Raih Keberhasilan, 8 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Diikuti Anak

Yuk bantu anak-anak remaja meraih keberhasilan dengan mengubah kebiasaan negatifnya

26 Juli 2020

Raih Keberhasilan, 8 Kebiasaan Orang Sukses Perlu Diikuti Anak
Freepik

Mama pastinya ingin anak remajamu berhasil meraih kesuksesannya bukan? Perlu Mama ketahui, meraih keberhasilan itu tidaklah mudah, Usaha dan tindakan anak sehari-hari sangat menentukan.

Ini benar-benar tergantung pada pribadi anak remaja. Apakah ia benar-benar membiasakan dirinya untuk meraih kesuksesan?

Orang-orang yang kini telah meraih kesuksesannya telah melalui berbagai perjuangan yang berat.

Mereka mampu mengatur dan membiasakan diri mereka melakukan berbagai hal positif.

Kebiasaan mereka yang rutin dilakukan setiap hari inilah yang membuat orang sukses berbeda dengan orang biasa saja. 

Menanggapi ini, Mama perlu menyiapkan dan membiasakan anak dengan hal-hal yang orang sukses lakukan setiap harinya.

Yuk intip dan ikuti 8 kebiasaan orang sukses dalam meraih keberhasilannya di Popmama.com! Pelajari selengkapnya Ma, jangan ada yang terlewat!

1. Menghirup aroma minuman pagi

1. Menghirup aroma minuman pagi
Freepik

Apa yang anak kerjakan di pagi sebenarnya ikut menentukan aktivitas dan keberhasilannya sepanjang hari. Maka, penting sekali untuk membiasakannya mengawali hari dengan melakukan kegiatan yang positif dan berguna. 

Orang sukses biasanya memulai hari dengan menghirup aroma minuman hangat pagi.

Anak remaja dapat menghirup aroma teh, kopi, atau minuman beraroma lainnya. Nikmati wangi aromanya dan sesap perlahan. 

Menghirup aroma yang menenangkan di pagi hari dapat menenangkan pikiranmu sehingga semakin siap untuk beraktivitas sepanjang hari.

2. Olahraga ringan di pagi hari

2. Olahraga ringan pagi hari
Freepik

Selain menenangkan diri melalui minuman beraroma, ada juga kegiatan lainnya yang biasa dilakukan orang sukses di pagi hari.

Biasanya mereka berolahraga ringan di pagi hari. Ini dapat dikerjakan dengan mudah karena tidak ribet dan memakan waktu yang banyak.

Olahraga memang sangat penting. Melakukan ini setiap pagi bukan saja menyehatkan tubuh, tapi juga membuat tubuh lebih segar dan berstamina. Cara ini dapat menghindarkan rasa malas ketika beraktivitas.

3. Tidur dengan nyenyak

3. Tidur nyenyak
Freepik

Jika sebelumnya kita telah membahas kegiatan yang perlu dilakukan di pagi hari, kini kita dapat beralih pada kegiatan malam yang tidak kalah pentingnya, yaitu tidur. 

Banyak anak yang memiliki pola tidur yang kurang baik, atau mungkin tidak nyenyak tidur. Kebiasaan tidur ini sebenarnya menentukan keberhasilan mereka. 

Ketika mereka beristirahat dengan nyenyak, maka keesokan harinya mereka akan bangun dengan tubuh yang segar. Jika mereka tidak nyenyak tidur, esoknya anak masih merasa lelah, atau bahkan ngantuk. Ini membuat mereka tidak siap menjalankan aktivitasnya. 

Editors' Picks

4. Self-talk

4. Self-talk
Freepik

Hanya dirimu sendiri yang dapat sepenuhnya mengubahmu. Pernyataan tersebut berlaku bagi anak remaja yang ingin berhasil dan sukses di masa depan.

Salah satu cara untuk memotivasi dan mengubah diri sendiri ialah dengan melakukan self-talk. 

Self-talk sendiri merupakan perkataan yang disampaikan pada diri sendiri, agar bisa memotivasi dan memberi semangat.

Anak remaja dapat melakukan ini di depan cermin atau cukup disampaikan dalam hati. Ucapkan dengan keras agar lebih efektif memotivasi dirinya. 

5. Berkontemplasi

5. Berkontemplasi
Freepik

Kontemplasi merupakan aktivitas merenung. Ini memiliki tujuan yang berbeda-beda, bisa dilakukan untuk mencari penyelesaian masalah terbaik, mengambil keputusan, atau bahkan sekedar untuk mengevaluasi diri. 

Kegiatan yang satu ini membantu seseorang berpikir dengan lebih terbuka. Sehingga dapat membuka berbagai kemungkinan dan ide yang tidak terpikirkan sebelumnya. 

Orang-orang sukses di dunia melakukan kegiatan ini minimal satu kali dalam seminggu. Namun perlu diingat Ma, anak remaja sebaiknya melakukannya dalam keadaan tenang. 

6. Makan dan minuman sehat

6. Makan minuman sehat
Freepik/pressphoto

Kesehatan tubuh juga ikut membantu mendukung keberhasilannya. Seperti tubuh membutuhkan istirahat tidur yang nyenyak, hal serupa juga terjadi pada kebutuhan makanan. Di sini makanan sehat dan bergizi dibutuhkan sebagai penunjang keberhasilan anak.

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat, fit dan berstamina. Tubuh yang sehat lebih mendukung aktivitas remaja ketimbang tubuh yang lemas dan sakit. Sungguh disayangkan jika anak punya banyak rencana yang perlu ia selesaikan, namun tubuhnya rentan penyakit.

7. Sering-seringlah membaca

7. Sering-seringlah membaca
Pixabay/StockSnap

Membaca merupakan salah satu cara terbaik memperkaya informasi. Ini juga menjadi kegiatan bagus dalam mencari inspirasi, menyegarkan pikiran, juga menambah motivasi. 

Luangkanlah waktu membaca minimal 10 menit dalam sehari untuk membaca apa saja, baik itu buku, novel, cerpen, koran, majalah, atau artikel.

Beberapa pakar kesuksesan menyarankan anak untuk membaca kutipan motivasi.

Cara ini dapat membantu anak agar tetap semangat meraih mimpi.

8. Biasakan membuat schedule dan rencana harian

8. Biasakan membuat schedule rencana harian
Pexels/Kaboompicscom

Kebiasaan terakhir yang tak kalah penting ialah membuat rencana harian. Biasakan menulis to-do-list setiap malamnya.

Pikirkan kira-kira hal apa yang ingin dilakukan di hari esok.  

Rencana harian ini ternyata penting lho. Menulis rencana harian setiap malamnya membuat kegiatan dan aktivitas anak lebih terjadwal. Ini juga membantu anak remaja belajar dispilin terhadap waktu dan dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. 

Ketika berhasil menyelesaikan kegiatan dalam jadwal dengan baik, anak remaja kini mampu mengerjakan berbagai aktivitas dengan lebih produktif, teratur, dan maksimal. 

Itu dia 8 kebiasaan yang biasa dilakukan orang sukses. Apakah ada yang sudah anak remaja mama lakukan? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.