Ini 5 Manfaat Spa untuk Bayi, Salah Satunya: Bayi Tak Gampang Rewel

Ternyata, spa bukan cuma bikin bayi rileks tetapi juga bisa merangsang tumbuh kembangnya. Wah, keren

21 Januari 2020

Ini 5 Manfaat Spa Bayi, Salah Satu Bayi Tak Gampang Rewel
Freepik/Zilvergolf

Bukan bayi “zaman now” namanya kalau belum pernah menikmati baby spa. Ya, spa untuk bayi memang sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir ini.

Sepertinya hampir semua Mama pernah mengajak bayinya untuk pijat dan berenang di spa bayi. Jadi enggak heran ya kalau foto bayi berenang di kolam transparan itu banyak berseliweran di akun media sosial Mama.

Apa saja sih perawatan yang diberikan di spa? Biasanya perawatan utama yang ditawarkan di spa bayi adalah pijatan lembut, yang dilakukan oleh terapis berpengalaman (bahkan bersertifikat).

Setelah itu, si Kecil bisa berenang bebas di kolam air hangat. Tentu saja dilengkapi dengan pelampung di lehernya. Beberapa spa bahkan menawarkan latihan untuk meregangkan syaraf dan otot bayi. Pokoknya tubuh bayi sangat dimanjakan deh di sini.

Spa khusus bayi pun kini sudah mudah ditemukan di semua kota, tentunya dengan berbagai keunggulan dan keunikan yang ditawarkan. Ternyata spa bayi sangat diminati, memangnya apa sih manfaatnya?

Nah, bagi Mama yang mengira spa bayi hanya sekadar tren, Mama salah! Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan kalau secara ilmiah, spa yang memberikan pijatan-pijatan lembut untuk bayi ini memang terbukti bermanfaat.

Mau tahu apa saja manfaat dari spa untuk bayi ini? Menurut IDAI, beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Meningkatkan berat badan

1. Meningkatkan berat badan
Freepik/peoplecreations

Ternyata sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa stimulasi pijatan untuk bayi dapat meningkatkan berat badan anak.

“Dalam suatu studi oleh Field dkk, bayi prematur yang diberi stimulasi pijat menunjukkan kenaikan berat badan per hari 47 persen lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberi stimulasi,” jelas Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K), dan dr. Jennie Sutantio, dalam tulisannya untuk IDAI.

2. Mengoptimalkan tumbuh kembang

2. Mengoptimalkan tumbuh kembang
Freepik/Freepic.diller

Ingin mengoptimalkan tumbuh kembang anak? Pijat bayi bisa menjadi salah satu cara mudahnya, Ma. Sudah terbukti manfaatnya, terutama pada bayi prematur. Bayi yang dipijat ternyata memiliki perilaku, orientasi, dan kemampuan motorik yang lebih matang.

Selain itu, bayi prematur juga jadi jarang rewel dan menangis lho, Ma. 

Editors' Picks

3. Memperbaiki pola tidur

3. Memperbaiki pola tidur
Freepik/Freephoto

Mama pasti ingin si Kecil tidur lelap tanpa gangguan kan? Karena tidur yang berkualitas, memberikan banyak kebaikan juga bagi tumbuh kembangnya. Nah, untuk itu Mama bisa rutin memijat bayi Anda, karena dapat meningkatkan kualitas tidur bayi. 

Tidak hanya itu, bayi juga lebih sedikit terbangun saat jam tidur lho, Ma. Dengan kata lain, bayi yang dipijat bisa lebih mudah tertidur pulas.

4. Memperbaiki tekstur kulit

4. Memperbaiki tekstur kulit
Freepik/Praisaeng

Untuk mendapatkan manfaat dari pijat bayi, IDAI menyarankan untuk menggunakan minyak saat memijat. Beberapa yang baik dicoba adalah minyak kelapa atau minyak bunga matahari.

Pemberian minyak ke kulit bayi ini ternyata juga membantu menstabilkan suhu tubuh bayi dan mencegah hilangnya panas melalui kulit. Wah, cocok untuk bayi prematur yang kerap mengalami hipotermia ya, Ma.

Selain itu, pemberian minyak pada kulit bayi ini juga sudah terbukti efektif memperbaiki tekstur kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah kulit kering.

5. Mempererat hubungan Mama dan bayi

5. Mempererat hubungan Mama bayi
Freepik/Freepic.diller

Untuk membuat hubungan Mama dan bayi semakin erat, bukan berarti Mama harus sering mengajaknya liburan ke luar negeri. Hal sederhana seperti memijat si Kecil ternyata terbukti efektif dapat meningkatkan bonding, lho.

Bahkan IDAI mengatakan sudah ada studi di Korea Selatan yang membuktikan bahwa interaksi ibu-anak yang melakukan pijat bayi lebih baik dibanding kelompok ibu yang tidak memijat bayinya.

Bayi memang pintar ya, Ma, ia sudah bisa memaknai sentuhan sayang dari Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!