Bayi Sering Rewel, Bolehkah Diberi Gripe Water?

Sudah pernah dengar tentang gripe water?

17 Januari 2021

Bayi Sering Rewel, Bolehkah Diberi Gripe Water
Freepik/cubacuba31

Bayi berusia di bawah satu tahun kerap rewel tanpa penyebab yang jelas. Tentu saja kondisi tersebut membuat Mama bingung dan cemas. Mama khawatir si Kecil sedang merasakan sakit, namun tidak dapat mengungkapkannya. Sehingga, dia menunjukkan rasa sakit melalui tangisan. 

Bayi sering rewel juga bisa disebabkan karena sedang kolik. Kolik adalah kondisi di mana bayi sering menangis secara berlebihan dalam beberapa jam tanpa diketahui penyebabnya. Kondisi ini bukan gangguan kesehatan sehingga sering tidak terdiagnosis ketika bayi diperiksakan ke dokter. 

Oleh karena itu, Mama akan melakukan berbagai cara untuk meredakan tangisan bayi. Salah satu cara yang sering direkomendasikan para mama adalah memberikan gripe water kepada bayi. 

Apakah Mama sudah pernah dengar tentang gripe water? Bolehkah gripe water diberikan kepada bayi yang sering rewel? Berikut penjelasannya dari Popmama.com.

1. Apa itu gripe water?

1. Apa itu gripe water
shopee.co.id

Gripe water adalah minuman herbal yang dijual bebas secara online. Ada pula yang menyebut minuman ini sebagai suplemen cairan natrium bikarbonat. 

Gripe water berisi ekstrak tanaman herbal seperti adas, jahe, kayu manis, chamomile, dan perasan lemon. Namun, dilansir dari Healthline, gripe water kerap dicampur sukrosa atau gula untuk memberikan rasa manis. Oleh karena itu, gripe water juga sering disebut air gula. 

Editors' Picks

2. Bolehkah memberikan gripe water kepada bayi?

2. Bolehkah memberikan gripe water kepada bayi
Unsplash/Jen Johnsson

Gripe water tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi berusia di bawah satu tahun. Sebab, minuman ini bisa berisiko bagi kesehatan bayi dalam jangka panjang. 

Seperti dijelaskan sebelumnya, gripe water telah dicampur gula sehingga bisa mengganggu keseimbangan elektrolit pada tubuh si Kecil. Bahkan, ada beberapa gripe water yang dicampur sedikit alkohol. Tentu saja itu membahayakan kesehatan si Kecil.

3. Bahaya konsumsi gula berlebih

3. Bahaya konsumsi gula berlebih
Pixabay/Bru-nO

Dilansir dari American Heart Association Guideliners, bayi berusia 6-8 bulan hanya boleh diberikan tambahan gula sebanyak setengah sampai satu sendok teh. Sementara itu, bagi bayi berusia 8-12 bulan, hanya boleh mendapatkan tambahan gula sebanyak setengah sampai satu setengah sendok teh. 

Sementara itu, Mama tidak mengetahui seberapa banyak tambahan gula dalam gripe water. Sehingga, minuman tersebut tentu saja berisiko bagi kesehatan si Kecil. Mengonsumsi gula secara berlebihan bisa merusak gigi si Kecil dan meningkatkan kadar gula dalam darah. Apabila tetap diteruskan, maka bayi berisiko menderita diabetes ketika beranjak dewasa.

4. Cara meredakan kolik

4. Cara meredakan kolik
Freepik/user6014584

Mama dapat meredakan kolik dengan memijat perut si Kecil dengan lembut, tanpa memberikan gripe water. Apabila bayi masih rewel, maka Mama bisa menggendong bayi hingga si Kecil merasa nyaman. 

Jika bayi mengalami kolik dalam waktu lama, sebaiknya segera periksakan ke dokter anak. Sementara itu, bayi berusia di bawah satu tahun dianjurkan mengonsumsi ASI dan MPASI dari bahan-bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan segar. 

Itulah informasi mengenai keamanan memberikan gripe water kepada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.