10 Rekomendasi Merek Biskuit Bayi untuk Camilan si Kecil

Camilan yang praktis ini bisa menjadi pendamping makanan utama si Kecil

1 Juli 2020

10 Rekomendasi Merek Biskuit Bayi Camilan si Kecil
Pixabay/Miroslavik

Selain makanan utama, di sela-sela waktu makan, Mama bisa memberi si Kecil biskuit yang juga dilengkapi oleh beragam kandungan gizi. Biskuit bayi adalah makanan yang praktis, dan dapat dikonsumsi kapan pun, tentunya setelah bayi mendapat makanan utamanya. 

Mungkin tidak Mama sadari, biskuit juga dapat mendukung si Kecil untuk belajar melakukan koordinasi tangan, mata, dan otak saat ia memasukkan makanannya ke mulut. Kemampuan motoriknya pun menjadi terlatih.

Walaupun umumnya disebut dengan nama biskuit, namun beberapa camilan bayi ini juga dilabeli dengan nama rusk. Rusk biasanya memiliki tampilan yang lebih ringan atau serupa kerupuk, sementara biskuit lebih padat.

Saat ini tersedia beragam jenis dan merek biskuit bayi yang bisa Mama pilih.

Berikut Popmama.com berikan 10 rekomendasi merek biskuit bayi yang bisa jadi pilihan Mama untuk dikonsumsi si Kecil:

1. Bebenice

1. Bebenice
Bukalapak.com

Biskuit bayi yang satu ini juga bisa dikonsumsi mulai dari bayi berusia enam bulan. Bebenice Rusk berbentuk crackers yang ringan dengan beragam rasa pilihan yaitu wortel, pisang, sayur, dan rasa original. 

Dalam kemasannya, Bebenice mengklaim produknya ini tak menggunakan pengawet, mudah larut di mulut bayi, tanpa penambah rasa buatan, serta mudah dicerna oleh bayi yang baru belajar makan. Ada 12 kantung kemasan dalam satu kotak, yang masing-masing kemasannya berisi dua crackers.

Harga: Rp 18.000 – Rp 50.000

2. Empro Baby Choice

2. Empro Baby Choice
Shopee.com

Diklaim merupakan biskuit yang terbuat dari beras superior pilihan, rusk, atau biskuit ringan yang mirip kerupuk berlabel Baby Choice di bawah naungan Empro Singapore, pabrikan asal Tiongkok ini, antara lain tersedia dalam rasa pisang, sayur, dan original.

Produk ini tidak mengandung susu, kacang kedelai, serta bebas gluten, diklaim aman untuk si Kecil yang menderita alergi. Makanan bayi ini bisa dikonsumsi untuk bayi berusia mulai enam bulan ke atas.

Harga: Rp 29.000 - Rp 120.000

3. Farley's

3. Farley's
Shopee.com

Dalam lamannya, biskuit keluaran Heinz, AS, ini memaparkan bahwa biskuit Farley's antara lain juga diciptakan untuk mendorong kemampuan si Kecil untuk makan sendiri. Di dalamnya terdapat tujuh vitamin dan mineral penting termasuk zat besi dan kalsium

Selain rasa original, Farley's juga menyediakan rasa pisang, serta satu varian biskuit yang memiliki kadar gula yang telah dikurangi. Sehingga. Selain itu ada pula pilhan rasa jeruk dan apel.

Harga: Rp 13.000 – Rp 120.000

4. Gerber

4. Gerber
Wallmart.com

Diproduksi sejak 1927, biskuit bayi Gerber adalah salah satu produk yang dikeluarkan di bawah naungan Nestlé yang berbasis di Swiss. Dari sekian banyak produk untuk bayi yang dikeluarkan oleh merek ini, salah satunya adalah Gerber Lil' Crunchies, penganan berbentuk stik seukuran genggaman bayi.

Ada tiga rasa yang ditawarkan oleh Gerber, yaitu rasa sayuran, keju, dan tomat, yang dilabeli Veggie Dip, Mild Cheddar, serta Garden Tomato. Namun Mama perlu cermat sebelum memberikan camilan non GMO yang satu ini kepada si Kecil, karena Lil' Crunchies adalah makanan untuk bayi berusia mulai delapan bulan ke atas. Selain itu, Gerber juga menawarkan Gerber Puff, makanan ringan dalam bentuk potongan kecil yang bisa dikonsumsi oleh anak berusia tujuh bulan ke atas.

Harga: Rp 52.000 – Rp 150.000

Editors' Picks

5. Heinz

5. Heinz
Tokopedia.com

Selain Farley's, Heinz juga mengeluarkan biskuit bayi dengan label Biscotti. Bentuknya langsing dan panjang, berbeda dengan biskuit bayi lainnya di pasaran. Heinz mengklaim penganan bayi ini memiliki kandungan delapan vitamin dan mineral penting bagi pertumbuhan si Kecil. Selain itu, biskuit ini tak mengandung pewarna dan rasa buatan, ataupun pengawet.

