Bisa Jadi Penyedap Alami, Ini Manfaat Seledri untuk MPASI Bayi

Aromanya kuat dan bikin masakan sedap, seledri juga kaya manfaat untuk MPASI bayi

13 Agustus 2020

Bisa Jadi Penyedap Alami, Ini Manfaat Seledri MPASI Bayi
Pexels/Pixabay

Seledri adalah tanaman yang banyak digunakan di berbagai resep-resep makanan di berbagai belahan dunia. Rasanya yang unik, menambah kesedapan masakan. Tak terkecuali berbagai masakan yang biasa disajikan di rumah, misalnya soto atau sayur sop.

Seledri juga bisa bahan MPASI lho, Ma. Nutrisi di dalam seledri sangatlah kaya, sehingga baik untuk menunjang kesehatan dan tumbuh-kembang bayi mama.

Berikut Popmama.com merangkum manfaat seledri untuk bayi, dilansir dari Parenting Healthy Babies:

Kandungan Nutrisi dalam Seledri

Kandungan Nutrisi dalam Seledri
Pixabay/ptanpm

The National Nutrient Database dari the United States Department of Agriculture menemukan ada banyak nutrisi dalam 100 gram seledri, antara lain:

  • Air: 95,4 gram
  • Protein: 0,69 gram
  • Karbohidrat: 2,97 gram
  • Serat: 1,6 gram
  • Zat besi: 0,2 gram
  • Vitamin c: 3,1 mg
  • Vitamin A: 449 IU
  • Folat: 36 ug
  • Seng: 0,13 mg
  • Magnesium: 11 mg
  • Potasium: 260 mg

Dari nutrisi-nutrisi tersebut, konsumsi seledri dapat memberikan manfaat untuk bayi, di antaranya adalah:

1. Sumber vitamin dan mineral

1. Sumber vitamin mineral
freebigpictures.com

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, seledri kaya akan vitamin dan mineral. Ketika dikonsumsi langsung, vitamin dan mineral ini diserap oleh tubuh tanpa melalui proses pemasakan yang dapat mengurangi kadar gizinya. Vitamin dan mineral ini penting untuk tumbuh-kembang si Kecil.

Namun, karena seledri rawan membuat tersedak, Mama dianjurkan untuk memasaknya sebentar saja agar seledri menjadi lebih lunak.

Editors' Picks

2. Kaya akan antioksidan

2. Kaya akan antioksidan
Pixabay.com

Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya, seledri juga mengandung antioksidan tinggi. Menyajikan seledri secara teratur akan melindungi tubuh bayi dari berbagai penyakit dan kerusakan sel serta DNA yang diakibatkan karena radikal bebas.

3. Mencegah gangguan pencernaan

3. Mencegah gangguan pencernaan
Pixabay/McJapid

Gangguan pencernaan kerapkali dialami oleh bayi dan anak-anak. Biji seledri berfungsi sebagai obat yang sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. 

Bersama dengan gula, rebus biji seledri dengan air. Kemudian saring dan berikan pada bayi sedikit saja. Karena bijinya memiliki rasa dan aroma langu yang cukup kuat, dianjurkan untuk menambahkan setengah sendok teh gula ke dalamnya untuk menetralkan rasa.

4. Memperkuat sistem imun tubuh

4. Memperkuat sistem imun tubuh
aerospringgardens.com

Di usia yang masih sangat dini, sistem imun tubuh bayi masihlah rentan. Seledri merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka si Kecil akan memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap kuman yang menyerang.

5. Mengatasi gangguan pernapasan

5. Mengatasi gangguan pernapasan
Freepik

Di usianya yang masih muda, bayi dan anak-anak rentan terhadap berbagai penyakit yang mengganggu saluran pernapasan. Misalnya flu, batuk, sinusitis, asma, bronkitis, bahkan TBC.

Konsumsi seledri secara teratur dapat mengatasi gangguan-gangguan tersebut. Mama bisa memberikan seledri ke dalam campuran MPASI atau mencampurnya dalam kaldu yang Mama buat.

Pilih seledri segar dan segera dimasak setelah dicuci dan dipotong karena seledri cepat membusuk. Hindari memberikan seledri mentah begitu saja pada bayi karena rawan tersedak. Campurkan dengan bubur atau haluskan terlebih dahulu.

Itu dia manfaat seledri untuk bayi yang bisa Mama campurkan dalam MPASI. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.