Ini Tekstur MPASI Bayi Usia 11 Bulan, Pastikan Tepat sesuai Kemampuan

Gigi si Kecil mulai tumbuh, jadi tekstur makanan ditingkatkan lagi ya, Ma

10 September 2021

Ini Tekstur MPASI Bayi Usia 11 Bulan, Pastikan Tepat sesuai Kemampuan
Pixabay/Alexas_Fotos

Memasuki usia enam bulan, si Kecil mulai diperkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI. Karena ia terus bertumbuh dan berkembang, nutrisi dari ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pemberian MPASI harus disesuaikan dengan jadwal dan diberikan secara bertahap. Tidak hanya itu, tekstur MPASI juga harus sesuai dengan usianya, Ma. Telat meningkatkan tekstur MPASI dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah bayi jadi malas mengunyah.

Bagaimana tekstur MPASI bayi 11 bulan? Yuk, simak penjelasannya di ulasan Popmama.com berikut ini.

Tekstur MPASI Bayi 11 Bulan

Tekstur MPASI Bayi 11 Bulan
Pixabay/DesignDrawArtes

Di usia ini, bayi mulai mengonsumsi makanan yang semakin kasar. Jika sebelumnya bayi mengonsumsi nasi tim, maka pada usia 11 bulan dapat perlahan-lahan ditingkatkan menjadi nasi lembek.

Tekstur makanan yang bisa diberikan untuk bayi 11 bulan antara lain dicincang halus (minced), dicincang kasar (chopped), dan makanan yang mudah digenggam (finger food).

Editors' Picks

Tahap Perkembangan Makan Bayi 11 Bulan

Tahap Perkembangan Makan Bayi 11 Bulan
Pixabay/freestocks-photos

Di usia 11 bulan, si Kecil mulai bisa merapatkan bibir saat disuapi makanan. Ia juga sudah mulai memegang sendok sendiri. Kemampuan menggigit sudah semakin baik didukung oleh gigi yang mulai tumbuh.

Karena si Kecil sudah mulai bisa menggigiti makanannya, MPASI untuk bayi 11 bulan bisa divariasikan dengan jenis yang agak keras dan bertekstur. Tujuannya agar bisa membantu latihan mengunyah dan merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Indra perasa bayi juga sudah mulai berkembang di usia ini. Mama disarankan untuk memberikan makanan dengan beragam rasa alami seperti buah asam atau manis.

Berapa Banyak Makanan yang Harus Diberikan?

Berapa Banyak Makanan Harus Diberikan
Pixabay/StockSnap

Porsi MPASI bayi di usia 11 bulan ini sekitar setengah mangkuk atau 250 mililiter (ml). Dengan frekuensi sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Jika ternyata masih kurang, Mama dapat menambahkan pemberian makanan selingan atau camilan sebanyak 1-2 kali per hari.

Makanan Apa Saja yang Bisa Dikonsumsi?

Makanan Apa Saja Bisa Dikonsumsi
Pexels/Martproduction

Karena giginya sudah mulai tumbuh, Mama dapat menyiapkan variasi MPASI bayi 11 bulan dengan beragam tekstur yang melatihnya untuk mengunyah.

Di usia 11 bulan, si Kecil sudah bisa makan hampir semua variasi dan kategori makanan. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat Mama berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya:

  • Daging sapi, ikan, dan ayam bisa diberikan sejak bayi usia enam bulan.
  • Nasi, umbi-umbian seperti singkong, kentang dan ubi untuk asupan karbohidrat.
  • Kacang-kacangan untuk asupan protein nabati.
  • Buah apapun bisa dikonsumsi oleh bayi 11 bulan. Jangan lupa amati reaksi alergi jika memberikan buah untuk pertama kalinya.
  • Produk olahan susu bisa diberikan sebagai MPASI bayi 11 bulan termasuk yoghurt.
  • Sayuran apapun baik untuk bayi. Sama seperti buah, perhatikan reaksi alergi ya, Ma.
  • Oatmeal dan produk olahan gandum utuh bisa diberikan pada bayi, tentunya dihaluskan dan tambahkan campuran buah dan sayur agar nutrisinya tercukupi.

Meningkatkan tekstur MPASI sesuai dengan usianya sangat penting untuk si Kecil, Ma. Jadi jangan terlambat untuk meningkatkan tekstur MPASI ya.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.