Ada tiga rasa Heinz Biscotti yang bisa Mama pilih untuk kudapan si Kecil, yaitu apel, pisang, cokelat. Jika bayi alergi dengan cokelat, Mama perlu berhati-hati dan bisa memilih rasa lainnya. Selain itu, tak seperti biskuit lainnya yang diperuntukkan bagi bayi usia mulai dari enam bulan, produk yang satu ini disarankan untuk dikonsumsi bayi mulai usia tujuh bulan.

Harga: Rp 14.725 – Rp 200.000

6. Lo Bello

6. Lo Bello
Shopee.com

Lo Bello merupakan perusahaan Italia yang berfokus pada produk-produk yang dapat dikonsumsi oleh bayi, termasuk bubur instan serta susu bubuk. Lo Bello Baby Biscuit yang dikeluarkannya diperkaya oleh beragam vitamin, kalsium, fosfor, serta zinc.

Berbentuk panjang yang mudah digenggam bayi, biskuit ini tersedia dalam rasa madu, wortel, pisang, serta original. Lo Bello adalah biskuit yang aman untuk dikonsumsi anak berusia enam bulan ke atas, dengan tekstur yang merangsang pertumbuhan gigi namun lumat di mulut.

Harga: Rp 33.900 – Rp 51.870

7. Milna

7. Milna
Bukalapak.com

Dalam lamannya, Milna menjelaskan bahwa produk yang dikeluarkan ini menggunakan bahan dan formula khusus, yang mampu mendukung pertumbuhan optimal si Kecil. Di dalam biskuit ini terkandung AA dan DHA, prebiotik FOS, kalsium susu dan vitamin D, zat besi, juga berbagai vitamin dan mineral.

Biskuit bayi ini memiliki tekstur berpori yang mudah larut, yang diklaim Milna tak akan membuat bayi tersedak. Produk keluaran Kalbe ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, yaitu rasa original, jeruk, kacang hijau, pisang, serta beras merah. Biskuit Milna juga dijual dalam kemasan sachet 22 gram.

Harga: Rp 1.500 – Rp 18.000

8. Promina

8. Promina
KlikIndomaret.com

Dalam lamannya, Promina memaparkan bahwa biskuit yang diproduksi oleh PT Indofood dan mengandung susu ini dapat menstimulasi bayi agar ia bisa belajar menggigit, mengunyah, dan memegang. Kalorinya yang tidak terlalu besar membuat makanan ini cocok sebagai camilan.

Diklaim memproduksi biskuit dengan teknologi pengeringan modern berstandar internasional, pengeringan yang dilakukan menghasilkan biskuit berkadar air di bawah 3 persen sehingga bakteri tidak dapat berkembang. Biskuit ini pun tahan lama tanpa bahan pengawet, dan tersedia dalam rasa beras merah, kacang hijau, serta susu. Selain itu, Promina juga mengeluarkan biskuit marie untuk si Kecil.

Harga: Rp 5.500 - Rp 15.500

9. SUN

9. SUN
KlikIndomaret.com

Biskuit bayi yang satu ini juga keluaran PT Indofood. Sun adalah biskuit dengan tekstur yang mudah meleleh saat berada di dalam mulut bayi, yang menstimulai pertumbuhan gigi saat ia "menggigit" dengan gusinya. Biskuit ini diperkaya dengan susu dan protein, serta mengandung kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tulang. Laman SUN juga menambahkan bahwa biskuit ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk pembentukan darah si Kecil.

Biskuit bayi SUN tersedia dalam rasa pisang dan susu. Selain itu, SUN juga memberikan pilihan biskuit marie untuk si Kecil. Diklaim memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan biskuit marie lainnya, SUN menyatakan bahwa kalsium yang terkandung dalam tiga keping biskuit marie setara dengan segelas susu.

Harga: Rp 6.400 – Rp 35.000

10. Yummy Bites

10. Yummy Bites
Shopee.com

Memiliki banyak varian, laman Yummy Bites mengklaim bahwa rusk dengan bahan dasar beras ini merupakan makanan semisolid yang memiliki kandungan rendah lemak dan bebas dari kandungan gluten, telur, kacang, pengawet, dan bumbu penyedap. Itu artinya, biskuit ini bebas dari bahan-bahan yang menyebabkan alergi pada si Kecil.

Selain memiliki rasa organic original, biskuit bayi di bawah naungan perusahaan Korea ini juga menawarkan rasa blueberi, stroberi, sayur, wortel, pisang, dan original. Bentuknya yang memanjang membuat biskuit ini mudah dipegang oleh tangan si Kecil yang sedang belajar makan. Tersedia dalam dua kemasan, 50 gram serta Yummy Bites Mini 25 gram.

Harga: Rp 17.500 – Rp 45.000

Nah, itulah 10 rekomendasi merek biskuit bayi yang bisa Mama berikan untuk si Kecil. Pastikan Mama tidak memberikan camilan melebihi batas harian yang disarankan.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.