8 Penyebab Anak Sering Kesakitan pada Perut Bagian Kiri

Yuk cari tahu apa saja yang dapat menyebabkan anak remaja mengalami sakit perut di sebelah kiri!

29 Oktober 2020

8 Penyebab Anak Sering Kesakitan Perut Bagian Kiri
health.clevelandclinic.org

Ketika anak merasa sakit perut di sebelah kiri, mungkin biasanya Mama menganggapi hal tersebut sebagai penyakit yang ringan dan sepele.

Tahukah Mama kalau ternyata ini bisa menjadi pertanda anak remaja mama terkena gangguan kesehatan yang lebih serius?

Sakit perut tidak dapat dianggap sepele.

Masalah ini menjadi salah satu alasan paling sering mengapa orang-orang pergi ke dokter. 

Hal tersebut terjadi karena sakit perut dapat menjadi pertanda berbagai macam gangguan kesehatan yang berbahaya.

Sakit perut pada bagian kiri dapat menjadi pertanda gangguan pada berbagai organ tubuh dengan banyak fungsi penting seperti:

  • Usus besar,
  • ovarium,
  • lambung,
  • gangguan ginjal. 

Ada baiknya Mama mengenali penyebab sakit perut sebelah kiri pada anak remaja.

Ini mampu membantumu menemukan solusi terbaik dan cepat dalam menanganinya.

Tak perlu khawatir, Popmama.com akan membahas 8 penyebab sakit perut sebelah kiri pada anak mama.

Simak selengkapnya ya, Ma!

1. Gastritis

1. Gastritis
cara.care

Gatritis adalah saat terjadi peradangan pada lapisan dinding lambung. Penyakit ini dapat ditimbulkan oleh beragam hal, seperti mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, infeksi dari bakteri, juga banyak mengonsumsi minuman beralkohol.

Apa Gejala Gastritis?

Gejala gastritis terlihat dari rasa sakit dann terbakar pada perut bagian kiri atas, juga disertai dengan mual, muntah, hingga perut terasa penuh setelah makan.

Penyakit ini dapat terjadi secara tiba-tiba ataupun secara perlahan dan bertahap.

Jika sudah gejala telah terjadi lebih dari seminggu, diharapkan anak mama segera mendapatkan perawatan medis. 

2. Gas pada organ pencernaan

2. Gas organ pencernaan
Freepik

Gas pada organ pencernaan yang terletak di bagian perut sebelah kiri dapat menimbulkan rasa nyeri dan sakit. Gas ini berasal dari udara luar yang masuk ke mulut dan terbawa hingga melalui proses pencernaan. 

Rasa sakit yang terjadi hanyalah sementara.

Biasanya itu akan hilang sendirinya ketika udara berhasil keluar dari usus halus. Banyaknya gas yang terdapat dalam perut juga tidak menjadi masalah yang serius.

Hanya saja kondisi ini menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman. 

Melansir dari Mayo Clinic, ada beberapa hal lain yang menyebabkan menumpuknya gas dalam perut, yaitu asap rokok, makan terlalu banyak, mengunyah permen karet, serta bakteri.

Jika terdapat gejala seperti penurunan berat badan, konstipasi, diare, juga dada terasa terbakar. Ada baiknya Mama membawanya ke dokter.

3. Divertikulitis

3. Divertikulitis
carygastro.com

Penyakit ini merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada diverkula, yaitu kantung yang terbentuk sepanjang usus besar dan saluran pencernaan. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab yang umum rasa sakit pada perut bagian kiri, dan biasanya menyerang orang dengan usus yang lemah. Tertama mereka yang berusia di atas 40 tahun. 

Penyebab dari penyakit ini diakibatkan oleh pencernaan makanan yang tidak baik sehingga menyumbat pencernaan. Kondisi tersebut mengakibatkan dinding usus membengkak dan timbul sobekan.

Biasa penyakit ini disertai dengan gejala mual, tidak nafsu makan, dan demam. Rasa sakit pada perut sebelah kiri umumnya terasa ketika tubuh bergerak dan sesudah makan.

Editors' Picks

4. Shingles atau herpes zoster

4. Shingles atau herpes zoster
drugtopics.com

Rasa sakit pada bagian perut sebelah kiri tidak hanya terjadi akibat organ pencernaan saja. Penyakit yang satu ini merupakan salah satu pengecualiannya.

 Shingles atau herpes zoster merupakan penyakit kulit dan disebabkan oleh virus penyebab cacar air.

Mama dapat mengenali penyakit ini melalui ruam yang muncul pada perut anak remaja mama.

Ruam ini akan menimbulkan rasa sakit bila disentuh. Melansir dari Health Line, Shingles memiliki beberapa gejala sepertirasa terbakar, sensitif, gatal, dan ruam yang menjadi luka.

Baca juga:

5. Radang panggul

5. Radang panggul
planetayurveda.com

Radang panggul atau yang diebut juga dengan Pelvic inflammatory disease merupakan gangguan organ kewanitaan seperti uterus, tabung falopi, ovarium, dan serviks akibat inflamasi dan infeksi. 

Gejalanya sendiri biasanya ditandai dengan rasa sakit ketika buang air kecil, demam, keluarnya cairan tidak normal dari vagina, demam, juga rasa sakit pada perut bagian bawah kiri dan kanan.

Jika anak remaja perempuan mengalami gejala tersebut, maka penanganan secara medis perlu dilakukan. 

6. Penyakit celiac 

6. Penyakit celiac 
medicaldialogues.in

Penyakit ini merupakan kondisi kronis organ pencernaan karena ketidakmampuan tubuh seseorang untuk mencerna gluten. Penyakit celiac tergolong sebagai penyakit autoimun.

Penyebab penyakit celiac sendiri terjadi akibat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, yaitu gandum, roti, dan pasta. Sistem kekebalan tubuh akan beraksi ketika menemukan kandungan gluten dalam tubuh. Mereka merusak lapisan dalam usus halus membuat tubuh kesulitan dalam menyerap nutrisi. 

Itu menyebabkan penyakit ini memiliki gejala naiknya asam lambung, kembung, diare, penurunan berat badan, dan tubuh terasa lelah. Penderita penyakit celiac juga akan merasa sakit pada bagian kiri hingga tengah perut, tempat usus halus berada.

7. Obstruksi usus

7. Obstruksi usus
gbmc-jo.com

Ini merupakan penyumbatan yang terjadi secara total atau sebagian pada usus halus dan usus besar. Penyebab dari obstruksi usus berupa perekatan jaringan akibat operasi, radang usus, hernia, bahkan penyakit seperti kanker dan tumor.

Obstruksi usus memiliki gejala umum seperti muntah, konstipasi, pembengkakan, sulit kentut, juga kram pada perut yang datang dan pergi. Obstruksi pada usus ini cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan segera. Karena dapat menyebabkan masalah yang serius jika dibiarkan.

8. Peradangan pankreas

8. Peradangan pankreas
everydayhealth.com

Penyebab sakit pada perut bagian kiri yang terakhir terjadi di pankreas. Rasa sakit yang timbul akibat peradangan pada pankreas ini dapat menjalar dari perut sebelah kiri hingga ke punggung.

 Rasa sakit yang dialami penderitanya akan semakin bertambah ketika mereka melakukan ativitas seperti berbaring, makan, dan minum.

Salah satu penyebab yang sering menimbulkan terjadinya radang pada pankreas ialah batu empedu.

Ada pula penyebab lainnya yang ikut berpengaruh seperti obesitas, efek samping obat-obatan, juga Infeksi virus, seperti campak dan gondongan. 

Apa Gejala Peradangan Pankreas?

Gejala peradangan pankreas yang timbul antara lain seperti:

  • demam,
  • mual,
  • muntah,
  • diare,
  • perut terasa sakit saat disentuh,
  • bagian putih mata menguning.

Itulah beberapa penyebab terjadinya rasa sakit pada bagian kiri perut anak remaja.

Mengetahui bahaya yang terjadi akibat sering sakit perut di bagian kiri sangatlah penting, pencegahan perlu Mama lakukan. Untuk menghindarkan anak remaja mama dari penyakit yang lebih berbahaya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.