Anak Caca Tengker Sekolah di Usia 8 Bulan, Ini Potret Perkembangannya!

Ketahui juga cara adik Nagita Slavina ini atasi BBLR (berat badan lahir rendah) pada sang Anak!

26 April 2019

Anak Caca Tengker Sekolah Usia 8 Bulan, Ini Potret Perkembangannya
Instagram.com/cacatengker

Caca Tengker, selebgram yang juga sekaligus adik dari Nagita Slavina yang satu ini baru saja memiliki anak pertama.

Adik ipar Raffi Ahmad ini bercerita mengenai perkembangan sang Putri yang lucu dan menggemaskan pada awak media.

Hal tersebut pun diungkapkan olehnya saat ditemui di acara MEGA BABY yang diselenggarakan oleh Lazada pada Senin (22/4) yang lalu.

Ia bercerita bahwa Ansara pernah mengalami grafik berat badan yang menurun di saat usianya 4 bulan. Meski sudah diberikan ASI, berat badan putri kesayangannya tersebut belum juga naik.

Untuk mengatasi hal tersebut, akhirnya Caca memutuskan untuk memberikan MPASI dini pada sang Anak, tentunya setelah ia berkonsultasi ke dokter anak yang merawat Ansara.

"Waktu lahir berat badan Ansara normal, yaitu 3,64kg. Tetapi di umur 4 bulan, grafiknya menurun. Dokter kemudian menyarankan MPASI dini. Sekarang usianya hampir 8 bulan dan grafik perkembangannya bagus. Setelah diberi MPASI perkembangannya lebih cepat. Beberapa anak kalau mengonsumsi MPASI beratnya turun, tapi anakku beratnya bertambah,” jelasnya.

Saat sedang MPASI pun, Caca Tengker masih perlu memutar otak untuk membuat nafsu makan sang Anak meningkat.

"Anak aku tuh kayaknya tipe yang bosenan. Jadi aku sempet ngobrol gitu sama suster, dia bilang mungkin anak saya ini bosan dengan rasa ASI. Dan benar, pas makan pun dia harus ganti-ganti menu makanan baru dia mau. Mungkin tipsnya, cobain aja semuanya," ujar Caca pada awak media.

Tak hanya itu, Caca juga mengungkapkan bahwa anaknya, Ansara sudah bersekolah di usianya yang masih 8 bulan.

“Baru beberapa hari lalu anak aku masuk sekolah. Jadi sekarang aku lagi sibuk mempersiapkan kebutuhan sekolahnya,” tuturnya lagi.

Caca juga bercerita bahwa beberapa hari yang lalu ia sempat dibuat sibuk ketika sekolah tempat anaknya belajar mengadakan hari Kartini.

Mulai dari kebaya hingga tatanan rambut pun sangat dipikirkan dengan matang oleh Mama muda yang satu ini.

Gemas sekali, bukan?

Nah, agar tak makin penasaran, berikut Popmama.com telah merangkum 5 potret perkembangan Ansara, sepupu Rafathar.

1. Ansara merayakan Kartini dengan kebaya modern

Ini dia potret Ansara saat merayakan hari Kartini di sekolahnya beberapa hari lalu.

Tak ingin ketinggalan dengan anak-anak lainnya,  Ansara pun ikut merayakannya dengan mengenakan kebaya modern cantik. 

Kali ini Ansara terlihat sangat menggemaskan dengan kebaya putih berbahan brokat yang dipadukan dengan rok batik pendek.

Ia juga terlihat sangat lucu dengan 2 sanggul kecil yang tersemat di kepalanya.

Dengan menanamkan nilai-nilai Kartini pada anak sejak dini, maka diharapkan pula si Kecil bisa menjadi sosok perempuan yang kuat, cerdas, menginspirasi, dan pastinya cinta dengan tanah airnya.

2. Ceria saat menemani Mama Caca berbelanja

Menjadi seorang Mama sekaligus pekerja merupakan hal yang tidak mudah. Kondisi tersebutlah yang kini dirasakan oleh Caca Tengker. 

Agar tetap bisa mengurus anak sekaligus berbelanja kebutuhan rumah tangga, Caca pun memutuskan untuk membawa si Kecil Ansara ke supermarket.

Alih-alih bosan, Ansara justru terlihat sangat happy dan excited, lho!

Selain membuatnya senang saat berbelanja bersama Mama, ternyata kegiatan yang satu ini juga diketahui dapat meningkatkan bonding antara Mama dan anak.

Di sana, Mama juga dapat sekaligus mengenalkan jenis buah-buahan, sayur-sayuran, dan warna pada si Kecil.

Editors' Picks

3. Mengasah kreativitas dan sensori, Ansara main pasir

Siapa yang tak suka dengan pasir pantai?

Ya, hampir semua anak-anak pasti menyukainya. Teksturnya yang mudah dibentuk memungkinkan mereka untuk berkreasi.

Hal tersebut juga telah dirasakan oleh Ansara saat ia berlibur ke pantai.

Selain membuatnya senang, bermain pasir pantai juga ternyata dapat melatih kemampuan sensori dan meningkatkan kreativitasnya.

"Aku percaya banget kalau sekarang itu masa yang penting buat ngenalin semua panca indera anak ke pengalaman-pengalaman yang baru, biar anak bisa belajar dengan optimal. Jangan takut buat kasih anak ke hal yang gak nyaman, tapi jangan dipaksa juga, coba pelan-pelan diperkenalkan. Sambil anak belajar kita juga jadi belajar buat nahan rasa panik ketika lihat anak ga nyaman, belajar bikin lingkungan yang aman buat anak, belajar buat sabar kalau anak ga tenang, belajar buat cari ide baru, dan yang paling penting belajar untuk tau kelebihan dan kekurangan anak," tulis Caca pada caption.

Meski banyak manfaat, ternyata Caca sebelumnya sempat khawatir dan takut jika ternyata Ansara tidak nyaman dengan tekstur pasir yang kasar dan berbutir-butir.

"Mamanya ikutan happy karena sebelumnya sempat deg-degan Ansara mau gak ya main pasir, karena indera perabanya baru pertama kali nih kasih signal ke otaknya soal tekstur yang kasar dan berbutir kecil gini," tambahnya lagi.

4. Mama Caca membacakan dongeng, Ansara jadi jago ngoceh

Mendongeng merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan Mama untuk membangun bonding yang kuat dengan si Kecil.

Hal tersebut juga ternyata dilakukan oleh Caca. Dalam postingannya, Caca terlihat sedang menceritakan sebuah dongeng pada Ansara sebelum tidur.

Saat di dongengkan oleh Mama, Ansara pun terlihat sangat gembira dan bersemangat.

Dalam caption, Caca juga menjelaskan bahwa kini ia ingin membiasakan diri untuk mendongengkan sang Anak sebisa mungkin sebelum ia tidur.

"Biasanya setelah mandi sore, kita baca buku, terus berdoa sebelum tidur, baru deh nyusu terus tidur. Kadang urutannya ngacak juga sih, ngikutin mood-nya Ansara. Karena bukunya juga bertekstur jadi Ansara suka sambil pegang-pegang dan aku jelasin, berasa ngobrol sama orang gede aja gitu " tulisnya pada caption.

Mendongengkan anak sebelum tidur memang merupakan rutinitas yang baik dilakukan oleh Mama dan si Kecil.

Manfaatnya pun banyak, mulai dari mengasah kemampuan berbahasa dan kosa katanya hingga meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.

5. Sang Papa akrab dengan Ansara, ia jadi ceria

Sweet!

Hubungan antara Papa dan anak perempuan memang terlihat sangat manis, sama seperti Ansara dan sang Papa.

Dalam foto yang diunggah oleh Caca, terlihat sang Suami sedang bercengkrama dengan anaknya saat bangun tidur.

Tak hanya Mama, Papa juga harus membangun bonding dan kedekatan batin dengan si Kecil.

Dengan adanya kedekatan antara anak perempuan dan Papa, maka bukan tidak mungkin jika ia nantinya akan tumbuh menjadi sosok yang open minded, tidak manja, dan selalu berpikiran positif. 

Nah, itulah beberapa fakta mengenai perkembangan Ansara, anak Caca Tengker.

Tak kalah cerdas dan menggemaskan seperti kakak sepupunya, Rafathar, bukan?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!