Tips Mengatasi Masalah Kesehatan Mental pada Remaja

Berikan penanganan yang cepat agar Mama bisa mengatasinya!

13 Juni 2021

Tips Mengatasi Masalah Kesehatan Mental Remaja
Unsplash/Anthony Tran

Tak hanya orang dewasa, remaja juga dapat mengalami masalah kesehatan mental lho, Ma. Masalah kesehatan mental ini sebenarnya dapat memengaruhi kesehatan fisik serta kehidupan sehari-hari. 

Dilansir dari laman National Alliance on  Mental  Illnes,  kesehatan mental adalah suatu kondisi yang memengaruhi pemikiran, perilaku, perasaan, atau suasana hati seseorang.

Ada 50 persen remaja saat ini rentan sekali memiliki kendala kesehatan mental, di mana kesehatan mental dimulai pada usia 14 tahun dan 1 dari 6 remaja di Amerika Serikat mengalami gangguan kesehatan mental setiap tahunnya.

Jika kesehatan mental mulai terganggu, maka gejala-gejala yang dapat ditemukan seperti gangguan kecemasan, bipolar dan depresi. 

Jika anak mengalami gangguan mental, penting bagi Mama untuk melakukan penanganan yang lebih cepat.

Selain membawanya ke dokter, Mama bisa melakukan berbagai cara. Berikut Popmama.com akan memberikan tips untuk membantu mengatasi gangguan mental pada anak. 

Editors' Picks

1. Mecintai diri sendiri

1. Mecintai diri sendiri
Freepik/wayhomestudio

Kondisi ini sering terjadi pada usia remaja, seringkali anak membandingkan dirinya dengan orang lain. Dilansir dari Huffpost, penting untuk belajar mengambil tindakan penuh kasih untuk diri sendiri mengenai kesehatan emosional dan belajar menghargai diri sendiri. 

Mama bisa menjelaskan bahwa tindakan ini adalah hal penting bagi setiap manusia agar tetap memiliki kondisi mental yang stabil. Jelaskan menggunakan bahasa yang mudah pada anak remaja mama.

Dengan mencintai diri sendiri, dapat membantu anak lepas dari kekosongan dan kesendirian. 

2. Memiliki gaya hidup yang sehat

2. Memiliki gaya hidup sehat
Unsplash/ bruce mars

Memiliki gaya hidup yang sehat mampu mencegah penyakit kronis dan penyakit jangka panjang.

Dilansir dari the Foundation for  PeripheralPeripheralNeuropathy,  menjaga kesehatan penting untuk harga diri dan citra diri.

Mama bisa membantu anak dengan melakukan gaya hidup sehat seperti, memberikan sikap positif kepada anak, mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur, serta memberikan nutrisi yang baik kepada anak. 

Selain itu, biarkan anak dikelilingi oleh energi yang positif, hal ini dapat melatih anak untuk memiliki kondisi mental dan emosional yang sehat. 

3. Mengekspresikan diri

3. Mengekspresikan diri
Unsplash/ Alice Dietrich

Mengekspresikan diri merupakan hal yang penting dalam melatih emosional pada anak.Ketika perasaan emosi yang tidak bisa diungkapkan tersimpan dalam tubuh maka anak tidak akan merasa nyaman dan mudah mengalami kesehatann mental. 

Berlatih mengekspresikan diri merupakan hal yang penting untuk membangun kepercayaan diri, melepaskan emosi, serta menjadikan anak memiliki kehidupan yang baik.

Selain itu, Mama juga bisa memberikan buku bacaan pada anak mengenai bagaimana cara menghadapi kesehatan mental.

Salah satu buku yang bisa diberikan adalah Teen Life Journal. Buku ini merupakan buku aktivitas yang ditujukan kepada para remaja yang bertujuan untuk menstimulasi anak memiliki outlet yang tepat untuk bisa mengekspresikan perasaan emosinya. 

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Mama lakukan sebagai cara mengatasi masalah kesehatan mental pada anak remaja.

Selain orangtua, anak juga memiliki peran penting untuk mengatasi masalah kesehatan mentalnya.

Meskipun tidak ada satu hal yang benar-benar bisa membuat masalah kesehatan mental itu menjadi lebih baik, dengan membuat anak menjadi aktif mampu membuat tingkatan stress pada anak semakin menurun.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.