Daftar Istilah dalam Produk Bayi yang Perlu Orangtua Ketahui

Kenali berbagai istilah pada produk bayi agar Mama dan Papa tidak salah memilih

28 Mei 2024

Daftar Istilah dalam Produk Bayi Perlu Orangtua Ketahui
freepik/freepik

Produk untuk bayi umumnya dibuat dengan bahan-bahan khusus yang aman digunakan oleh bayi. Biasanya terdapat istilah-istilah khusus untuk menandakan bahwa produk tersebut mengandung bahan yang tidak membahayakan.

Beberapa istilah mungkin sudah sering terdengar di produk-produk khusus untuk orang dewasa, namun tak sedikit juga beberapa istilah yang mungkin asing terdengar sehingga membuat orangtua bertanya-tanya.

Istilah dalam produk bayi penting untuk diketahui orangtua agar dapat mengetahui dan membedakan produk yang akan dibeli untuk si Kecil. Istilah dalam produk ini juga memudahkan apabila si Kecil memiliki alergi bahan tertentu.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum daftar istilah dalam produk bayi yang perlu orangtua ketahui. Simak, yuk, Ma!

1. Baby organic product

1. Baby organic product
Freepik/valuavitaly

Istilah ini untuk menandakan bahwa produk yang Mama beli dibuat dengan bahan organik atau bebas dari bahan-bahan kimia. Biasanya produk ini paling tidak harus mengandung 95% bahan organik.

Agar menjadi 100% organik, bahan sisa yang terdapat dalam komposisi juga tidak boleh dari produk transgenik atau mengandung bahan toksik seperti pestisida, insektisida, dan bahan kimia yang dapat merusak lingkungan.

2. Made with organic

2. Made with organic
Pixabay/yalehealth

Berbeda dengan baby organic product, istilah ini merujuk pada produk bayi yang kandungan bahan organiknya paling sedikit 70%. Sisa 30% lainnya dapat mengandung bahan non-organik dan zat sintetis yang diperbolehkan untuk produksi makanan atau produk serat. 

Jika produk terbuat dari bahan organik kurang dari 70%, maka yang dicantumkan made with organic hanya pada panel bahan, bukan panel utama.

3. Plants based

3. Plants based
Freepik/freepik

Plant based merupakan istilah untuk menandakan sebuah produk baik produk makan ataupun perawatan bayi dibuat dengan bahan tumbuh-tumbuhan.

Produk dengan istilah ini dibuat dengan bahan utama berasal dari tanaman, bukan hewani. Beberapa orang juga menyebut istilah ini dengan plant-derived.

4. Gluten free

4. Gluten free
freepik/freepik

Gluten free merupakan produk yang berasal dari terigu, barley, dan gandum. Bahan makanan ini dapat memicu alergi pada beberapa orang sehingga perlu produk yang bebas kandungan protein gluten.

Produk dengan istilah ini biasanya disarankan untuk bayi yang intoleran dengan bahan gluten dan memiliki penyakit Celiac. Istilah ini juga sering terlihat dalam beberapa produk makanan diet gluten.

5. Dermatology tested

5. Dermatology tested
freepik/freepik

Maksud dari istilah ini adalah produk yang dimaksud telah melewati rangkaian uji klinis yang berkaitan dengan reaksi kulit jika menggunakan produk tersebut. Biasanya istilah ini terdapat pada produk perawatan bayi.

Istilah dermatology tested untuk menandakan bahwa produk untuk bayi telah teruji keamanannya dan apakah ada iritasi yang akan muncul sebelum dipasarkan.

Editors' Pick

6. Chemical free

6. Chemical free
Pexel/Karolina Grabowska

Chemical free merupakan istilah untuk menandakan produk yang akan digunakan bayi aman dari bahan kimia yang memicu iritasi seperti SLS, formaldehyde, atau DMDM hydantoin.

Meski bertajuk chemical free, bukan berarti produk yang dimaksud tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Maksudnya adalah produk aman dari bahan kimia yang toksik dan memicu iritasi.

7. Fragrance free

7. Fragrance free
freepik/jcomp

Istilah ini maksudnya adalah produk untuk bayi bebas dari wewangian atau parfum jenis apa pun.\

Produk dengan wewangian memang kerap membuat bayi iritasi, sehingga produk perawatan dengan label fragrance free ini bisa jadi pilihan yang tepat.

8. Animal free

8. Animal free
Freepik/pch.vector

Istilah ini maksudnya adalah produk untuk si Kecil terbuat dari bahan-bahan bebas dari produk olahan seperti susu, minyak hewani atau bahan-bahan yang berasal dari hewan dan kerap jadi campuran bahan baku.

Biasanya produk dengan label ini juga tidak melibatkan hewan dalam proses pembuatan maupun uji coba produk.

9. Paraben free

9. Paraben free
Pexels/nataliyavaitkevich

Paraben merupakan zat kimia yang biasanya digunakan sebagai pengawet untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Dari penelitian terbaru, paraben juga termasuk salah satu bahan kimia yang berbahaya untuk kulit, terutama kulit bayi.

Produk dengan label paraben free akan menandakan bahwa produk yang dimaksud aman dari zat kimia pengawet yang berbahaya.

10. Hypoallergenic

10. Hypoallergenic
Pexels/Towfiqu barbhuiya

Hypoallergenic merupakan istilah yang menandakan bahwa produk untuk bayi memiliki kandungan yang tidak memicu reaksi atau alergi. 

Misalnya produk dengan label hypoallergenic dibuat dengan bebas pewarna dan wewangian buatan yang kerap kali memicu bayi iritasi.

11. Preservative free

11. Preservative free
Freepik.com

Istilah ini maksudnya adalah produk perawatan bayi dibuat tanpa menggunakan pengawet tambahan. Ini menandakan bahwa produk bebas dari bahan kimia untuk mengawetkan produk namun Mama juga perlu berhati-hati.

Karen dibuat tanpa menggunakan pengawet, artinya produk ini hanya dapat bertahan sebentar dan harus segera digunakan. Jika dibiarkan lama, tidak menutup kemungkinan bakteri atau jamur akan tumbuh dalam produk tersebut.

12. Natural

12. Natural
Freepik/freepik

Istilah natural berarti produk perawatan bayi terbuat dari bahan-bahan natural dari alam. Namun istilah ini sebenarnya tidak dapat membuktikan bahwa produk terbuat dari 100% bahan alami karena ada beberapa bahan kimia tambahan. 

Selain itu, produk yang 10% dibuat dengan bahan alami sebenarnya tidak cukup aman, paling tidak harus melalui proses terlebih dahulu untuk membunuh bakteri atau menyesuaikan tekstur dan komposisinya. 

Nah, itu dia berbagai daftar istilah dalam produk bayi yang perlu orangtua ketahui. Istilah ini untuk memudahkan Mama dalam memperhatikan setiap produk yang akan dibeli untuk mencegah adanya alergi atau iritasi pada si Kecil.

Semoga informasi di atas bermanfaat, Ma!

Baca juga:

The Latest