Bolehkah Memberikan 2 Jenis Susu Formula kepada Bayi?

Bayi mama mungkin lebih menyukai merek susu formula tertentu karena rasanya

22 April 2021

Bolehkah Memberikan 2 Jenis Susu Formula kepada Bayi
Freepik/user6014584

Memilih susu formula untuk bayi memang tidak mudah. Saat ini, banyak merek susu formula yang beredar di pasaran, rata-rata sudah diformulasikan khusus dengan kebutuhan nutrisi bayi. 

Ketika memilih merek susu formula, Mama harus mempertimbangkan tekstur, kandungan nutrisi, hingga rasa susu. Sebab, bayi mama mungkin lebih menyukai merek susu formula tertentu karena rasanya, tapi tidak menyukai teksturnya. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Mama mungkin ingin mencampur dua merek susu formula. Bolehkah hal itu dilakukan? Berikut ulasannya yang dirangkum Popmama.com

Susu Formula Hanya Pelengkap

Susu Formula Ha Pelengkap
Freepik/alexandrgrant

Sebelum membahas lebih jauh tentang susu formula, perlu diingat terlebih dahulu bahwa susu formula hanyalah pelengkap kebutuhan nutrisi bayi. Nutrisi utama bayi tetaplah air susu ibu (ASI). 

Oleh karena itu, tak ada salahnya hanya memberi satu merek susu formula saja, walaupun si Kecil tidak menyukai rasanya atau kandungan nutrisi susu formula itu tidak lengkap. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil, Mama bisa memberikan MPASI bergizi seimbang seperti daging, ikan, sayur, buah, kacang-kacangan, dan telur. 

Jangan lupa juga untuk memaksimalkan pemberian ASI untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil. 

Editors' Picks

Perhatikan Kandungan Nutrisi Susu Formula

Perhatikan Kandungan Nutrisi Susu Formula
Freepik/wavebreakmedia-micro

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan merek susu formula dengan usia si Kecil. Susu formula yang beredar di pasaran saat ini umumnya sudah diformulasikan dengan kebutuhan nutrisi harian bayi. Namun, setiap bayi tentu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan nutrisi si Kecil lalu pilih susu formula yang mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan dan usia si Kecil. Perlu diingat bahwa pemberian susu formula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas pada bayi.

Mama Boleh Mencampur 2 Jenis Susu Formula

Mama Boleh Mencampur 2 Jenis Susu Formula
Freepik/yana.aybazova

Mama diperbolehkan mencampur dua merek susu formula sekaligus maupun terpisah. Mama bisa memberikan satu merek susu formula pada pagi dan siang hari, sedang merek susu formula lainnya diberikan pada malam hari. 

Mama juga bisa mencampur dua merek susu formula sekaligus selama tubuh bayi tidak bereaksi negatif. Jika tubuh bayi bereaksi negatif setelah mengonsumsi dua jenis susu formula, maka sebaiknya segera dihentikan.

Reaksi negatif yang timbul bisa berupa tubuh mengeluarkan banyak gas atau bayi sering bersendawa dan meludah. 

Tips Mencampur 2 Jenis Susu Formula 

Tips Mencampur 2 Jenis Susu Formula 
Freepik/Kristina-igumnova

Apabila Mama ingin mencampur dua jenis susu formula sekaligus, maka perhatikan dahulu kandungan nutrisinya. Pastikan mama membuat susu sesuai takaran yang sudah ditulis pada kemasan produk, jangan menambahkan takaran susu atau pemanis tambahan. 

Kemudian, campur dua merek susu formula dengan porsi 50:50. Jika dua merek susu formula itu berbentuk bubuk, maka harus dicampur air terlebih dahulu sebelum dicampur menjadi satu. 

Walaupun diperbolehkan untuk mencampur dua merek susu formula, Mama sebaiknya tetap mengutamakan pemberian ASI sebagai nutrisi utama hingga bayi berusia dua tahun. Selain itu, pastikan Mama berkonsultasi ke dokter saat memilih susu formula yang tepat untuk bayi.

Semoga informasi ini menjawab kebingungan mama, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.