5 Tips agar Bayi Tidak Mudah Takut kepada Orang Asing

Membantu si Kecil agar tidak takut kepada orang asing itu penting loh, Ma.

23 September 2020

5 Tips agar Bayi Tidak Mudah Takut kepada Orang Asing
Parents.com/StephanieRausser

Setiap anggota keluarga umumnya ingin menggendong bayi yang baru lahir. Namun tak jarang si Kecil tak menunjukkan antusiasnya ketika digendong oleh orang baru termasuk nenek dan kakeknya. Bayi pun akan menangis ketika merasa takut digendong oleh orang asing selain orangtuanya. 

Mama tak perlu panik karena kondisi itu merupakan hal normal yang terjadi pada bayi. Bayi merasa takut biasanya disebabkan kehadiran orang asing yang belum dikenal dan lingkungan yang asing baginya. Si Kecil juga bisa merasa takut ketika berada jauh dari Mama. 

Membantu si Kecil agar tidak takut kepada orang asing itu penting lho, Ma. Berikut Popmama.com telah merangkum lima tips agar bayi tidak mudah takut kepada orang asing:

1. Terima ketakutannya

1. Terima ketakutannya
Freepik

Ketakutan kepada orang asing biasanya muncul ketika bayi berusia lebih dari enam buan ketika dia mulai bisa membedakan wajah-wajah orang terdekatnya. Ketakutan tersebut merupakan respon dari emosinya yang belum mengenal orang asing tersebut. 

Saat bayi menangis karena ketakutan, Mama jangan memarahi si Kecil. Mama hanya perlu menerima ketakutannya. Biarkan bayi meluapkan emosinya terlebih dahulu sembari Mama secara perlahan memperkenalkan siapa orang asing tersebut. 

Mama bisa memperkenalkan orang asing itu sebagai orang yang baik atau bagian dari keluarganya. Bayi bisa menerima orang asing tersebut ketika Mama secara terus-menerus memperkenalkannya.

Editors' Picks

2. Tenangkan bayi

2. Tenangkan bayi
calmingcolic.com

Ketika si Kecil terus rewel dan menangis walaupun Mama telah mengenalkan siapa orang asing tersebut, maka Mama bisa langsung mendekap atau memeluknya. Tenangkan si Kecil agar dia merasa aman dan nyaman. Mama juga bisa mengalihkan ketakutannya dengan memberikan mainan favoritnya atau mengajak ke luar ruangan. 

3. Jangan memaksa bayi menerima keberadaan orang asing

3. Jangan memaksa bayi menerima keberadaan orang asing
Littlerockfamily.com

Gejala bayi yang ketakutan adalah menangis saat digendong oleh orang asing. Oleh sebab itu, Mama jangan memaksa si Kecil untuk digendong oleh orang asing yang membuatnya menangis. 

Mama sebaiknya memperkenalkan terlebih dahulu siapa orang asing yang akan menggendongnya. Apabila bayi menangis, maka jangan memaksanya. Mama bisa terus menjelaskan siapa orang asing tersebut hingga si Kecil merasa akrab. 

4. Lebih sering mengenalkan orang baru

4. Lebih sering mengenalkan orang baru
freepik.com/pch.vector

Tips lainnya adalah lebih sering mengenalkan orang baru kepada si Kecil. Biarkan ia sering berhadapan dengan orang lain. 

Saat bertemu dengan orang lain, Mama bisa mengenalkan satu per satu orang yang menyapanya. Hal itu bisa membiasakan bayi berinteraksi dengan orang baru tetapi tetap merasa aman berada di dekat Mama. 

5. Bersabar 

5. Bersabar 
freepik.com/nataliakuzina

Poin terpenting mengajarkan bayi untuk berinteraksi dengan orang asing adalah bersabar. Perlu Mama ingat jika kondisi psikis masing-masing bayi itu berbeda, sehingga ada bayi yang mudah akrab dengan orang asing atau sebaliknya. 

Tak dapat dipungkiri jika bayi membutuhkan waktu lebih lama untuk berinteraksi dengan orang asing. Jika terus dibiasakan secara konsisten, maka bayi akan merasa nyaman dengan sendirinya tanpa ada paksaan. 

Itulah beberapa tips agar bayi tidak mudah takut kepada orang asing. Bayi dengan tingkat ketakutan yang tinggi saat bertemu orang asing bisa menyebabkan kecemasan akut ketika dia mulai beranjak sekolah. Oleh sebab itu, Mama bisa mulai membiasakan si Kecil mengenal dan berinteraksi dengan orang asing tanpa merasa ketakutan. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.