Tak Harus Mahal! Bermain Seru Bersama Bayi Bisa Tanpa Biaya

Hanya dengan alat-alat yang sudah tersedia di rumah, Mama bisa ciptakan keseruan bersama si Kecil

4 September 2019

Tak Harus Mahal Bermain Seru Bersama Bayi Bisa Tanpa Biaya
Freepik/prostooleh

Bermain adalah hal yang sangat penting di masa-masa tumbuh-kembang bayi dan anak-anak. Tak heran jika sejak bayi baru lahir, banyak orangtua yang antusias membeli beraneka mainan yang memiliki fitur-fitur menghibur sekaligus mendidik si Kecil. 

Namun, sebetulnya Mama tak perlu membeli mainan-mainan yang mahal untuk bersenang-senang bersama si Kecil. Sesungguhnya, bayi dan anak-anak lebih berfokus pada bagaimana mereka sesuatu menarik perhatiannya, memunculkan rasa penasaran dan terlibat di dalamnya, tak peduli semurah dan sesederhana apapun mainan itu. 

Bingung mencari inspirasi? Berikut ini lima aktivitas sederhana tanpa biaya yang bisa Mama lakukan untuk bersenang-senang bersama si Kecil, ala Popmama.com.

1. Menyobek kertas

1. Menyobek kertas
nigelclarkepresenter.co.uk

Menyobek kertas adalah salah satu bentuk permainan sederhana yang sangat disukai bayi. Ia menyukai suaranya saat disobek dan teksturnya saat digenggam dan diremas. Agar bayi tak menyobek kertas sembarangan, berikan koran atau majalah lama yang bisa ia mainkan sepuasnya. 

Untuk anak yang lebih besar, berikan kertas lipat atau kertas origami untuk disebek, lalu ajak anak menempel hasil sobekannya membentuk pola gambar tertentu. Kegiatan ini bisa mengembangkan kreativitasnya. 

Editors' Picks

2. Bermain senter

2. Bermain senter
tiptoethrough.blogspot.com

Bermain senter di kegelapan adalah yang seru dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Matikan lampu, tutup tirai, berbaringlah di lantai bersama si Kecil lalu memainkan senter di seluruh penjuru kamar. 

Bagi bayi dan anak-anak, berkas cahaya yang memancar dan bergerak-gerak adalah hal yang menyenangkan dilihat sekaligus bikin penasaran. Bermain senter merupakan aktivitas merangsang penglihatan bayi Mama. Namun, berhati-hatilah, jangan sampai cahaya senter mengenai mata anak. Pastikan pula menyimpan senter di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau anak setelah selesai digunakan.

3. Piknik di Halaman Rumah

3. Piknik Halaman Rumah
mykidsadventures.com

Piknik tidak hanya bisa dilakukan di taman, pantai atau gunung. Di teras rumah atau halaman belakang pun bisa jadi aktivitas yang seru!

Siapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, seperti matras atau tikar,  mainan kesukaan anak, serta beberapa jenis makanan favorit yang dapat dipilihnya sendiri. Selain praktis, dan murah, piknik di rumah membuat anak antusiasi karena mendapat suasana baru.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi anak mogok makan, karena biasanya anak mogok makan karena suasana tempat makan yang membosankan. Dengan piknik, ia akan mendapat penyegaran suasana yang berbeda.

4. Piknik di Taman Bermain

4. Piknik Taman Bermain
Pixabay/neildodhia

Tak jauh berbeda dengan piknik di halaman rumah, piknik di taman bermain kota juga jadi aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga. Carilah taman bermain yang punya fasilitas permainan gratis dan tempat bersantai rerumputan di nyaman. Biarkan anak merangkak, berlari, bermain dan mengeksplorasi setiap sudutnya untuk memuaskan rasa penasarannya. 

Biasanya di taman bermain kota seperti ini Mama akan bertemu dengan keluarga-keluarga lain yang mengajak anak seusia dengan si Kecil. Jadikan momen ini kesempatan melatih anak bersosialisasi dengan orang baru, apalagi jika di rumah anak tidak punya teman sebaya.

5. Pura-pura bikin klub

5. Pura-pura bikin klub
pull-ups.com

Jangan salah, ini bukan clubbing seperti yang Mama bayangkan kok. Clubbing ala-ala ini bisa dilakukan di rumah dengan cara: nyalakan musik dengan beat sedang-tinggi, ajak anak menari-nari dan berpelukan dengan Mama. Dengan begitu, si Kecil akan merasa senang karena dapat menikmati tiga hal yang disukainya, yakni musik, menari dan juga berpelukan dengan Mama. 

Selain dapat mendekatkan ikatan anak-orangtua, bermain juga penting untuk melatih perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial si Kecil. Dengan ide aktivitas yang sederhana tanpa mengeluarkan biaya ini, jangan ragu lagi untuk lebih sering bermain dengan si Kesayangan. Apakah Mama juga memiliki permainan sederhana yang disukai keluarga?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.