Tips agar Bayi Tidak Menggigiti Tepian Tempat Tidurnya

Ketika sedang tumbuh gigi, bayi suka menggigiti semua benda termasuk tempat tidur. Kenapa ya?

30 Maret 2020

Tips agar Bayi Tidak Menggigiti Tepian Tempat Tidurnya
Freepik/yanalya

Ketika Mama sedang membersihkan tempat tidur bayi, Mama memperhatikan ada bekas gigitan di tiap sisi. Tampaknya bayi Mama menemukan sedikit solusi untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi. Mungkin Mama berpikir kalau fase ini hanya sementara dan jika bosan, bayi akan mencari benda lain untuk digigiti.    

Selama beberapa bulan berikutnya, ketika gusinya membengkak, diikuti dengan gigi-gigi kecil bermunculan, bayi terus menggigiti pinggiran tempat tidurnya. Apakah hal ini perlu dikhawatirkan? Yuk, simak penjelasan Popmama.com di balik kesukaan bayi mama ini.   

Apakah Normal Jika Bayi Suka Menggigiti Tempat Tidurnya?

Apakah Normal Jika Bayi Suka Menggigiti Tempat Tidurnya
cloudfront.net

Ternyata menggigiti tempat tidur adalah hal yang umum terjadi ketika bayi tumbuh gigi. Inna Chern, D.D.S., seorang dokter gigi di New York General Dentistry di New York City, menyatakan bahwa ini bukanlah hal yang aneh.

"Di awal kehidupan seorang bayi, sangat umum dan normal bagi mereka untuk menjelajahi lingkungan mereka dengan meletakkan benda-benda di mulut mereka. Mereka belajar dengan merasakan dan merasakan tekstur benda-benda dengan mulut mereka," katanya.

Editors' Picks

Mengapa Hal Ini Terjadi?

Mengapa Hal Ini Terjadi
Freepik/User6014584

Kenneth Polin, M.D., dokter anak di Rumah Sakit Anak Ann & Robert H. Lurie Chicago menjelaskan bahwa ada konsentrasi tinggi saraf di mulut, jadi eksplorasi oral memberikan bayi banyak input sensorik. Input sensorik berupa sentuhan, gerakan, penciuman, pengecapan, pendengaran, dan penglihatan.

Di samping itu, mengunyah sesuatu, seperti tepian tempat tidur, sebenarnya membantu menenangkan rasa tidak nyaman gigi dan membantu gigi untuk menembus jaringan gusi dan tumbuh.  

Chern menuturkan bahwa pertumbuhan gigi dapat dimulai sejak usia 3 bulan dan berlanjut hingga anak berusia 3 tahun. Jadi fase ini bisa muncul dan hilang tergantung pada gigi mana yang tumbuh pada waktu tertentu.

Apakah Mama Perlu Khawatir?

Apakah Mama Perlu Khawatir
Freepik/shangarey

Charles Shubin, MD, seorang dokter anak di Mercy Medical Center di Baltimore menjelaskan bahwa kebiasaan ini tidak berbahaya bagi bayi, namun Mama harus memperhatikan aspek keamanan tempat tidur.

Bagaimana dengan cat pada tempat tidur bayi? Amankah itu? Sekarang ini, banyak tempat tidur bayi yang dilengkapi dengan penutup plastik di bagian pagar. Hal ini untuk mencegah bayi mengunyah kayu tempat tidurnya.

Perlu juga dicatat bahwa menurut Dr. Chern, mengunyah atau mengigiti benda dapat mengindikasikan seorang bayi menderita kecemasan awal. Dia menyarankan jika Mama merasakan bahwa ada masalah perilaku lain yang tidak berhubungan dengan gusi yang bengkak dan gigi yang akan segera muncul, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Tips untuk Mencegah Bayi Menggigiti Tempat Tidur

Tips Mencegah Bayi Menggigiti Tempat Tidur
Freepik/Dragana_Gordic

Untuk menghindari si Bayi menggigiti tempat tidurnya, Mama bisa melaksanakan tips ini:

  • Mama dapat mencoba memberikan benda pengganti, misalnya teether yang pasti aman untuk digigiti si Bayi.
  • Alihkan perhatian bayi dengan mengajaknya bermain. Rasa tidak nyaman karena tumbuh gigi bisa berkurang jika bayi "sibuk". Ajaklah si Kecil mengobrol atau bermain sehingga ia "melupakan" sakitnya tumbuh gigi.
  • Jika bayi menghabiskan banyak waktu di tempat tidurnya, kebiasaan ini juga mungkin sulit untuk dihentikan. Jadi Mama harus mencari akal bagaimana memindahkan bayi ke tempat yang aman.  

Apakah bayi Mama juga suka melakukan hal yang sama? Apa yang Mama lakukan untuk mencegahnya? Yuk, komentar di Popmama.com/community.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.