Kapan Saatnya Perlu Memasang Pagar Pengaman untuk Bayi?

Ternyata tak harus menunggu bayi mulai bergerak aktif lho, Ma

18 Juni 2021

Kapan Saat Perlu Memasang Pagar Pengaman Bayi
Flickr/Donnie Ray Jones

Menciptakan suasana rumah yang nyaman sangat diperlukan untuk bayi yang sedang bertumbuh-kembang. Tetapi, bukan hanya rumah yang nyaman dengan dekorasi yang cantik saja yang dibutuhkan bayi. Melainkan juga rumah yang aman. 

Saat bayi mulai merangkak dan belajar berjalan, penting untuk memastikan setiap sudut rumah senantiasa terjaga keamanannya. Entah itu dari sumber listrik, api, benda tajam maupun ketinggian yang membahayakan nyawa bayi. 

Untuk Mama yang memiliki rumah bertingkat dengan tangga, memasang pagar pengaman bayi adalah kewajiban untuk menghindarkan bayi dari celaka. Lalu, seperti apa sih pemasangan pagar pengaman bayi yang aman dan disarankan? Berikut iniPopmama.com merangkum informasinya dilansir dari Baby Gates Expert:

Kapan Saat yang Tepat Memasang Pagar Pengaman Bayi?

Kapan Saat Tepat Memasang Pagar Pengaman Bayi
Freepik/freepic.diller

Umumnya bayi mulai berguling dan membutuhkan ruang yang luas di lantai pada usia 4-6 bulan. Beberapa bayi sedikit lebih awal dan beberapa lainnya lebih lambat. Di tahapan ini bayi m ama mungkin masih belum membutuhkan pagar pengaman, tetapi tak ada salahnya mulai menyiapkannya sesegera mereka mulai bisa menjelajah sendiri. 

Saat bayi sudah mulai merangkak, biasanya di usia 6-11 bulan, pagar pengaman sebaiknya sudah terpasang. Apabila bayi Mama melewatkan tahap merangkak dan langsung berjalan, pagar pengaman bisa dipasang saat bayi berusia 8-12 bulan. 

Editors' Picks

Punya Hewan Peliharaan? Pasang Pagar Pengaman Lebih Awal

Pu Hewan Peliharaan Pasang Pagar Pengaman Lebih Awal
Freepik/Wirestock

Untuk Mama yang memelihara hewan peliharaan di rumah dan memiliki bayi, para ahli menyarankan untuk memasang pagar pengaman lebih dini, yaitu saat bayi berusia sekitar 3-4 bulan atau saat Mama sudah mulai sering menidurkan bayi di lantai. 

Meskipun si Kecil masih belum bisa bergerak jauh ke mana-mana, tetapi dengan memasang pagar pengaman akan melindungi bayi dari bahaya yang mungkin saja ditimbulkan oleh hewan peliharaan di rumah, dari sekadar jilatan di wajah hingga gigitan dan cakaran yang melukai bayi.

Di Mana Saja Pagar Pengaman Sebaiknya Dipasang?

Di Mana Saja Pagar Pengaman Sebaik Dipasang
Freepik/Tatiana Syrikova

Beberapa tempat di rumah Mama mungkin terlihat aman dan baik-baik saja. Tetapi bagi si Kecil yang baru mengeksplorasi kemampuan menjelajahnya, tempat-tempat yang tampak aman bisa jadi menjadi tempat yang berisiko bahaya. 

Berikut ini tempat-tempat di mana sebaiknya pagar pengaman di pasang di rumah:

  • Bagian atas tangga di rumah
  • Bagian bawah tangga di rumah
  • Area laundry
  • Dapur dan pantry
  • Area kerja dengan lemari buku dan benda-benda elektronik
  • Ruangan dengan balkon (terutama balkon di lantai atas)

Pastikan Memasang Pagar Pengaman Bayi dengan Benar

Pastikan Memasang Pagar Pengaman Bayi Benar
Flickr/Your Best Digs

Meski ditujukan untuk memberikan keamanan, tetapi pagar pengaman yang tidak dipasang dengan semestinya dapat menimbulkan celaka. Terkadang masalah timbul dalam pemasangannya tatkala rumah mama memiliki dinding yang miring, alas tiang yang tebal, pegangan tangga yang tak sesuai dengan ukurannya, dan berbagai masalah lainnya. Beberapa pagar pengaman dirancang untuk penggunaan yang kompleks, sementara yang lain bisa dipasang hanya dengan meletakkannya di antara dua dinding paralel yang kokoh atau kusen pintu. 

Pastikan Mama menggunakan jenis pagar pengaman yang benar, ikuti semua instruksi dengan tepat, dan periksa kembali kekokohannya setelah dipasang. Ingatlah, jangan lengah dan selalu menutupnya.

Kapan Pagar Pengaman Bisa Dilepas?

Kapan Pagar Pengaman Bisa Dilepas
Flickr

Pagar pengaman dibutuhkan untuk melindungi bayi dari bahaya mulai usia empat bulan hingga dua tahun. Saat anak sudah mampu memanjat pagar pengaman atau sudah menemukan cara untuk membukanya, maka lebih aman melepasnya. Terkadang seorang anak lebih tinggi atau lebih kuat daripada efektivitas pagar pengaman yang dipasang.

Setiap situasi unik sehingga Mama lah yang bisa menentukan kapan bayi Mama siap dilepas tanpa pagar pengaman. Di tahapan ini, lebih baik mengajari anak mengenal area mana dan benda-benda apa saja yang berbahaya dan tidak untuk dijelajahi. Ingatlah bahwa pagar pengaman hanya berguna jika dapat melakukan tugasnya dengan baik. Jika tidak, maka justru menjadi bahaya. 

Nah itulah informasi terkait waktu yang tepat untuk memasang pagar pengaman bayi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.