Aman untuk Alas Bermain, Ini 5 Rekomendasi Playmat untuk Bayi

Banyak playmat dengan gambar lucu dijual di pasaran, harus pilih yang mana, ya?

27 Juli 2020

Aman Alas Bermain, Ini 5 Rekomendasi Playmat Bayi
amazon.com

Seiring dengan pertumbuhan bayi, ototnya pun semakin kuat. Pada saat itu, bayi mama mulai tengkurap, belajar duduk, dan merangkak.

Ketika ia memasuki tahap tersebut, bayi biasanya akan bosan bila berada di tempat tidur saja. Ia akan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ini adalah cara bayi belajar dan berkembang, Ma.

Nah, Mama harus selalu mempertimbangkan faktor keamanan untuk bayi saat ia mulai bereksplorasi. Keamanan bayi sangat penting untuk diutamakan agar ia dapat belajar dan berkembang dengan baik.

Salah satu perlengkapan yang Mama butuhkan adalah playmat atau alas bermain. Playmat merupakan matras atau alas bermain bagi bayi yang didesain menarik dengan bahan yang empuk sehingga memberikan proteksi.

Ada beraneka ragam playmat yang dijual di pasaran, dengan warna dan gambar yang menarik bagi bayi. Karena banyak pilihan, Mama mungkin bingung untuk memilih yang paling cocok untuk si Kecil.

Nah, untuk membantu Mama, simak ulasan Popmama.com berikut mengenai rekomendasi playmat bayi.

1. Foldaway

1. Foldaway
babyzania.com

Tidak hanya berfungsi sebagai playmat, Mama juga dapat menggunakannya untuk bumper mat, kolam bola, pagar keamanan, dan ranjang portable.

PlaymatFoldaway terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan, selain itu juga terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang telah lulus uji tes dan tersertifikasi, Ma. Jadi dapat dipastikan playmat ini berkualitas tinggi.  

Playmat ini memiliki ketebalan 4 cm untuk menjamin keamanan si Kecil saat bermain. Material yang digunakannya pun aman bagi bayi dan higienis.

Playmat Foldaway berukuran 200x120 cm saat dibuka. Mama bisa mendapatkan playmat ini dengan harga Rp 4.499.000.

Editors' Picks

2. Mamacoco

2. Mamacoco
kiddy.id

Playmat ini terbuat dari material yang berkualitas yaitu aircell pads yang tebal sehingga tahan lama dan tidak mudah kempes, Ma. Mamacoco juga memiliki fitur maximum shock absorber yang mampu menahan berat si Kecil dari benturan ketika jatuh.

Mamacoco menggunakan kulit sintetis premium yang waterproof, jadi dijamin tahan lama jika si Kecil tidak sengaja ngompol atau menuangkan air di atas playmat.

Weight balance feature dan double safety zipper beserta velcro pada playmat Mamacoco membuat anak bebas bergerak tanpa khawatir. Ia pun dapat bermain dengan bebas dan leluasa, Ma. Meski dimensinya besar, playmat ini ringan, sehingga Mama dapat memindahkannya dengan mudah.

Fitur yang terakhir dan tidak kalah penting adalah baby safe sleeping and playing product. Bayi dapat dengan mudah tertidur di mana saja ketika bermain. Dengan adanya fitur ini, risiko SIDS berkurang karena permukaan playmat ini tidak mudah berubah bentuk ketika tertindih muka bayi.

Mama dapat memilih ukuran yang sesuai kebutuhan, yaitu 100 cmx100 cm atau 150 cm x 150 cm dengan harga Rp 1.990.000-Rp 2.990.000.

3. Lumba playmat

3. Lumba playmat
prelo

Lumba playmat dan bumper mat ini menggunakan smart design yaitu menggabungkan playmat dan pagar dalam satu produk sehingga bayi dapat bermain dengan aman. Tidak cuma untuk bermain, Mama pun dapat menggunakannya untuk tempat tidur bayi.

Lumba playmat memiliki lapisan bantalan yang sangat tebal, kuat, kokoh dan dapat berfungsi secara maksimal. Sehingga menjadi tempat yang aman, dan ideal untuk bayi ketika merangkak, duduk, berdiri, merambat dan berjalan.

Selain itu juga, playmat ini menggunakan teknologi anti bakterial biomaster berbasis ion silver yang mencegah kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

Ukurannya juga cukup besar yaitu 200 cm x 200 cm, dengan tebal 7,5 cm. Mama bisa mendapatkannya dengan harga Rp 4.850.000.

4. Coby Haus playmat

4. Coby Haus playmat
cobyhaus

Coby Haus playmat merupakan alas bermain bayi yang didesain agar bayi dapat bermain dengan aman dan nyaman. Memiliki ukuran 200x130cm dan 200x150cm dengan ketebalan 1,5 cm.

Playmat ini terbuat dari bahan yang eco-friendly, bebas dari segala macam bahan kimia, juga dilengkapi dengan busa empuk. Jadi, Mama tidak perlu khawatir bayi akan benjol saat jatuh atau terbentur saat bermain.

Coby Haus memiliki dua desain bolak-balik yang berbeda, motif minimalis dan lucu untuk si Kecil. Dengan warna dan gambar yang menarik, bayi pun dapat bermain sambil belajar, Ma.

Dan yang paling penting, playmat ini tahan lama dan mudah dibersihkan. Namun playmat ini tidak memiliki fitur pagar seperti yang lainnya, Ma.

Mama dapat membelinya dengan harga Rp 650.000-750.000.

5. Parklon playmat

5. Parklon playmat
babyzania

Parklon Soft Mats sangat berguna khususnya pada fase tengkurap bayi, merangkak dan belajar berjalan. Material yang kuat tahan hingga bertahun-tahun pemakaian, Ma

Playmat ini memiliki bantalan empuk yang menyerap dampak benturan dan melindungi bayi. Dalam masa tumbuh kembang ini bayi sering terjatuh atau terbentur, ini normal, Ma. Namun Mama dapat meminimalisir risikonya dengan menggunakan playmat yang aman.

Desain dua sisi menampilkan karakter yang menyenangkan dan penuh warna di permukaan sisi depan dan belakang, si Kecil pasti tertarik untuk memandangi gambarnya.

Materialnya bebas dari racun, aman bagi bayi, dan ramah lingkungan. Yang terpenting, Mama mudah membersihkannya dan tahan air.

Ukuran 235 x 140 x 1,6 cm

Harga Rp 1.900.000

Nah, itulah rekomendasi playmat bayi yang dapat Mama pilih. Sekarang Mama sudah memiliki beberapa pilihan untuk alas bermain yang aman bagi si Kecil. Selamat memilih, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.