Murah dan Bergizi, Ini 8 Jenis Protein Nabati untuk MPASI si Kecil

Selain daging-dagingan, penting pula memberikan protein berbahan nabati untuk si Kecil

5 Agustus 2020

Murah Bergizi, Ini 8 Jenis Protein Nabati MPASI si Kecil
Freepik/azerbaijan_stockers

Untuk memenuhi kebutuhan tumbuh-kembang si Kecil, penting memberikan gizi yang seimbang. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah protein. Ada dua jenis protein yang penting bagi pembentukan tulang, otot, dan antibodi si Kecil, yaitu protein nabati dan protein hewani. 

Kedua jenis protein tersebut sama pentingnya. Selain protein hewani yang berasal dari daging-dagingan dan telur, asupan protein nabati juga tak boleh dilupakan.

Berikut ini Popmama.com merangkum delapan jenis protein nabati untuk MPASI bayi yang bisa Mama berikan:

1. Tahu

1. Tahu
Pixabay/Allybally4b

Salah satu protein nabati yang terbuat dari kacang-kacangan yang bergizi adalah tahu. Tahu punya tekstur yang lembut dan empuk, sehingga cocok diberikan sebagai sumber protein nabati bagi bayi yang baru mulai MPASI.

2. Tempe

2. Tempe
healthyeating.sfgate.com

Selain tahu, protein nabati yang terbuat dari kacang-kacangan adalah tempe. Berbeda dari tahu, tempe punya tekstur yang lebih kasar sehingga perlu dihaluskan sebelum diberikan sebagai MPASI. Berikan secara bertahap, dan sesuaikan teksturnya dengan usia bayi.

3. Kacang merah

3. Kacang merah
Pixabay/PublicDomainPictures

Kacang merah kaya akan zat besi dan tentunya protein. Kacang ini dapat membantu menjaga tubuh dari anemia defisiensi besi. Selain itu, kacang merah juga kaya akan asam lemak omega-3. Haluskan kacang merah dan campurkan dengan sayur-mayur lainnya untuk menambah nutrisi.

Editors' Picks

4. Jagung

4. Jagung
Freepik/Jcomp

Jagung punya rasa manis yang nikmat. Sangat cocok menjadi MPASI bayi. Di dalam 100 gram jagung, mengandung sekitar 9 gram protein. Tak hanya itu, jagung juga kaya akan karbohidrat dan serat. Bisa diolah menjadi puree atau bubur yang lezat, tanpa perlu pemanis tambahan.

5. Kacang hijau

5. Kacang hijau
Pixabay.com/PDPics

Mama pasti tahu bubur kacang hijau menjadi menu yang sering disajikan di posyandu? Tentunya ini bukan tanpa alasan. Kacang hijau tinggi protein nabati. Dalam 100 gram bubur kacang hijau mengandung sekitar 22 gram protein. Selain itu seratnya juga melancarkan pencernaan si Kecil. Kandungan karbohidratnya mengenyangkan juga lho, Ma.

6. Kacang polong

6. Kacang polong
Pixabay/PublicDomainPicture

Bukan hanya enak sebagai campuran sup, kacang polong juga kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan protein harian si Kecil. 100 gram kacang polong mengandung 25 gram protein. Jumlah ini cukup untuk melengkapi kebutuhan protein, apalagi jika diolah dengan sayur-mayur dan protein hewani lainnya menjadi satu sajian menu MPASI.

7. Brokoli

7. Brokoli
unsplash.com/reinaldokevin

Selain kacang-kacangan dan biji-bijian, brokoli merupakan sumber protein nabati yang baik untuk tumbuh-kembang si Kecil. Brokoli lazim diberikan sebagai MPASI dalam wujud bubur puree atau sebagai campuran bubur saring. Dalam 100 gram brokoli mengandung 2,8 gram protein dan 34 kalori.

8. Alpukat

8. Alpukat
freepik.com/dashu83

Mencari buah-buahan yang kaya akan protein? Alpukat solusinya. Alpukat adalah buah kaya nutrisi karena di dalamnya bukan hanya terdapat protein, tetapi juga asam folat, niacin, riboflavin, serat, dan seng. Jadikan alpukat sebagai puree atau bisa ditambahkan sedikit ASI.

Itu dia delapan jenis protein nabati untuk MPASI bayi yang bisa Mama berikan untuk si Kecil. Selamat mencoba. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.