Daftar Pondok Pesantren yang Bagus di Jakarta

Referensi bagi Mama dan Papa yang ingin menyekolahkan anak di pondok pesantren

9 November 2020

Daftar Pondok Pesantren Bagus Jakarta
Unsplash/rohiim ariful

Saat ini, kebutuhan pendidikan formal yang dijalankan berdasarkan pendidikan agama Islam telah banyak diminati para orangtua. Jadi, pondok pesantren terus bertumbuh karena banyak menerima siswa dan siswi baru. 

Tak terkecuali di wilayah Jakarta, cukup banyak orangtua yang memercayai pesantren sebagai tempat pendidikan anak-anaknya. Melalui pendidikan di pesantren, anak dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal di bidang akademi maupun religi. 

Bagi Mama dan Papa yang tertarik memilih pesantren untuk pendidikan anak, berikut Popmama.com berikan beberapa rekomendasi  pondok pesantren yang bagus di Jakarta

1. Pondok Pesantren Al-Isyraq

1. Pondok Pesantren Al-Isyraq
alisyraq.com

Pondok pesantren ini berawal dari Majelis Ta'lim yang tersebar di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya. Akhirnya, diresmikan sebagai lembaga pendidikan dengan nama Pondok Pesantren Al-Isyraq pada 6 Desember 2009. 

Pesantren Al-Isyraq menjadi pilihan pendidikan bagi anak-anak yang bagus karena pembelajarannya disesuaikan dengan ajaran Islam. Selain itu, pesantren Al-Isyraq menyelenggarakan pendidikan secara gratis sehingga terbuka untuk siapa pun. 

Menerima calon peserta didik minimal usia kelas 1 Tsanawiyah/SMP hingga usia 35 tahun. Dengan cara melengkapi persyaratan pendaftaran.

Mulai dari mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan pas foto ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar dan 3×4 sebanyak 2 lembar. Lalu, melampirkan fotocopy Ijazah Pendidikan terakhir dan fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 1
lembar.

Apabila Mama dan Papa membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat mendatangi pesantren secara langsung ke Kampung Pejuangan Jl. F. RT 010/010, No. 56, Kelurahan/Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat atau menghubungi nomor telepon (021) 6044 6060.

2. Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah

2. Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah
Altsaqafah.id

Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah merupakan salah satu lembaga pendidikan akademi yang berbasis pengajaran religi di Jakarta. Menyediakan pilihan pendidikan Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah atau yang setara dengan SMP hingga SMA. 

Dengan fasilitas pendidikan, seperti gedung sekolah, masjid, asrama, dan lain-lain yang mumpuni sebagai pendukung kegiatan belajar anak. Di bawah bimbingan tenaga pendidik yang kompeten. 

Anak-anak pun dapat mencapai tumbuh kembang optimal. Dengan memiliki akhlak mulia, terdidik, berbudaya dan berkarakter. 

Beberapa program unggulan dari pondok pesantren ini, yaitu Tahfizhul Quran, Aswaja Learning Centre dan Pusat Kurikulum Berbasis Aswaja, Language Development Programme (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab), Muhadharah, Kajian Kitab Kuning, Kerohanian (shalat berjama’ah, shalat dhuha, qiyamul lail, maulid, istighatsah, dan tahlil), dan Bimbingan Konseling. 

Mama dan Papa dapat langsung mendatangi lokasi Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah di Jl. Moh. Kahfi 1 No. 22 RT 15/01, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan atau menghubungi nomor (021) 7888 2846 untuk informasi lanjutan. 

Editors' Picks

3. Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

3. Pondok Pesantren Asshiddiqiyah
http://Instagram.com/asshiddiqiyah

Pondok pesantren ini berada di Jl. Panjang No. 6C, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dengan tujuan mendidik anak-anak yang memiliki akhlaqul karimah, menguasai ilmu pengetahuan umum dan agama, serta mampu berbahasa Arab dan Inggris.

Menyelenggarakan program pendidikan mulai tingkat dini, yaitu MD, MI, MTs, SMP, MA, dan SMA yang telah terakreditasi A. Tersedia juga pendidikan jenjang SMK dengan beragam pilihan program, seperti Otomotif, Bisnis dan Manajemen, Multimedia, serta TKJ / Tehnik Komputer dan Jaringan. 

Selain pendidikan akademi dan religi yang bisa anak dapatkan, pondok pesantren ini menyediakan beragam program ekstrakurikuler. Minat dan bakat aak-anak pun dapat terasah dengan baik. 

Jika Mama dan Papa tertarik mendaftarkan anak ke Pondok Pesantren Asshiddiqiyah dapat langsung mendatangi lokasi yang tertera di atas atau menghubungi nomor (021) 5801 650.

