Ini Dia! 5 Buku Pengantar Tidur untuk Bayi

Membaca untuk bayi bisa dimulai sejak dini, Ma

26 April 2019

Ini Dia 5 Buku Pengantar Tidur Bayi
Pixabay.com

Membacakan buku untuk bayi sangat baik untuk perkembangan bayi. Selain dapat memperkuat bonding antara Mama dan bayi, bayi juga belajar mengenai kosakata.

2 faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli buku pengantar tidur untuk bayi. Pertama, apakah Mama bisa memegang buku tersebut dengan satu tangan? Kedua, apakah buku tersebut dapat membuat bayi tertidur?

Buku pengantar tidur yang baik bukanlah yang ceritanya sangat menarik dan panjang. Buku yang memiliki halaman tebal sehingga mudah dipegang juga memiliki kalimat yang berirama dapat menjadi pilihan untuk bayi Mama.

Intinya adalah buku cerita tersebut dapat membuat bayi merasa aman dan bahagia menjelang tidur.

Popmama.com mengulas 5 buku cerita yang cocok untuk bayi Mama.

1. If Animals Kissed Goodnight

1. If Animals Kissed Goodnight

Ilustrasi yang indah dan menarik adalah alasan utama mengapa buku ini sangat bagus. Buku ini bercerita tentang bagaimana keluarga saling mengucapkan selamat tidur. Misalnya Mama serigala dan anaknya mengucapkan selamat malam dengan ciuman hangat dan menggeram lembut.

Secara perlahan, buku ini seakan meredupkan ‘cahaya’ latarnya saat mendekati halaman terakhir. Buku yang memiliki halaman yang tebal ini sempurna untuk dibacakan kepada bayi sebelum tidur.

2. Shhh! This Book Is Sleeping

2. Shhh This Book Is Sleeping

Buku ini memiliki sampul yang bergambar sebuah wajah yang sedang tertidur. Buku yang unik ini dengan lembut menidurkan pembacanya. Dengan suara lembut, Mama akan bertanya apakah sudah menyikat gigi, apakah tempat tidur cukup hangat, serta sudahkan memberi ciuman dan pelukan selamat malam?

Dengan ukuran yang besar dan gambar yang meneduhkan dan lembut, buku ini cocok untuk dijadikan bacaan rutin sebelum tidur untuk bayi Mama.

Editors' Picks

3. Goodnight, Gorilla

3. Goodnight, Gorilla

Penjaga kebun binatang melakukan kegiatan rutinnya setiap malam yaitu memastikan semua binatang berada di tempatnya. Ia berkeliling sambil mengucapkan selamat tidur kepada semua penghuni kebun binatang. Tapi ada satu yang tidak siap untuk tidur malam itu. Siapa lagi kalau bukan si Gorilla.

Meski memiliki ilustrasi yang sederhana, buku ini cocok untuk dibacakan sebelum tidur.

4. I Am a Bunny

4. I Am a Bunny
Amazon.com

Mungkin Mama akan berpikir kalau buku ini bukanlah buku pengantar tidur untuk bayi. Nicholas si kelinci akan memperkenalkan dirinya dan bercerita apa yang suka dilakukannya selama 4 musim.

Di akhir cerita, Nicholas akan dengan nyaman bergelung di sarangnya dan tertidur. Cerita di buku ini menenangkan bagi bayi. selain itu, ilustrasinya yang sederhana dan indah membuatnya menjadi buku yang tepat bagi bayi Mama untuk dibacakan sebelum tidur.

5. Goodnight, Moon

5. Goodnight, Moon
Amazon.com

Buku ini merupakan salah satu buku cerita klasik. Berkisah tentang kelinci yang memiliki ritual untuk mengucapkan selamat tidur ke semua yang ada di sekitarnya. “Selamat malam, Bulan!”, “Selamat malam, balon merah”.

Kalimat-kalimat yang seperti puisi dan menenangkan serta ilustrasi yang menarik menjadi buku yang tepat untuk menutup hari. Tidak heran buku ini menjadi salah satu buku favorit sepanjang masa untuk bayi dan anak.

Nah, buku mana  yang akan dibacakan kepada bayi Mama?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!