kecil yang suka menendang ketika menyusu?

14 Oktober 2020

Jangan Bingung, Ternyata Ini 5 Alasan Bayi Menendang saat Menyusu
momjunction.com

Setiap tumbuh kembang si Kecil selalu menarik perhatian mama, termasuk cara bayi berkomunikasi. Bayi yang baru lahir memang belum bisa berbicara untuk mengekspresikan perasaannya, namun si Kecil memiliki caranya sendiri untuk berkomunikasi. Salah satu cara komunikasi bayi dan Mama adalah melalui tendangan dan senyuman. Dalam setiap gerak geriknya, bayi selalu ingin menyampaikan pesan kepada Mama. 

Begitu pula ketika ia selalu menendang-nendang ketika menyusu. Bagi sebagian mama, tingkah si Kecil itu menyulitkan Mama untuk menyusui. Pasalnya, tendangan bayi membuat posisinya mudah berubah dan Mama harus menyesuaikan posisi menyusuinya kembali.

Jangan bingung atau kesal ya, Ma. Pasalnya ketika si Kecil terus menendang saat menyusu, bisa jadi ia hanya ingin menyampaikan pesan kepada Mama. 

Apa saja pesan dari si Kecil yang suka menendang ketika menyusu? Popmama.comakan membantu menjelaskan lima pesan terselubung yang menjadi alasan bayi menendang saat menyusu.

1. Merasa kurang asupan ASI

1. Merasa kurang asupan ASI
Pexels/Jonathan Borba

Gerakan menendang-nendang saat menyusu bisa menjadi pertanda si Kecil merasa kurang dengan jumlah asupan ASI yang dia dapatkan. Mama bisa memindahkan bayi untuk mengisap sisi payudara lainnya. Pasalnya, ada beberapa mama yang memiliki perbedaan produksi ASI pada kedua payudaranya. Untuk melancarkan produksi ASI, Mama bisa mengonsumsi sayuran seperti wortel, bayam, dan daun katuk. 

Editors' Picks

2. Posisi menyusui tidak nyaman

2. Posisi menyusui tidak nyaman
Pexels/Polina Tankilevitch

Posisi menyusui yang tidak sesuai dengan keinginan bayi juga bisa membuat dia menendangkan kakinya. Si Kecil ingin menyampaikan kepada Mama jika dia ingin mengubah posisi menyusu. Bayi bisa semakin kesal dan terus menendang-nendang jika Mama tidak peka untuk langsung mengubah posisi menyusu. Untuk mengetahui proses laktasi yang baik dan sesuai dengan keinginan si Kecil, Mama bisa berkonsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut. 

3. Bahagia mendengar sapaan dari mama

3. Bahagia mendengar sapaan dari mama
nursingnurture.com

Ketika menyusui, Mama tak jarang mengajak berbicara si Kecil. Sapaan mama tersebut bisa membuat bayi bahagia lalu si Kecil mengekspresikannya dengan cara menendangkan kakinya. Seiring bertambahnya usia, bayi juga bisa mengenali aroma parfum mama. Bayi juga bisa menendangkan kakinya karena merasa senang mencium aroma badan mama.

4. Tidak menyukai rasa ASI

4. Tidak menyukai rasa ASI
proeves.com

Rasa ASI pada kedua payudara mama bisa berbeda. ASI pada salah satu sisi payudara biasanya terasa lebih asin dibanding sisi payudara lainnya. Kondisi inilah yang membuat bayi menendang-nendang karena ingin mengisap sisi payudara lainnya. Perbedaan rasa ASI bisa disebabkan pola makan dan kondisi kesehatan mama.

5. Bayi sedang sariawan

5. Bayi sedang sariawan
breastfeedingbasics.com

Bayi yang tengah mengalami sariawan juga bisa mengekspresikannya melalui tendangan saat menyusu. Bayi mudah mengalami sariawan karena sistem kekebalan tubuhnya belum berfungsi secara sempurna. Sariawan pada bayi umumnya bisa sembuh sendiri dalam waktu 7 sampai 10 hari. 

Itulah lima alasan bayi menendang saat menyusu. Jadi, tendangan bayi saat menyusu adalah cara si Kecil mengekspresikan perasaannya. Mama sebaiknya lebih peka lagi untuk memahami maksud tendangan si Kecil.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.