Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kenapa Bayi Suka Bermain Air? Ini Alasannya menurut Ahli!

Apakah bayi mama juga suka bermain air?

24 Juli 2022

Kenapa Bayi Suka Bermain Air Ini Alasan menurut Ahli
Freepik.com/senivpetro

Bermain merupakan suatu aktivitas yang sangat disukai oleh bayi. Tak hanya bermain dengan mainan, bayi pun sangat suka bermain dengan air. Saat bermain dengan air, bayi bisa terlihat sangat bahagia bukan?

Ketika bermain air, bayi terlihat sangat betah dan bahkan terkadang bisa bermain hingga berjam-jam dan tidak mau berhenti untuk main air. Nah, apakah bayi mama juga seperti itu?

Lalu, kenapa sih bayi suka bermain dengan air? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak penjelasan  kenapa bayi sangat suka bermain air menurut ahli yang telah Popmama.comrangkum dari Rompers.

Alasan Kenapa Bayi Suka Bermain Air menurut Ahli

Alasan Kenapa Bayi Suka Bermain Air menurut Ahli
Pixabay.com/amyelizabethquinn

Salah satu alasan mengapa bayi suka bermain dengan air adalah karena bayi menganggap air sebagai suatu hal yang menarik. Bayi merasa tertarik dengan suara air, bagaimana rasanya air ada di kulit mereka, dan bagaimana cahaya terpantul dari air.

Menurut dr Gary Kirkilas, DO, dokter anak di Rumah Sakit Anak Phoenix di Arizona, AS, bermain air bisa menjadi suatu pengalaman yang sangat merangsang perasaan (emosi dan sebagainya) untuk bayi.

Selain itu, dr Gary Kirkilas, DO juga mengungkapkan bahwa air merupakan salah satu hal yang sudah familier bagi bayi sejak dalam kandungan.

"Bayi menghabiskan sembilan bulan dalam cairan ketuban, jadi itu merupakan lingkungan yang akrab dan menenangkan bagi mereka," ucapnya.

Manfaat Bayi Bermain dengan Air

Manfaat Bayi Bermain Air
Freepik.com/pch.vector

Air bisa menjadi suatu sarana yang dapat membantu perkembangan sensorik bayi lho, Ma! Saat bermain air, si Kecil tentunya akan banyak menggerakan tangan dan juga kakinya. Gerakan seperti mencipratkan air, menendang air, akan sangat bermanfaat bagi perkembangan sensoriknya.

"Air dapat menjadi alat permainan sensorik dan anak-anak dapat mengeksplorasi sifat-sifatnya dengan kelima indera," kata spesialis perkembangan dan perilaku anak, Dr. Fadiyla Dopwell, MD.

Selain itu, air juga bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan bagi bayi. Melalui permaian seperti memindahkan dan menuangkan air ke dalam wadah,  \bayi mulai bisa mengenal apa itu benda padat dan benda cair.

Menurut Dr. Fadiyla Dopwell, MD, ini merupakan kesempatan bagi orangtua untuk memperkenalkan bagaimana benda cair bisa berubah bentuk berdasarkan tempatnya.

Tak hanya itu, kreativitas bayi juga bisa terangsang dan terbentuk melalui eksplorasi yang dilakukan bayi ketika bermain dengan air. Misalnya ketika ia bermain air di dalam sebuah bak mandi, ia bisa berimajinasi sedang berada di laut dan menjadi seorang nakhoda.

Manfaat lain yang tak kalah penting adalah, bermain dengan air dapat membuat bayi merasa tenang dan senang. Bermain dengan air dapat membantu memperbaiki perasaan bayi.

Tips Aman dan Menyenangkan Bermain Air

Tips Aman Menyenangkan Bermain Air
Pixabay.com/zoosnow
  • Siapkan Lokasi yang Aman

Saat ingin mengajak bayi bermain air, penting untuk memilih dan mempersiapkan tempat atau lokasi yang aman bagi bayi bermain air. Tetaplah selalu berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Tambahkan Mainan ke Bak Mandi

Waktu mandi merupakan waktu yang tepat bagi bayi untuk bermain air. Agar lebih menyenangkan, Mama bisa menambahkan mainan seperti bebek karet, bola air, mainan berbentuk ikan, dan mainan lainnya yang aman untuk dimainkan di dalam air.

Menambahkan mainan ke bak mandi akan membuat bayi lebih bersemangat untuk mengeksplor hal-hal apa saja yang bisa ia lakukan di air bersama mainannya.

  • Selalu Awasi Bayi saat Bermain Air

Bayi yang bermain air harus selalu diawasi oleh orangtua, meskipun hanya bermain di sebuah kolam renang karet yang kecil. Sebab kemungkinan bayi terpeleset atau menelan air kolam akan tetap ada ketika tidak berhati-hati.

Saat bermain air, bayi harus selalu dalam pengawasan dan ingat, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian.

Agar Mama bisa selalu mengawasi bayi yang sedang bermain air, ada baiknya Mama menyiapkan handuk atau perlengkapan lainnya terlebih dahulu sebelum bermain air.

  • Memberikan Batas Waktu

Meski Mama merasa senang melihat si Kecil tertawa dan bahagia ketika bermain air, jangan lupa untuk tetap memberikan batas waktu kapan bayi harus berhenti bermain air. Hal ini ditujukan agar bayi tidak kedinginan dan jatuh sakit.

Selain itu, pastikan bayi sudah makan sebelum bermain air agar perutnya tidak kembung.

Nah itu lah beberapa informasi kenapa bayi suka main air beserta manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk