5 Kebiasaan Ini Buktikan Kalau Mama Benar-Benar Sayang si Kecil

Nomor 5 wajib dimiliki semua Mama

18 Desember 2018

5 Kebiasaan Ini Buktikan Kalau Mama Benar-Benar Sayang si Kecil
Popmama.com/Jaya
Fashion & Beauty Editor: Onic Metheany, Asst. Stylist: Sarrah Ulfah, Makeup & Hair: Nikki Windya, Wardrobe: Kim & Kin, 8Wood, Shoes: Mothercare

Melihat Si Kecil tumbuh bahagia tentu menjadi kebahagiaan bagi seluruh ibu di

seluruh dunia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan usaha keras dari

Mama sejak si Kecil masih dalam kandungan hingga menginjak usia 2 tahun. Nah, untuk membantu Mama mewujudkan kebahagiaannya, inilah perlindungan yang bisa Mama berikan.

1. Mempelajari cara membaca perasaan si Kecil

1. Mempelajari cara membaca perasaan si Kecil
Shutterstock/Olena Hromova
emosi anak

Ekspresi emosi anak akan tumbuh seiring perkembangan usia. Namun, di masa-masa awal pertumbuhannya, membaca perasaan anak perlu sedikit ketelitian dan kesabaran. Sebab, si Kecil pastinya belum bisa mengkomunikasikan perasaannya dengan baik. Oleh karena itu, Mama bisa mulai dari mengamati perilakunya dulu. Bila muncul tanda-tanda kalau anak sedikit murung, yuk ceriakan lagi dengan mengajaknya ngobrol atau menjalani aktivitas menyenangkan. Misalnya, berenang, jalan-jalan, atau nonton kartun.

2. Memberikan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil

2. Memberikan asupan nutrisi penting dibutuhkan si Kecil
Shutterstock/Olena Yokobchuck
makanan bernutrisi

Untuk menjaga kebahagiaan anak, Mama juga perlu menjaga kesehatan. Terkadang penyebab anak murung adalah adanya gangguan kesehatan yang mereka belum mengerti lho. Untuk itu, sebaiknya Mama memberikan makanan dan minuman yang punya nutrisi baik bagi anak seumurannya. Contohnya, dengan memberikan ASI eksklusif selama enam bulan.

Editors' Picks

3. Jaga selalu kebersihannya

3. Jaga selalu kebersihannya
Shutterstock/Trendsetter Images
bayi

Pada masa pertumbuhan, si Kecil akan mencoba segala hal. Ia juga akan memasukkan banyak benda ke mulutnya, tanpa mengetahui bahayanya. Untuk meminimalisir gangguan kesehatan yang mungkin timbul, kebersihan jadi poin penting yang harus Mama perhatikan. Mama bisa mulai dengan mencuci semua peralatan yang digunakan dengan produk yang ramah untuk anak. Misalnya, dengan menggunakan Sleek Baby agar si Kecil terhindar dari bakteri-bakteri yang bisa membawa penyakit di 1000 hari pertamanya.

   

Perlindungan yang diberikan oleh Mama ini juga sejalan dengan apa yang baru-baru ini Sleek Baby sampaikan dalam sosialisasi edukatif yang berjudul “1000 Hari Perlindungan”. Sosialisasi ini diadakan di Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara ini bertujuan untuk mengedukasi para ibu tentang pentingnya perlindungan di 1000 hari pertama si Kecil. Sebab, masih banyak ibu di Indonesia yang belum sadar betapa pentingnya perlindungan ini.      

Sosialisasi di Penjaringan ini merupakan salah satu movement Sleek Baby untuk mengkampanyekan 1000 Hari Perlindungan, yang sejalan dengan kampanye 1000 Hari Kehidupan yang diselenggarakan oleh World Health Organization (WHO). Sebagai persembahan untuk para ibu di Indonesia, Sleek Baby mengkampanyekan 1000 Hari Perlindungan bersama rangkaian produk Sleek Baby yang aman untuk anak.

4. Mama suka menstimulasi si Kecil

4. Mama suka menstimulasi si Kecil
Shutterstock/violetblue
stimulasi anak

Menurut hasil penelitian, stimulasi kognitif pada anak sejak dini akan sangat memengaruhi perkembangan otaknya kelak. Stimulasi yang bisa Mama berikan pun sifatnya masih sederhana. Misalnya, dengan mengajaknya membaca buku cerita atau memainkan mainan edukatif yang membantunya mengenali warna, angka, dan huruf. Tunjukkan kalau Mama bahagia bermain bersamanya karena anak adalah spons yang menyerap segala emosi orang di sekitarnya. Kalau Mama bahagia, si Kecil juga akan bahagia.

5. Mengajak si Kecil atasi kesulitannya sendiri

5. Mengajak si Kecil atasi kesulitan sendiri
Shutterstock/People Image Studio
belajar

Terkadang Mama akan merasa nggak tega kalau harus melihat si Kecil menghadapi kesulitan. Mungkin juga Mama merasa gemas, sampai ingin langsung turun tangan membantunya. Padahal, kebiasaan semacam ini nggak bagus untuk perkembangannya lho, Ma. Biarkan si Kecil menghadapi dan mengatasi kesulitanya sendiri. Kebiasaan ini akan sangat baik untuk memupuk kemandirian si Kecil, sekaligus memberikan kesempatan untuk bisa merasakan bangganya mengatasi masalah sendiri.

   

Itu dia lima perlindungan yang bisa Mama berikan untuk mewujudkan kebahagiaannya. Dengan memulai perlindungan sejak 1000 hari pertamanya, si Kecil akan tumbuh sehat, cerdas, dan bahagia. Nah, karena sekarang Mama sudah tahu manfaat dari 1000 Hari Perlindungan, yuk ikut sebarkan pesan kebaikan ini ke semua ibu di Indonesia.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!