5 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Bayi Selama di Rumah Aja

Sambil bermain, bayi juga mendapat banyak manfaat dari kegiatan seru ini, Ma

25 April 2020

5 Kegiatan Seru Bisa Dilakukan Bersama Bayi Selama Rumah Aja
Freepik/Prostooleh

Karena pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk tetap tinggal di rumah demi memutus rantai penyebaran virus. Demikian juga untuk mereka yang bekerja, sekolah, atau beribadah, semua dilakukan di rumah.

Berada di rumah saja, bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa, Ma. Di sini kreativitas pun diuji. Mama yang biasanya mengajak bayi ke mal atau taman untuk bermain, untuk sementara harus menundanya dulu selama beberapa saat.

Supaya bayi tidak bosan, Mama dapat melakukan petualangan bersama bayi. Kegiatan-kegiatan yang diulas Popmama.com ini dapat meningkatkan bonding antara bayi dengan Mama. Selain itu juga dapat mendorong perkembangan motorik bayi.

Yuk, simak ulasannya.

1. Membangun benteng dari bantal

1. Membangun benteng dari bantal
Sleepycenter

Mama dapat berpetualang bersama bayi di benteng. Kumpulkan bantal dan guling, atur menjadi benteng buatan. Sambil bercerita, ajak bayi menyusun bantal-bantalnya.

Permainan ini membantu bayi untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya. Tidak hanya itu, bayi juga dapat belajar berkomunikasi, Ma. Coba deh, sambil Mama bercerita, pancing bayi untuk menambahkan atau menyambung cerita. Mama juga dapat mengajukan pertanyaan sederhana kepada bayi. Dijamin pasti seru, Ma!

Editors' Picks

2. Melukis dengan jari

2. Melukis jari

Ajak bayi untuk menjadi Picasso cilik!

Membuat karya seni dapat membangun imajinasi bayi. Meski bayi belum bisa memegang pensil atau krayon dengan benar, Mama dapat mengajak bayi untuk melukis cat air dengan menggunakan tangan sebagai kuasnya.

Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan motorik bayi. Jari-jari mungil bayi bergerak di atas kertas atau kanvas untuk membuat goresan-goresan.

Takut kotor? Jangan khawatir, Ma. Mama selalu dapat mencuci baju dan tangan bayi, namun pelajaran yang diperoleh bayi jauh lebih berharga.

Jangan lupa simpan hasil karya bayi, ini akan menjadi harta yang tidak ternilai bagi Mama ketika ia dewasa nanti.

3. Menjelajahi labirin

3. Menjelajahi labirin
pinterest

Ubah ruang keluarga menjadi labirin. Mama dapat membangun labirin menggunakan semua benda yang ada, seperti kursi, kardus, atau meja.

Sambil menjelajah, Mama juga bisa menambahkan beberapa mainan di sepanjang jalur. Minta bayi untuk mengambil “harta karun” yang ia temukan ketika menyusuri labirin.

Ketika bayi sedang mencari jalan keluar, Mama bisa menyemangatinya dari luar labirin. Bayi pasti merangkak makin cepat untuk mencari jalan keluar.

4. Bajak laut mengarungi lautan

4. Bajak laut mengarungi lautan
Freepik/senivpetro

Ketika sudah waktunya mandi, mandi pun bisa menjadi petualangan seru tersendiri bagi bayi. Kali ini ajak bayi untuk menjadi bajak laut yang mengarungi lautan untuk mencari harta karun.

Mama dapat menyiapkan beberapa mainan seperti ikan, kapal, koin emas, dan jangan lupa penutup mata untuk bajak laut kecil Mama.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan imajinasi bayi, Ma.

5. Berburu harta karun

5. Berburu harta karun
alibaba

Siapa yang tidak suka berburu harta karun? Kali ini, ajak bayi untuk berburu harta karun di sekitar rumah. Mama dapat meletakkan satu mainan kecil di pasir, halaman, kotak penyimpanan pasta, atau pun tumpukan baju.

Ini merupakan salah satu cara bagi bayi untuk belajar soal tekstur. Sambil bermain, beberapa kemampuan bayi pun ikut berkembang.

Kegiatan apa yang saja yang sudah Mama lakukan bersama bayi selama diberlakukan PSBB saat ini? Semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi Mama untuk tetap mengajak bayi bermain di rumah, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.