7 Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Matematika

Bisa dilakukan dengan cara kreatif dan menyenangkan.

11 Desember 2019

7 Cara Mudah Efektif Mengajarkan Anak Matematika
Pexels/Elleazar Ceballos

Pintar dan berprestasi merupakan kata yang cocok untuk menggambarkan sosok Hafizh Bayhaqi. Bagaimana tidak? seorang anak laki-laki berumur 12 tahun ini berhasil menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran matematika online. Aplikasi e-learning tersebut bernama Good Math yang dapat diunduh pada gadget melalui Play Store.

Berawal dari keinginan sederhana, Hafizh ingin membantu adiknya yang home schooling untuk belajar. Anak asal kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akhirnya menciptakan aplikasi e-learning

Dalam pembuatan aplikasi e-learning tersebut, Hafizh dibantu oleh sang Papa, Abdul Hakim. Ternyata, Hafizh sudah mulai tertarik pada dunia pemograman dan belajar commputer programing sejak usia 9 tahun.

Aplikasi e-learning, Good Math tersebut merupakan aplikasi belajar matematika yang dibuat selayaknya permainan. Dibagi menjadi 4 operasi hitungan, yaitu pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pengguna akan diberi pertanyaan secara acak dengan kesulitan yang berbeda pada tiap levelnya. Namun, pengguna harus menjawab dengan cepat karena adanya batasan waktu.  

Tak seperti Hafizh, beberapa anak mungkin tidak menyukai matematika karena sering menemui kesulitan dalam menyelesaikan soal angka.

Terlebih, jika angka-angka tersebut digabung dengan beberapa operasi hitungan sekaligus. Aplikasi e-learning ciptaan Hafizh tersebut mungkin dapat membantu anak belajar matematika dengan cara yang lebih menyenangkan.

Namun, kini Mama juga bisa mengajarkan si Kecil dalam belajar dan menyelesaikan soal-soal matematika.

Tidak harus terpaku pada materi-materi sulit yang ada di dalam buku, Mama bisa mengajarkan anak dengan cara yang lebih kreatif. Bahkan, sejak dini agar saat tumbuh besar anak lebih siap menghadapi matematika di sekolah.

Berikut Popmama.com berikan tips yang dapat Mama terapkan untuk mengajari anak belajar matematika:

1. Berlatih dengan cara sederhana

1. Berlatih cara sederhana
Pexels/Magda Ehlers

Ada banyak cara untuk membantu anak berlatih tentang matematika. Bahkan, Mama dapat memberikan si Kecil melalui cara-cara sederhana. Misalnya, saat anak bermain. Mama bisa memulainya dengan mengajak anak menghitung jumlah mainannya.

Mama juga dapat mengajak anak untuk menyortir mainan mereka berdasarkan bentuk atau warna, kemudian ajari mereka berhitung lagi. Dengan ini, anak akan lebih tertarik untuk belajar karena melibatkan hal kesukaannya, yaitu mainan.

2. Gunakan objek-objek yang ada di rumah

2. Gunakan objek-objek ada rumah
Pexels/Cottonbro

Suatu hal akan lebih mudah diajarkan pada anak ketika mereka dapat melihat bentuk fisik secara langsung dan menerapkannya secara nyata.

Dalam hal ini maka, Mama dapat menggunakan objek-objek yang ada di rumah. Misalnya, kursi dan meja.

Ajak si Kecil untuk menghitung kursi yang terdapat pada ruang tamu atau menghitung jumlah kaki meja makan. Dari objek sederhana tersebut, Mama dapat melatih anak matematika.

Editors' Picks

3. Gunakan permainan yang seru

3. Gunakan permainan seru
Pexels/Skitter Photo

Anak-anak memang menyukai mainan. Maka, Mama dapat memilih metode belajar menggunakan permainan.

Ada beragam permainan edukatif yang bisa Mama dapatkan di toko mainan. Sebagai contoh sederhana yaitu, balok mainan dengan beragam bentuk.

Ajak anak mengumpulkan balok sesuai bentuk dan menghitungnya. Cukup gunakan operasi hitung sederhana seperti pertambahan.

4. Belajar matematika melalui aktivitas memasak

4. Belajar matematika melalui aktivitas memasak
Pexels/Cottonbro

Sesekali, Mama dapat mengajak anak untuk melakukan aktivitas memasak di dapur, seperti membuat kue sederhana.

Saat proses pembuatan adonan, Mama bisa mengajari mereka bagaimana cara membagi adonan dalam beberapa bagian. Misalnya, memotong adonan menjadi 2 atau 5 bagian sebelum dipanggang.

Melalui aktivitas ini, anak dapat belajar matematika pecahan secara sederhana dan menyenangkan.

5. Belajar dengan musik

5. Belajar musik
Pexels/Michael Mors

Matematika dapat diajarkan melalui media apa saja termasuk musik. Misalnya, dengan lagu-lagu dan video edukatif yang berisi angka-angka. Mama dapat memasang lagu atau video edukatif tersebut dan ajak anak mengenal angka. Jadi, si Kecil tetap bisa belajar dengan cara menyenangkan.

6. Terus latih anak dengan pertanyaan

6. Terus latih anak pertanyaan
Pexels/Cottonbro

Mama dapat melatih dan terus mengasah kemampuan matematika anak dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana di setiap harinya.

Misalnya, saat sedang berkendara, tanyakan jumlah warna lampu merah yang mati atau menyala. Kemudian, saat berada di pusat perbelanjaan Mama dapat bertanya tentang jumlah barang yang harus dimasukan dalam keranjang belanja.

7. Ajari dan dampingi dengan sabar penuh kasih sayang

7. Ajari dampingi sabar penuh kasih sayang
Pexels/Cottonbro

Anak mungkin akan mengalami kesulitan pada matematika dalam beberapa hal. Misalnya, saat berlatih operasi hitung perkalian dan pembagian. Mama harus tetap sabar dan tenang jika anak melakukan kesalahan.

Teruslah bimbing dan berikan motivasi sehingga anak tidak merasa putus asa dan tetap ingin belajar.

Hindari untuk memberikan ekspresi berlebihan yang membuat anak takut. Jika diajarkan dengan penuh kasih sayang, si Kecil akan menganggap matematika sebagai hal yang menyenangkan.

Itulah 7 hal sederhana yang dapat Mama terapkan pada anak untuk belajar matematika. Hindari terlalu menekan buah hati dalam belajar karena setiap anak memiliki kemampuan dan proses tumbuh kembang yang berbeda.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.