hanco

Wajib Tahu: Tips Memotong Rambut Bayi untuk Pertama Kali

Potong rambut bisa menjadi kegiatan yang menakutkan bagi bayi, Ma

23 Oktober 2019

Wajib Tahu Tips Memotong Rambut Bayi Pertama Kali
Youtube/familyfunfact

Selalu ada yang pertama untuk setiap bayi, termasuk memotong rambut untuk pertama kali. Semua bayi, baik yang dilahirkan dengan rambut lebat atau sedikit, pasti akan mengalami potong rambut pertama.

Sebagian Mama biasanya merasa takut atau cemas karena takut melukai bayi.

Mama mungkin menyukai kegiatan potong rambut karena ini bisa menjadi “me time” untuk Mama. Tidak cuma Mama, terkadang bayi pun merasa takut karena belum pernah melakukan hal ini sebelumnya. Baginya ini sedikit mengerikan. Jika ini terjadi, Mama mungkin akan merasa stres dan bingung. Harus memotong rambut namun bayi pun ketakutan.

Jangan khawatir! Popmama.com merangkum panduan untuk memotong rambut bayi pertama kalinya. Yuk, disimak.

Kapan Rambut Bayi Harus Dipotong?

Kapan Rambut Bayi Harus Dipotong
Freepik/Freepic.diller

Itu tergantung pada seberapa cepat rambut bayi tumbuh dan tentu saja, preferensi pribadi Mama. Bayi yang lahir dengan banyak rambut yang tumbuh dengan cepat dan mulai mengganggu mata mungkin perlu dipotong pertama di tahun pertama.

Sedangkan bayi yang tidak memiliki rambut dengan cepat mungkin tidak perlu potongan rambut pertama mereka sampai usia sekitar 2 tahun. Ada juga  yang mengatakan bahwa memangkas rambut bayi yang halus dan tipis dapat membuatnya tampak lebih tebal.

Sebelum Memotong Rambut

Sebelum Memotong Rambut
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Bagi bayi, jika ada orang yang mendatanginya dengan gunting mungkin terlihat menakutkan. Mama bisa mulai memperkenalkan gunting kepada bayi. Atau membawa bayi ke salon untuk mengamati orang lain dipotong rambutnya.

Mama dapat melakukan permainan ‘salon-salonan” dengan bayi. Berpura-pura memotong rambutnya dengan gunting dari tangan.

Buku cerita atau film tentang memotong rambut juga dapat membantu mempersiapkan bayi, Ma.

Editors' Picks

3 Tips agar Bayi Tetap Tenang Saat Dipotong Rambut

3 Tips agar Bayi Tetap Tenang Saat Dipotong Rambut
Youtube/reclaimingmotherhood

Beberapa bayi mungkin senang duduk diam hanya menatap bayangan mereka di cermin dan membiarkan rambutnya dipotong dengan tenang. Namun untuk bayi yang takut ketika gunting mulai memotong rambutnya, cobalah beberapa teknik pengalih perhatian berikut:

  • Lakukan sambil menonton film kesukaannya. Ini akan mengalihkan fokus bayi dari gunting ke film.  
  • Mainan kesukaan dapat menjadi selingan yang bagus untuk membantu bayi fokus pada hal lain saat rambut mereka dipotong.
  • Memberi camilan dapat membantu membuat mereka sibuk.

Pastikan bayi tidak lelah atau lapar ketika Mama merencanakan potong rambut. Rasa lelah atau mengantuk hanya akan memperburuk suasana hati bayi dan membuat Mama makin sulit untuk memotong rambutnya.  

Jika Bayi Kesal, Apa yang Harus Mama Lakukan?

Jika Bayi Kesal, Apa Harus Mama Lakukan
Freepik/gelpi

Jika Mama mencoba pergi ke salon untuk memotong rambut bayi dan ia merasa tertekan, coba lakukan sendiri di rumah atau temukan penata rambut yang dapat datang ke rumah. Mungkin lingkungan dan orang-orang asing yang membuat bayi kesal, jadi berada dalam kenyamanan rumah mereka sendiri dapat membantu.

Jika ini tidak berhasil, jangan dipaksa, Mama bisa mencobanya di lain hari.

Selain itu, Mama mungkin akan mendapati bahwa seiring bertambahnya usia, anak tidak suka rambut baru dipotong (kadang-kadang sampai usia 5 atau 6). Jadi, jika tidak ada yang Mama lakukan untuk membujuk, sebaiknya dibiarkan saja untuk sementara waktu.

Selamat mencoba!

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!