Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Tomat untuk Kesehatan Bayi

Tomat bukan tergolong makanan yang bisa menimbulkan alergi

3 Maret 2021

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Tomat Kesehatan Bayi
Freepik/wayhomestudio

Ketika bayi memasuki usia enam bulan, Mama harus menyiapkan makanan pendamping ASI untuk si Kecil. Makanan yang disajikan harus bernutrisi tinggi untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Ada beberapa makanan yang biasa disajikan untuk MPASI seperti daging ayam, sayuran, dan buah-buahan.

Namun, apakah Mama pernah berpikir untuk menyajikan tomat sebagai MPASI bayi? Apabila Mama belum pernah mencobanya, tak ada salahnya loh untuk menyajikan tomat untuk si Kecil. 

Sebab, tomat bukan tergolong makanan yang bisa menimbulkan alergi. Jadi, tomat aman diberikan kepada bayi di awal MPASI. Untuk lebih meyakinkan Mama, Popmama.com telah merangkum manfaat tomat untuk bayi dan kandungan nutrisi dalam tomat seperti di bawah ini.

Kandungan Nutrisi dalam Tomat

Kandungan Nutrisi dalam Tomat
Pixabay/congerdesign

Perlu diketahui bahwa satu buah tomat mengandung karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C. Selain itu, tomat juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. 

Dalam 100 gram tomat, terkandung 34 mg vitamin C. Jumlah tersebut sudah mampu memenuhi 68 persen kebutuhan harian vitamin C si Kecil. Maka tak heran jika tomat sangat direkomendasikan untuk disajikan sebagai MPASI bayi. Lalu, apa manfaat tomat untuk kesehatan bayi?

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pixabay/Anelka

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tomat mengandung tinggi vitamin C. Vitamin C berperan aktif untuk meningkatkan sistem imunitas bayi untuk melawan serangan virus dan bakteri. Jadi, bayi yang rutin mengonsumsi tomat bisa terhindar dari infeksi penyakit. 

Tak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk produksi kolagen dalam tubuh, dan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. 

Editors' Picks

2. Memelihara kesehatan mata

2. Memelihara kesehatan mata
Pexels/PhotoMIX Company

Apabila Mama ingin bayi memiliki mata yang sehat, maka tomat adalah pilihan yang tepat. Dalam satu buah tomat berukuran sedang, terkandung 51 mg vitamin A yang mampu memenuhi 10 persen kebutuhan harian vitamin A si Kecil. 

Memelihara kesehatan mata bayi perlu dilakukan sejak dini, terutama bagi Mama yang memiliki riwayat mata minus. 

3. Melancarkan sistem pencernaan

3. Melancarkan sistem pencernaan
Freepik/prostooleh

Satu buah tomat mengandung 94 persen air dan serat. Kandungan serat tersebut dibutuhkan si Kecil untuk melancarkan sistem pencernaan. Seperti diketahui, sistem pencernaan bayi belum bisa bekerja secara maksimal pada enam bulan pertama. Maka tak heran jika bayi kerap mengalami sembelit. 

Itulah sebabnya, memberikan tomat dan menerapkan pola makan sehat bisa mencegah bayi mengalami sembelit. 

4. Menjaga kesehatan jantung

4. Menjaga kesehatan jantung
Freepik/arkom46

Buah tomat juga mengandung kalium yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi otot dan irama jantung. Kalium juga berperan untuk mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah bayi. 

Dalam satu buah tomat, terkandung juga likopen atau senyawa karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa antioksidan diperlukan bayi untuk mencegah kerusakan jaringan akibat radikal bebas. 

5. Mencegah anemia

Kandungan vitamin C di dalam tomat dapat membantu penyerapan zat besi. Dengan begitu, buah tomat bisa membantu untuk mencegah terjadinya anemia pada bayi.

Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi. Mama bisa menambahkan tomat ke dalam menu MPASI yang mengandung zat besi seperti daging merah dan brokoli.

Cara Mengolah Tomat

Cara Mengolah Tomat
Freepik/dashu83

Untuk awal MPASI, Mama bisa mengolah tomat menjadi campuran di dalam bubur. Seiring bertambahnya usia bayi, Mama dapat menyajikan tomat sebagai camilan dalam potongan-potongan kecil. Untuk menambah cita rasa, tambahkan juga keju atau ASI dalam jumlah yang sudah disesuaikan dengan kondisi kesehatan si Kecil. 

Namun, jangan menyajikan tomat dalam bentuk jus ya, Ma. Pasalnya, anak di bawah usia satu tahun tidak disarankan mengonsumsi jus karena bisa membuatnya cepat kenyang dan melewatkan kebutuhan nutrisi yang penting lainnya.

Terpenting adalah pilihlah tomat segar dan cuci bersih terlebih dahulu.

Nah, itulah manfaat tomat untuk bayi dan cara menyajikannya. Jadi, apakah Mama masih ragu untuk memberikan tomat kepada si Kecil?

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.