Superfood yang Nikmat, Ini Dia Manfaat Butternut Squash untuk Bayi

Sekarang, butternut squash gampang dicari di supermarket lokal kok, Ma.

25 Mei 2019

Superfood Nikmat, Ini Dia Manfaat Butternut Squash Bayi
Pexels.com/pixabay

Jika Mama sering ke supermarket lokal yang menjual buah dan sayuran segar, tentu tak asing dengan umbi-umbian yang satu ini. Butternut squash atau orang Indonesia menyebutnya sebagai labu parang. 

Dengan kandungan berbagai zat yang dibutuhkan oleh bayi, butternut squash atau yang di Indonesia dikenal dengan labu parang digolongkan sebagai super food yang sangat cocok untuk dijadikan MPASI.

Di Australia dan Selandia Baru, butternut squash yang memiliki nama Latin Cucurbita moschata ini juga dikenal dengan nama butternut pumpkin. Jenis labu yang berwarna orange tua dan bentuknya memanjang ini memang merupakan sumber serat dan kalium yang baik untuk membantu pencernaan, mengendalikan tekanan darah serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, bahan serbaguna ini dapat digunakan untuk menyiapkan hidangan manis dan gurih dan merupakan favorit di antara para ibu yang menyapih anak-anak mereka ke makanan padat.

Dilansir dari firstcry.com, ini dia manfaat butternut squash untuk bayi.

1. Mengurangi peradangan

1. Mengurangi peradangan
pixabay.com/webdesignnewcastle

Salah satu kandungan yang ada di dalam butternut squash adalah lemak omega-3. Dengan adanya kandungan omega-3, butternut squash dapat membentuk asam alfa linolenat. Asam linoleat inilah yang berfungsi mengurangi peradangan pada bayi. 

2. Mengurangi sembelit

2. Mengurangi sembelit
pixabay.com/JoBanana

Sembelit adalah masalah pencernaan yang kerap kali dialami batita. Konsumsi butternut squash yang mengandung banyak serat yang dapat membantu pencernaan anak. Kondisi ini akan membantu si Kecil buang air secara teratur dan mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit. 

Editors' Picks

3. Menyehatkan mata

3. Menyehatkan mata
Freepik/ValeriaAksakova

Tak hanya mengandung serat dan lemak omega-3 saja, butternut squash juga mengandung vitamin A dan beta karoten yang dapat menyehatkan mata. Selain itu, dengan rajin memberikannya sebagai MPASI juga dapat membantu melindungi bayi dari radiasi sinar UV.

4. Sebagai anti mikroba

4. Sebagai anti mikroba
Pexels.com/Nick Collins

Butternut squash dapat berperan sebagai anti mikroba yang telah terbukti dapat mengurangi penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Selain itu, butternut squash juga telah terbukti dapat mencegah terjadinya infeksi jamur yang terjadi pada anak. 

5. Sebagai anti oksidan

5. Sebagai anti oksidan
Pixabay.com

Selain berperan sebagai anti mikroba, butternut squash juga mengandung anti oksidan. Kandungan anti oksidannya yang tinggi mampu mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Manfaat penting bagi si Kecil untuk menangkal racun tersebut merusak sel tubuh.

Mengolah butternut squash tidak susah kok, Ma. Mama dapat mengolahnya dengan cara dikukus, direbus, atau pun dipanggang. Sesuaikan pengolahannya dengan usia anak ya. Selain itu pilih butternut squash yang baik dengan ciri-ciri kulitnya halus, kencang, tanpa ada kerusakan apapun seperti bintik-bintik, memar atau retak. Jika Mama membeli butternut squash yang sudah dikupas dan dipotong, pilihlah potongan yang dagingnya berwarna oranye tua dan terlihat segar.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!