Materi Kelas 3 SD, Ciri dan Sifat Benda Padat, Cair dan Gas

Berkenalan dengan jenis-jenis benda dan sifatnya yuk!

27 September 2021

Materi Kelas 3 SD, Ciri Sifat Benda Padat, Cair Gas
newsela.com

Pernahkah anak-anak melihat balok mainan? Kenapa ya meskipun kecil balok tersebut terasa berat ketika diangkat, berbeda dengan balon yang ukurannya lebih besar. 

Atau anak-anak pastinya pernah memindahkan air bukan. Mengapa ya air selalu berubah bentuk ketika dipindahkan. Di dalam gayung, air berbentuk seperti gayung, namun ketika di dalam gelas, bentuk air berubah menyesuaikan bentuk gelas.

Berbeda sekali dengan penghapus yang bentuknya tetap. 

Hal-hal tersebut disebabkan oleh perbedaan sifat yang dimiliki benda. Pada umumnya, benda dapat berwujud padat, cair, atau gas. Ketiganya memiliki perbedaan sifat dan ciri yang mencolok. 

Benda berwujud pada dikenal sebagai benda padat, benda berwujud cair disebut benda cair, dan benda yang wujudnya terlihat tetapi dapat dirasakan keberadaannya disebut benda gas.

Untuk anak-anak kelas 3 SD, yuk kita berkenalan lebih lanjut dengan ketiga jenis benda ini di Popmama.com, berikut ini.

1. Benda padat

1. Benda padat
Pixabay/MabelAmber

Pertama-tama, kita kenalan dulu dengan benda yang paling sering kita jumpai, yaitu benda padat. Benda padat merupakan benda yang memiliki kekerasan, bentuk, dan ukuran yang tidak dapat diubah. 

Ciri-ciri benda padat ialah sebagai berikut:

  1. Bentuk dan besarnya tetap. 
  2. Menempati ruangan. 
  3. Mempunyai massa atau berat. 
  4. Memiliki volume tetap. 
  5. Memiliki kekerasan tertentu. 
  6. Ukuran dan warna tidak dapat diubah. 

Ukuran benda tidka dapat berubah dengan sendirinya. Namun mereka dapat diubah dengan sengaja, misalnya dengan cara dipotong, disobek, atau dipanaskan.

Benda padat merupakan jenis benda yang paling banyak di sekitar kita. Contoh benda padat ada bermacam-macam, seperti kayu, boneka, keramik, batu, kaca, dan lainnya. 

Editors' Picks

2. Benda cair

2. Benda cair
Freepik

Beralih dari benda padat, sekarang kita akan membahas benda cair. Benda cair memiliki sifat berubah-ubah sesuai dengan wadah yang ditempatinya. Air yang berada di dalam baskom akan berbentuk baskom, berbeda ketika air berada di dalam gelas atau botol. 

Sifat lain benda cair ialah kemampuan mengalir. Semua benda cair dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah akibat pengaruh gravitasi. 

Benda cair memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Bentuknya dapat berubah mengikuti wadahnya. 
  2. Mempunyai massa. 
  3. Permukaan benda cair yang tenang akan selalu datar
  4. Dapat melarutkan suatu zat tertentu

Beberapa contoh benda cair ialah minyak, air minum, jus, susu, dan lain sebagainya. 

3. Benda gas

3. Benda gas
Pixabay/Pixource

Dari antara dua jenis benda sebelumnya, gas dikenal sebagai benda yang asing karena  tidak terlihat dan tidak dapat disentuh. Benda gas sebenarnya dapat dirasakan bahkan dicium baunya. Seperti benda cair, benda gas memiliki sifat menempati ruang. 

Ada pula ciri benda gas seperti berikut:

  1. Dapat mengisi ruang. 
  2. Berubah bentuk. 
  3. Menekan ke segala arah.
  4. Bergerak ke segala arah.
  5. Volumenya berubah-ubah karena gas dapat memulai (MH). 

Meskipun tidak terlihat, benda gas sebenarnya ada di sekitar kita lho. Mulai dari udara yang biasa kita hidup, gas yang Mama gunakan untuk memasaka, sampai gas yang terdapat di dalam balon hingga dapat terbang dan mengembang.

4. Perubahan wujud benda

4. Perubahan wujud benda
Freepik/Racool_studio

Benda padat, cair, dan gas dapat berubah wujud menjadi satu sama lain. Benda yang tadinya berwujud cair dapat berubah menjadi gas ataupun padat, ini disebut sebagai perubahan wujud benda. Berikut adalah beberapa perubahan wujud benda beserta contohnya:

  • Mencair. Mencair merupakan perubahan benda padat menjadi cair. Ini terjadi pada benda es batu yang berubah menjadi air ketika terkena panas. 
  • Membeku. Membeku merupakan perubahan benda cair menjadi benda padat. Peristiwa ini terjadi pada air yang membeku berubah menjadi benda padat. 
  • Menguap. Menguap ialah peristiwa berubahnya zat cair menjadi gas. Contohnya seperti air yang dipanaskan akan berubah menjadi uap. 
  • Mengembun. Mengembun ialah  peristiwa perubahan wujud gas mejadi cair. Peristiwa ini dapat kamu lihat pada embun yang terjadi di pagi hari. 
  • Menyublim. Menyublim adalah peristiwa perubahan benda padat menjadi gas. Peristiwa ini terjadi pada kapur barus. 
  • Mengkristal. Mengkristal merupakan peristiwa perubahan benda gas menjadi benda padat. Proses ini terjadi pada perubahan uap air menjadi salju. 

Ternyata benda-benda di sekitar kita unik sekali ya. Menarik mempelajari bagaimana benda memiliki sifat dan mampu berubah satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat. 

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.