5 Rekomendasi Minyak Ikan untuk Bayi Usia 7-12 Bulan

Asupan minyak ikan bagus untuk perkembangan otak, mata dan saraf si Kecil

15 April 2021

5 Rekomendasi Minyak Ikan Bayi Usia 7-12 Bulan
Pexels/Pixabay

Minyak ikan kaya akan nutrisi yang baik untuk perkembangan anak. Kandungan omega, docosahexaenoic acid (DHA) serta asam eicosapentaenoic (EPA) di dalam minyak ikan bagus juga untuk menjaga kesehatan.

Minyak ikan dikenal bagus untuk perkembangan otak si Kecil. Asupan yang tepat mampu mengaktifkan sel-sel otak sekaligus meningkatkan konsentrasi dan daya ingatnya. Selain itu, minyak ikan dapat meningkatkan imunitas tubuh, melindungi kesehatan jantung, mengurangi kolesterol dan lemak darah.

Jika anak mama masih bayi, minyak ikan tetap bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan MPASI. Bagaimana juga minyak ikan yang dikonsumsi sejak kecil akan meningkatkan kesehatannya di masa depan. 

Terkait dengan kesehatan si Kecil, kali ini Popmama.com telah merangkumkan beberapa rekomendasi minyak ikan untuk bayi berusia 7-12 bulan.  

1. K-Max Golden Alaska

1. K-Max Golden Alaska
Shopee.co.id

K-Max Golden Alaska mengandung omega 6,3 dan 9 yang bagus untuk kesehatan. Minyak ikan ini aman dikonsumsi oleh bayi dengan dosis setengah butir saja setiap harinya.

Minyak ikan ini tidak mengandung bahan berbahaya, bahkan bagus untuk kesehatan mata si Kecil. Mama bisa mendapatkan dengan harga Rp 100.000 saja di apotek atau online shop terpercaya. 

Editors' Picks

2. Moller’s Cod Liver Oil

2. Moller’s Cod Liver Oil
Tokopedia.com

Moller’s Cod Liver Oil termasuk minyak ikan yang mengandung DHA dan EPA, sehingga bagus untuk kesehatan. Minyak ikan ini bisa dikonsumsi oleh si Kecil yang berumur satu bulan ke atas, ibu hamil serta orang dewasa sekalipun. Mama hanya cukup memberikan 5 ml pada si Kecil yang berusia 6 bulan ke atas.

Salah satu keunggulan dari Moller’s Cod Liver Oil ini tidak memiliki bau amis, jadi lebih enak dikonsumsi oleh anak-anak. Perlu diketahui bahwa asupan minyak ikan ini bagus untuk kesehatan tulang anak-anak serta orang dewasa apabila dikonsumsi secara konsisten. 

Terdapat tiga pilihan rasa yaitu lemon, apel, tutti frutti. Harga minyak ikan ini berkisar Rp 100.000 untuk ukuran 50 ml dan Rp 400.000 untuk 250 ml, Mama pun bisa mendapatkan minyak ikan di online shop.

4. Nature's Way Kids Smart Drops DHA

4. Nature's Way Kids Smart Drops DHA
Tokopedia.com

Kandungan yang terdapat dalam Natures Way Kids Smart Drops DHA bisa bermanfaat untuk pembentukan dan pertumbuhan otak si Kecil setiap harinya. Maka dari itu, Mama perlu memberikan minyak ikan untuk dikonsumsi secara rutin.  

Natures Way Kids Smart Drops DHA dapat dikonsumsi oleh bayi di atas 6 bulan dengan takaran 0.5 ml per harinya. Mama bisa mendapatkan Natures Way Kids Smart Drops DHA dengan harga Rp 170.000. 

4. Nature's Way Kids Smart Omega 3 

4. Nature's Way Kids Smart Omega 3 
Tokopedia.com

Minyak ikan ini mengandung omega 3, DHA dan EPA yang bagus untuk perkembangan otak si Kecil. Natures Way Kids Smart Omega 3 berbentuk seperti permen, sehingga tidak akan ada rasa amis saat anak-anak memakannya. Minyak ikan yang satu ini dapat dikonsumsi bayi di atas 6 bulan hingga si Kecil berusia 5 tahun.

Konsumsi minyak ikan ini cukup satu butir setiap harinya, sehingga manfaatnya bisa semakin terasa di tubuh si Kecil. 

Mama bisa mendapatkan Nature's Way Kids Smart Omega 3 dengan harga Rp 140.000 saja. Minyak ikan dapat ditemukan di apotek terdekat ataupun online shop.

5. Nordic Naturals Baby’s DHA

5. Nordic Naturals Baby’s DHA
Tokopedia.com

Nordic Naturals Baby’s DHA termasuk salah satu minyak ikan yang bisa dikonsumsi oleh bayi berusia 7-12 bulan. 

Sama seperti produk lainnya, Nordic Naturals Baby’s DHA mengandung omega 3 dan DHA yang bagus untuk perkembangan otak si Kecil. Selain itu, asupan minyak ikan yang konsisten bisa menunjang  perkembangan saraf dan mata anak.

Perlu Mama ketahui bahwa DHA tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga bisa didapatkan dari suplemen minyak ikan.

Nordic Naturals Baby’s DHA dapat dikonsumsi oleh bayi berusia 6 bulan ke atas, Mama juga dapat membelinya dengan harga sekitar Rp 200.000. 

Itulah beberapa merek rekomendasi minyak ikan yang aman dikonsumsi oleh bayi berusia di atas 6 bulan. Asupan minyak ikan pun bisa dicampur dengan MPASI, sehingga nutrisi untuk si Kecil bisa terus bertambah. 

Semoga informasi terkait rekomendasi minyak ikan untuk bayi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.