Wajib Tahu: Manfaat Pengobatan ala China, Pediatric Tuina, untuk Bayi

Teknik pengobatan tradisional Cina ini banyak manfaatnya bagi bayi Mama

8 Maret 2019

Wajib Tahu Manfaat Pengobatan ala China, Pediatric Tuina, Bayi
Unsplash/Chiến Phạm

Pediatric tuina adalah salah satu bentuk pengobatan tertua dalam pengobatan tradisional Cina. Teknik pengobatan ini membantu menghilangkan penyumbatan dan menyelaraskan aliran qi yang baik ke seluruh tubuh. Qi adalah energi vital tubuh yang mengalir melalui jalur di tubuh yang disebut meridian, berhubungan dengan organ tertentu.

Ketidakseimbangan energitika mengganggu aliran qi sehingga dapat menyebabkan penyakit. Salah satu teknik pengobatan untuk menghilangkan penyumbatan aliran qi adalah pediatric tuina.

1. Apa itu pediatric tuina?

1. Apa itu pediatric tuina
unsplash.com/Khoa Pham
Pentingnya 1.000 hari pertama bayi

Pediatric tuina adalah kombinasi pijatan, akupresur, dan bentuk manipulasi tubuh lainnya untuk merangsang berbagai titik akupuntur khusus untuk bayi dan anak untuk mengobati dan mencegah penyakit.

Pediatric tuina bekerja dengan memberikan tekanan pada titik akupuntur, meridian, dan kelompok otot atau saraf untuk meningkatkan aliran qi di meridian. Teknik ini mirip dengan perawatan akupuntur, tetapi tanpa menggunakan jarum.

2. Bagaimana cara kerjanya?

2. Bagaimana cara kerjanya
Freepik/Peoplecreations

Sebelum memulai, terapis harus selalu memastikan tangan bersih dan steril untuk mencegah kontaminasi silang. Perawatan dimulai dengan memastikan bayi nyaman terlebih dahulu. Ini berarti bayi mungkin berbaring di tempat tidur atau duduk di pangkuan Mama, tergantung pada situasinya.

Terapis juga harus membuat diagnosis dengan mengumpulkan informasi mengenai riwayat dan gejala medis bayi, dikombinasikan dengan pemeriksaan lidah dan pengecekan denyut nadi.

Pediatric tuina berlangsung sekitar 10 hingga 20 menit, bervariasi sesuai dengan kondisi  bayi. Pemijatan dilakukan pada kombinasi acupoint di kepala dan wajah, perut, punggung, anggota tubuh atas dan bawah.

Pediatric tuina melibatkan pijatan-pijatan lembut terutama pada tangan bayi, tungkai dan punggung. Termasuk memijat dengan lembut, menggosok, dan mendorong sambil memastikan bahwa bayi Mama tenang dan nyaman. Setiap perawatan mungkin berbeda, karena biasanya tergantung pada kondisi bayi.

Editors' Picks

3. Manfaat pediatric tuina

3. Manfaat pediatric tuina
Freepik/Rawpixel.com

Menurut ahli pengobatan tradisional Cina, Zhou Jing dari Thomson Chinese Medicine, limpa bayi cenderung lebih lemah dan kondisi hati yang lebih aktif. Hal ini dapat menyebabkan bayi mengalami masalah pencernaan, masalah tidur dan penyakit pernapasan, seperti batuk dan dahak yang terus-menerus.

Pediatric tuina merupakan alternatif untuk akupuntur, yang mengaktifkan titik-titik tekanan tanpa menimbulkan efek samping yang buruk. Selain memperbaiki ketidakseimbangan dalam tubuh bayi, terapi ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya dan berat badan ideal bayi.

4. Apakah pediatric tuina aman?

4. Apakah pediatric tuina aman
Freepik/onlyyouqj

Pemijatan dilakukan dengan lembut. Pediatric tuina aman dan efektif untuk bayi. Bahkan bayi berumur 4-6 bulan bisa melakukan diberikan terapi ini asalkan itu dilakukan oleh terapis yang berpengalaman, kata Zhou.

Pediatric tuina sering diberikan kepada bayi yang mengalami kondisi:

  • Sakit perut,
  • sembelit,
  • batuk dan pilek,
  • asma.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: