Kaya Nutrisi, Ini Dia Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Bayi

Variasikan gizi dan nutrisi si Kecil dengan bit yang rasanya unik ini

12 September 2019

Kaya Nutrisi, Ini Dia Manfaat Buah Bit Kesehatan Bayi
Pixabay/Pompi

Saat bayi mama menginjak usia enam bulan, tibalah waktunya memperkenalkan makanan padat untuk membantunya mendapat nutrisi yang lebih baik. Seiring dengan pertumbuhannya, tubuh bayi memerlukan makanan padat untuk melengkapi gizi dari ASI atau susu formula. 

Salah satu makanan padat yang kaya nutrisi adalah bit. Umbi berwarna merah ini mengandung berbagai macam nutrisi yang praktis disajikan untuk si Kecil yang berusia delapan hingga sepuluh bulan. Apa sajakah nutrisi yang terkandung di dalamnya, serta apa manfaat konsumsi bit untuk bayi? Berikut ini Popmama.com merangkumnya dari firstcry.com.

Kandungan Nutrisi Bit

Kandungan Nutrisi Bit
pexels.com/Raw Pixel

Bit kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh bayi untuk bertumbuh, antara lain: air, protein, karbohidrat, gula, serat, kalsium, magnesium, zat besi, seng, thiamin, niacin dan folat. Umbi yang punya rasa unik ini juga mengandung empat vitamin, yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin K dan vitamin E.

Dengan berbagai kekayaan gizi dan nutrisi itulah, tak heran jika bit direkomendasikan sebagai MPASI untuk bayi karena manfaat kesehatannya yang luar biasa, antara lain:
 

1. Mencegah anemia

1. Mencegah anemia
thepioneerwoman.com

Bit kaya akan zat besi yang dapat mencegah bayi terkena anemia. Zat besi mendorong produksi sel darah merah, mengantarkan oksigen dengan baik ke beberapa bagian tubuh serta meningkatkan perkembangan otak bayi. 

Editors' Picks

2. Melancarkan pencernaan

2. Melancarkan pencernaan
Freepik/Valeria_aksakova

Bit merupakan umbi-umbian yang kaya serat. Serat diperlukan untuk melancarkan pencernaan bayi. Konsumsi bit secara rutin dapat meningkatkan kinerja lambung dan usus sehingga mencegah sembelit pada bayi.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pixabay/Desertrose7

Tahukah Mama, ternyata bit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, lho. Siapa sangka, umbi yang berasal dari Amerika Utara ini kaya akan antioksidan. Anitoksidan inilah yang berkontribusi membuat sistem kekebalan tubuh bayi semakin membaik dari hari ke hari.
 

4. Membersihkan racun dari dalam tubuh

4. Membersihkan racun dari dalam tubuh
Pexels/Nick Collins

Kekuatan lainnya dari bit adalah kemampuannya membersihkan racun dari dalam tubuh. Padukan bit dengan mentimun dan wortel, kemudian dijus. Campuran jus dari ketiga bahan ini dapat menggelontor racun-racun yang mengendap dari dalam tubuh, terutama yang ada di kantong empedu dan ginjal.

Dengan segala kebaikan yang terkandung di dalamya, tak perlu ragu memberikan bit sebagai menu MPASI untuk jagoan kecil Mama. Bit mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun swalayan terdekat. Pastikan mengolahnya dengan baik agar mudah dicerna bayi. Cara termudah mengolah bit adalah dengan merebus atau mengukusnya, kemudian dihaluskan menjadi puree.

Semoga informasi ini menginspirasi Mama dalam menyediakan kebutuhan gizi dan nutrisi untuk si Kecil. 

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;