5 Jenis Minyak Alami untuk Memelihara Keindahan Rambut Bayi

Yuk rawat keindahan rambut bayi sejak dini

10 Agustus 2020

5 Jenis Minyak Alami Memelihara Keindahan Rambut Bayi
freepik/zilvergolf

Rambut bukan hanya mahkota bagi orang dewasa. Rambut bayi pun perlu dirawat kesehatan dan keindahannya. Sedari dini, rambut bayi harus mendapatkan nutrisi yang baik. Salah satunya yang berasal dari minyak rambut alami.

Jika diperhatikan, hair lotion bayi yang dijual di pasaran biasanya mengandung beberapa bahan minyak alami. Jika Mama ingin beralih ke produk alami, berikut ini Popmama.com rangkim lima jenis minyak alami untuk rambut bayi yang bisa Mama berikan, dilansir dari Parenting Health Babies:

1. Minyak jarak untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bayi

1. Minyak jarak meningkatkan pertumbuhan rambut bayi
Freepik

Minyak jarak atau minyak kastor meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Kandungan dalam minyak jarak mencegah infeksi kulit kepala karena mengandung vitamin E, asam lemak, dan asam lemak omega-9. 

Minyak jarak ini teksturnya kental sehingga disarankan untuk mencampurkan minyak jarak dengan minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak almond. Perbandingannya adalah 1:1. 

Cara pengaplikasiannya adalah dengan mengoleskan minyak jarak yang sudah dicampurkan pada kulit kepala bayi. Diamkan selama 25-40 menit, kemudian cuci rambut bayi seperti biasa sampai bersih.

Editors' Picks

2. Minyak kelapa untuk mencegah rambut rontok pada bayi

2. Minyak kelapa mencegah rambut rontok bayi
Pexels/Dana Tentis

Sejak zaman dulu orang-orang menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut. Minyak kelapa adalah jenis minyak alami yang tidak mengandung bahan kimia di dalamnya. Komponen di dalam minyak kelapa mencegah rambut rontok dan kebotakan. 

Oleskan minyak kelapa langsung pada kulit kepala bayi untuk mencegah kulit kepala kering. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci rambut bayi dengan sampo yang lembut. 
 

3. Minyak zaitun untuk menjaga kelembapan rambut

3. Minyak zaitun menjaga kelembapan rambut
Freepik

Minyak zaitun bisa dibilang adalah dewanya minyak rambut alami yang meningkatkan kesehatan kulit kepala. Minyak zaitun merupakan kondisioner yang baik untuk rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. 

Ambil sedikit minyak zaitun dan campurkan dengan minyak jarak menggunakan takaran 1:1. Hangatkan minyak hingga suam-suam kuku. Oleskan pada kulit kepala dan rambut si Kecil, pijat selama 10 menit. Ramuan ini dapat mengunci kelembapan alami rambut bayi mama.

4. Minyak argan untuk rambut lebih just dan berkilau

4. Minyak argan rambut lebih just berkilau
Freepik

Minyak argan telah dikenal karena kemampuannya yang luar biasa membuat rambut lebih kuat dan panjang. Minyak ini melembapkan dan menciptakan lapisan yang mengunci hidrasi di atas rambut.

Minyak argan dapat meresap ke batang rambut dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut si Kecil. Minyak ini dapat menghentikan kerusakan rambut dan menciptakan rambut bayi yang sehat dan berkilau. 

5. Minyak alpukat untuk membuat rambut bayi menjadi lebih lembut

5. Minyak alpukat membuat rambut bayi menjadi lebih lembut
Freepik

Minyak alpukat adalah salah satu dari minyak alami untuk rambut yang terbaik. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak ini lebih kaya dibandingkan minyak yang lain, misalnya minyak kelapa dan biji anggur. Minyak alpukat mengandung nutrisi antara lain vitamin A, B, D, E, asam amino, dan asam lemak essensial. 

Oleskan sedikit minyak alpukat dan pijatkan pada kulit kepala bayi secara rutin. Niscaya rambut bayi mama akan lembut dan sirkulasi darah pada kepalanya pun menjadi lancar.

Itulah lima jenis minyak rambut alami untuk bayi yang dapat Mama gunakan untuk merawat keindahan rambut si Kecil. Selamat mencoba, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.