hanco

Ma, Yuk Coba Latihan Ini untuk Memperkuat Otot Lengan Bayi

Latihan yang mudah dilakukan di rumah dan menyenangkan untuk bonding bersama si Kecil

16 September 2019

Ma, Yuk Coba Latihan Ini Memperkuat Otot Lengan Bayi
Freepik

Otot merupakan bagian dari struktur tubuh manusia yang penting. Tanpanya, tubuh tak dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk mendukung aktivitas dan mobilitas. Salah satu otot tubuh manusia yang penting untuk dilatih kekuatannya adalah otot lengan.

Melihat bayi dengan lengan yang gemuk memang menggemaskan, tetapi ada jauh yang lebih penting ketimbang bentuk lengannya yang lucu itu. Yaitu melatih kekuatannya. 

Untuk mendapatkan kekuatan lengan, bayi tak perlu ikut gym. Mama bisa melatihnya lewat gerakan-gerakan sederhana yang mudah dan bisa dipraktekkan di rumah. Berikut ini tips dari Popmama.com, dilansir dari livestrong.com.

1. Stimulasi dengan tummy time

1. Stimulasi tummy time
Sydneywestphysio

Tummy time terbukti dapat memperkuat otot leher dan punggung bayi. Tak hanya itu saja, ternyata tummy time turut berpengaruh pada kekuatan otot lengan bayi. Dalam posisi tummy time, bayi belajar mendorong tubuhnya menggunakan lengan untuk melihat lebih jelas dunia di sekitarnya. 

American Academy of Pediatrics menyarankan agar bayi diletakkan pada posisi perut sedikitnya dua hingga tiga kali dalam seminggu sejak lahir. Tummy time pada bayi yang masih kecil hanya perlu memakan waktu sekitar tiga hingga lima menit saja per sesinya. Mama bisa memperpanjang durasinya seiring pertambahan usianya.

2. Memancing dengan mainan

2. Memancing mainan
Freepik/Pressahotkey

Meskipun berdampak besar pada perkembangan otot lengan bayi, tapi tummy time saja bisa bikin bayi bosan. Pilihan kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah memancingnya dengan mainan. Bayi akan berusaha meraih mainan, terutama jika dipancing dengan mainan yang berwarna mencolok mata. Letakkan di hadapannya agar mendorong bayi meraih dan mendorong lengannya untuk mendapatkan mainan tersebut.

Editors' Picks

3. Melakukan latihan lengan ringan

3. Melakukan latihan lengan ringan
Pexels/Pixabay

Yuk coba menggerakkan lengan bayi agar lebih aktif dengan latihan ringan yang pasti bikin bayi Mama senang.

Letakkan jari-jari Mama di tangannya dan biarkan ia berlatih menggenggamnya. Genggaman dan otot lengannya akan semakin menguat. Gerakkan jari Mama secara bergantian agar ia belajar mengikuti gerakan.

Mama juga bisa melatih lengan bayi dengan cara menggenggam tangan bayi lembut dan gerakkan ke atas, ke bawah dan menyilang melintasi dadanya.

4. Menari bersama bayi

4. Menari bersama bayi
Canva/GeorgeRudy

Jangan salah, bayi menyukai bunyi-bunyian lho, Ma. Mereka sebetulnya ingin menari mengikuti irama, tetapi ia belum bisa melakukannya. Jadikan kesempatan ini untuk bersenang-senang sekaligus latihan dengannya.  

Nyalakan musik untuk berdansa, genggam lembut kedua tangannya dan buatlah gerakan bertepuk tangan. Biarkan bayi duduk di pangkuan Mama atau terbaring dan berikan rattle untuk digenggam. Ia akan senang menggoyang-goyangkan rattle di tangannya dan berusaha mengikuti irama musik. Kegiatan ini akan memperkuat otot lengan dan meningkatkan kemampuan koordinasi.

5. Menarik tubuh bayi ke atas

5. Menarik tubuh bayi ke atas
Freepik/Alexander-safonov

Saat bayi sudah bisa duduk sendiri, walaupun harus ditopang, latih ia untuk berdiri. Caranya adalah dengan memegang tangan bayi dan tarik bayi dengan lembut dari posisi duduk ke posisi berdiri. Bayi akan berpikir ini adalah permainan yang menyenangkan, tetapi sesungguhnya permainan ini bermanfaat menguatkan otot lengannya.

Itu dia lima latihan lengan ringan yang bisa Mama terapkan pada si Kecil di rumah. Perlu diingat, tak perlu melakukannya dengan keras karena otot-otot bayi masihlah sensitif. Yang terpenting adalah rutin melakukannya setiap hari. Niscaya bayi akan tumbuh dengan sehat dan kuat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!