6 Manfaat Mangga untuk MPASI Bayi, Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Apa saja manfaatnya?

23 Oktober 2021

6 Manfaat Mangga MPASI Bayi, Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
Freepik/Valeria_aksakova

Ketika usia bayi memasuki enam bulan, Mama perlu menyiapkan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Makanan pendamping ASI umumnya berupa daging, sayuran, dan buah-buahan. Mama bisa menjadikan buah sebagai camilan untuk si Kecil di sela jam makan. 

Namun, tahukah Mama bahwa mangga adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk diberikan kepada si Kecil. Dilansir dari Mom Junction, bayi yang berusia delapan bulan sudah boleh mengonsumsi mangga. 

Mangga adalah salah satu buah yang mengandung tinggi serat sehingga cocok dikonsumsi bayi yang sistem pencernaannya belum bekerja optimal. Apa manfaat lain mangga bagi kesehatan bayi? Berikut enam manfaat mangga untuk bayi, yang dirangkum Popmama.com dari Mom Junction. 

1. Mencerdaskan otak

1. Mencerdaskan otak
Unsplash/Hotchicksing

Mangga mengandung vitamin B6 yang dapat memperbaiki jaringan sel di otak sekaligus menjaga kesehatan otak si Kecil. Apabila bayi memiliki otak yang sehat, maka kondisi tersebut berpengaruh pada kecerdasan si Kecil. 

Vitamin B6 juga dapat diproses menjadi energi yang dibutuhkan bayi untuk beraktivitas dan mengoptimalkan tumbuh kembanganya. Selain itu, kandungan asam glutamin dalam mangga bisa meningkatkan ingatan dan konsentrasi bayi.

2. Melancarkan sistem pencernaan

2. Melancarkan sistem pencernaan
Unsplash/Phoenix Han

Seperti dijelaskan sebelumnya, sistem pencernaan bayi belum bisa bekerja secara optimal sehingga si Kecil rentan mengalami sembelit. Oleh karena itu, mangga adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk si Kecil. 

Mangga mengandung biokimia dan sejumlah enzim seperti terpen, amilase, ester, dan aldehida yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan bayi. Enzim amilase mampu memecah makanan yang berukuran besar sehingga mudah diserap oleh usus bayi. Kandungan serat dalam buah mangga juga dapat mencegah sembelit sekaligus memberikan rasa kenyang kepada bayi. 

Oleh karena itu, Mama sebaiknya memberikan mangga sebagai camilan di sela-sela waktu makan utama bayi. Hal ini bertujuan untuk menghindari bayi merasa terlalu kenyang akibat mengonsumsi mangga. 

Editors' Picks

3. Menjaga kesehatan mata

3. Menjaga kesehatan mata
Pexels/Anna Shvets

Mangga juga mengandung vitamin A, antioksidan lutein, dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk kesehatan mata bayi. Bayi yang rutin mengonsumsi mangga bisa terhindar dari risiko gangguan penglihatan akibat paparan sinar matahari ketika beranjak dewasa. 

4. Meningkatkan Imunitas tubuh bayi

4. Meningkatkan Imunitas tubuh bayi
Freepik/dusanpetkovic

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan bayi adalah vitamin C yang bermanfaat untuk membentuk imunitas. Mangga adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh bayi. Sehingga, bayi bisa terhindar dari infeksi kuman dan bakteri. 

Kandungan vitamin A dalam mangga juga bisa mencegah bayi terinfeksi campak. Jadi, buah ini cocok dikonsumsi bayi khususnya di masa pandemi seperti sekarang agar si Kecil tidak mudah terserang penyakit. 

5. Mencegah kanker sejak dini

5. Mencegah kanker sejak dini
Freepik/jcomp

Berdasarkan penelitian kesehatan, mangga mengandung lebih banyak beta karoten dibanding buah lainya. Beta karoten tergolong zat karotenoid yang bisa melindungi tubuh bayi dari serangan radikal bebas. Sehingga, mangga bisa melindungi tubuh si Kecil dari serangan penyakit kanker dan jantung sejak dini. 

6. Mencegah anemia

6. Mencegah anemia
Freepik/Stockking

Manfaat terakhir dari mangga bagi kesehatan bayi adalah mencegah anemia. Mangga memang mengandung zat besi dan vitamin K yang menghindarkan bayi dari risiko anemia. 

Kandungan zat besi dalam mangga tak sebanyak buah lain. Namun, kandungan vitamin C dalam mangga mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam usus si Kecil sehingga bayi terhindar dari anemia. 

Di balik banyak manfaat mangga bagi kesehatan si Kecil, ada beberapa kondisi yang membuat bayi tidak diperbolehkan mengonsumsi mangga, salah satunya alergi. Tanda-tanda bayi yang mengalami alergi setelah mengonsumsi mangga adalah munculnya ruam pada kulit dan di bawah mulut. 

Oleh karena itu, Mama perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter apabila ragu untuk memberikan mangga sebagai MPASI bayi.

Itulah enam manfaat mangga untuk bayi. Semoga bisa menjadi salah satu alternatif buah-buahan untuk si Kecil ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.