Ramah Lingkungan dengan 8 Rekomendasi Merek Clodi Terbaik untuk Bayi

Clodi adalah popok kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali

28 Juli 2021

Ramah Lingkungan 8 Rekomendasi Merek Clodi Terbaik Bayi
Pexels

Bayi yang sering buang air kecil seringkali membuat Mama pusing karena Mama harus mengganti popok berulang kali. Belum lagi, jika si Kecil sudah belajar berjalan sehingga lebih menyulitkan Mama untuk mengganti popok. Itulah sebabnya, Mama perlu mencari produk popok yang aman untuk pengeluaran bulanan keluarga dan tetap memberikan rasa nyaman pada bayi. 

Mama tak ada salahnya mencoba cloth diaper atau lebih populer dengan sebutan clodi. Clodi adalah popok kain yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali.

Clodi tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang tidak menimbulkan iritasi maupun alergi pada bayi. Penggunaan clodi juga dapat mengurangi produksi sampah rumah tangga yang bisa mencemari lingkungan. 

Berikut Popmama.com rangkum 8 rekomendasi clodi untuk bayi yang bisa Mama coba. 

1. Baby land insert bamboo

1. Baby land insert bamboo
Shopee.co.id

Rekomendasi merek clodi untuk bayi pertama adalah Baby Land Insert Bamboo. Produk ini terbuat dari kombinasi tiga lapis microfiber dan dua lapis serat bambu yang membuat produk ini bisa menahan 6-7 kali pipis. Campuran bahan microfiber dan serat bambu juga membuat cairan lebih mudah kering. 

Itulah sebabnya, Mama bisa menggunakan Baby Land Insert Bamboo di malam hari. Mama tak perlu khawatir si Kecil akan terbangun karena cairan pipis telah penuh karena popok kain bisa menyerap cairan dengan sempurna dan memberikan rasa nyaman pada bayi. 

2. Ecobum snap cloth diaper

2. Ecobum snap cloth diaper
Shopee.co.id

Salah satu keunggulan Ecobum Snap Cloth Diaper adalah Mama bisa mengatur ketinggian dan lingkar paha sesuai ukuran tubuh si Kecil. Oleh karena itu, penggunaan  Ecobum Snap Cloth Diaper tidak akan menghalangi gerak bayi dan memastikan si Kecil nyaman memakainya. 

Ecobum Snap Cloth Diaper terbuat dari kain rami dan katun organik dengan persentase masing-masing 55 persen dan 45 persen. Bahan katun bisa memberikan efek lembut pada kulit bayi sehingga tidak menimbulkan iritasi atau luka. Keunggulan lainnya dari produk ini adalah memiliki banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera bayi. 

3. Enphilia cili popop cotton prefold diaper

3. Enphilia cili popop cotton prefold diaper
Shopee.co.id

Rekomendasi clodi selanjutnya adalah Enphilia Cili Popop Cotton Prefold Diaper. Produk ini terbagi menjadi tiga bagian yakni dua lapisan pada sisi kanan dan kiri serta empat lapisan pada bagian kanan. 

Lapisan-lapisan pada produk Enphilia Cili Popop Cotton Prefold Diaper itu bertujuan untuk memastikan cairan terserap sempurna. Oleh karena itu, penggunaan Enphilia Cili Popop Cotton Prefold Diaper bisa memberikan rasa nyaman pada bayi. Popok bayi ini juga terbuat dari kain katun yang bisa memberikan efek halus dan lembut ketika memakainya. 

Editors' Picks

4. Fuzzibunz- one size pocket diapers

4. Fuzzibunz- one size pocket diapers
Shopee.co.id

Produk Fuzzibunz memang tergolong lebih mahal dibanding produk clodi lainnya. Produk Fuzzibunz bisa dijual seharga Rp 100.000 atau lebih karena kualitas yang diberikan tak perlu diragukan lagi. Fuzzibunz dirancang dengan ukuran one-size yang mampu menyesuaikan dengan usia bayi. 

Desainnya pun minimalis yakni hanya memiliki satu kancing, jadi Mama tidak perlu repot mengancingkan pada kedua sisi. Fuzzibunz juga tersebut dari karet elastis yang diletakkan pada bagian dalam popok. Desain ini cocok untuk Mama yang menyukai desain sederhana dengan kualitas super. 

5. Gee gallery T-Dipe size 2

5. Gee gallery T-Dipe size 2
geegallery.com

Penggunaan Gee Gallery T-Dipe Size 2 umumnya memudahkan Mama yang ingin melatih si Kecil menggunakan toilet (toilet training). Produk ini memudahkan bayi tetap belajar berjalan tanpa khawatir kebocoran urine. 

Sebab, produk ini terbuat dari bahan microfiber dan microfleece yang bisa menyerap cairan hingga kering. Bahan-bahan tersebut juga aman untuk kulit sensitif si Kecil sehingga tidak menimbulkan iritasi maupun alergi. 

6. Kangacare rumparooz one size pocket cloth diaper

6. Kangacare rumparooz one size pocket cloth diaper
Shopee.co.id

Keunggulan produk Kangacare adalah terbuat dari kain berlapis TPU yang bebas bahan kimia. Itulah sebabnya, Mama tak perlu khawatir ketika bayi menggunakan clodi buatan Kangacare. Selain itu, Kangacare Rumparooz One Size Pocket Cloth Diaper juga dilengkapi double gusset yang bisa mencegah kebocoran cairan. 

Double gusset pada produk ini juga bertujuan untuk memastikan si Kecil tetap nyaman menggunakan popok saat beraktivitas maupun bermain. Popok kain ini juga dilengkapi dua insert dari bahan microfiber yang bisa disesuaikan dengan jenis kelamin si Kecil. 

7. Moo moo kow cloth diaper one size aplix

7. Moo moo kow cloth diaper one size aplix
shopee.co.id

Keunggulan dari produk Moo Moo Kow adalah produk dirancang dengan ukuran besar sehingga bisa digunakan oleh bayi baru lahir hingga usianya menginjak dua tahun. Moo Moo Kow Cloth Diaper One Size Aplix dilengkapi kancing yang bisa disesuaikan dengan ukuran pantat bayi. 

Sementara itu, produk ini memiliki insert microfiber yang dapat disesuaikan dengan ukuran pantat bayi. Masing-masing insert diaper-nya pun mudah dipasang sehingga tidak merepotkan Mama. 

8. Pempem! cloth diaper

8. Pempem cloth diaper
kicaukecil.com

Pempem adalah perusahaan asal Indonesia yang memproduksi kebutuhan bayi, di antaranya popok kain. Kualitas clodi buatan Pempem tidak perlu diragukan karena setara dengan popok kain buatan luar negeri. Pempem! Cloth Diaper adalah clodi yang terbuat dari bahan serat bambu dan katun dengan rasio persentase masing-masing 75 persen dan 25 persen. 

Bagian luar Pempem! Cloth Diaper tidak kaku sehingga tidak akan mengganggu gerak bayi mama dan menimbulkan iritasi kulit. Selain itu, clodi ini juga dilapisi pelindung tahan air sehingga tetap kering dan memberikan rasa nyaman di kulit bayi. 

Itulah beberapa merek clodi untuk bayi. Untuk mendapatkannya, Mama bisa belanja di toko-toko online. Sedangkan untuk panduan pemakaiannya, Mama bisa mencari tutorialnya di Youtube atau membaca panduan penggunaan di kemasan popok. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.