4. Pondok Pesantren Daarul Rahman

4. Pondok Pesantren Daarul Rahman
http://Instagram.com/daarulrahman_official
Ilustrasi

Pondok Pesantren Daarul Rahman menggunakan sistem pendidikan terpadu, yaitu perpaduan antara sistem yang ada di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo dengan 2 bahasa sebagai ciri khasnya dan sistem Pondok Pesantren Salafiyah yang mengajarkan kitab-kitab kuning.

Saat ini, Daarul Rahman telah memiliki 3 cabang pondok pesantren. Menyelenggarakan pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah atau yang setara dengan tingkat SMP dan SMA sebagai pendidikan formalnya.

Sedangkan pendidikan informalnya, terdiri dari Madrasah Diniyah, Tahfidz Al Quran, Majelis Taklim, dan Kepesantrenan. Dengan fasilitas pendidikan yang lengkap serta mumpuni sehingga mampu menunjang proses belajar anak-anak. 

Sama seperti sekolah pada umumnya, Pondok Pesantren Daarul Rahman juga menyediakan pilihan ekstrakurikuler. Namun, ada kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti, yaitu belajar berpidato dalam 3 bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab). Kemudian, program ekstrakurikuler yang dapat disesuaikan dengan minat dan bakat anak. 

Jika Mama dan Papa tertarik dengan pesantren ini, dapat mendatangi langsung alamat Jl. Senopati Dalam II, No. 35 A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (021 5226 928) atau Jl. Purwa Raya 1, Kavling DKI, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan (021 2271 3867).

5. Pondok Pesantren Darunnajah

5. Pondok Pesantren Darunnajah
http://Instagram.com/darunnajah_official

Pondok Pesantren Darunnajah merupakan pesantren yang telah cukup terkenal karena telah memiliki 17 cabang di seluruh Indonesia. Dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Banten, Bengkulu, Riau, Lampung, hingga Kalimantan. 

Di wilayah Jakarta sendiri, Pondok Pesantren Darunnajah ini berada di Jl. Ulujami Raya No. 86, Pesanggarahan, Jakarta Selatan. Dengan jenjang pendidikan yang lengkap.

Mulai dari PAUD, TK, SD, TMI (setara SLTP/SLTA atau setingkat SMP/Mts – SMA/Madrasah Aliyah) sampai Perguruan Tinggi, juga Tahfidz Al Quran yang telah terakreditasi A. Jadi, telah terbukti sebagai lembaga pendidikan yang bagus. 

Dalam pengajarannya, Pondok Pesantren Darunnajah menggunakan kperpaduan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor, Kurikulum Nasional, dan Pesantren Salaf. 

Selain belajar di kelas, peserta didik juga dapat mempelajari banyak keahlian dari berbagai jenis kegiatan yang ada di pesantren. Misalnya, keahlian bahasa, organisasi, olahraga, kesenian, keterampilan, teknologi, akademik dan berbagai life skill lainnya.

Mama dan Papa dapat langsung mendatangi lokasi yang telah tertera di atas atau menghubungi nomor (021) 7388 3665 mendapatkan informasi pendaftaran dan lainnya. 

6. Pondok Pesantren Putri Al-Kenaniyah

6. Pondok Pesantren Putri Al-Kenaniyah
http://Instagram.com/ponpespi_alkenaniyah

Sesuai dengan namanya, Pondok Pesantren Putri Al-Kenaniyah hanya menerima peserta didik perempuan. Tentu saja, tempat ini akan menjadi lingkungan yang aman serta nyaman bagi anak-anak putri Mama dan Papa yang ingin menempuh pendidikan akademi sekaligus religi. 

Al-Kenaniyah menyelenggarakan pendidikan TK, MI atau setara dengan SD, MTS atau yang setingkat SMP, hingga MA atau sama dengan SMA. Dengan fasilitas yang lengkap dan beragam pilihan kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. 

Apabila Mama dan Papa tertarik, dapat datang ke Jalan perintis kemerdekaan Pulo Nangka Barat I/14, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur atau menghubungi (021) 4750 960 untuk informasi lanjutan. 

7. Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin

7. Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin
minhaajurrosyidiin.com

Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin berada di Jl. SPG VII No. 17 RT 05/09, Kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur. 

Merupakan lembaga pendidikan yang menggunakan kurikulum Tafsir Al Quran dan Al Hadits dengan metode sorogan (talaqqi). Para peserta didik pun dapat menjadi pribadi yang unggul dalam pengetahuan umum dan agama. 

Pondok pesantren ini menyelanggarakan program pendidikan mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Dengan fasilitas pendidikan yang lengkap dan mumpuni. 

Mama dan Papa dapat datang langsung ke alamat yang tertera di atas atau menghubungi nomor telepon (021) 8400 033 untuk informasi lebih lanjut. 

Itulah 7 rekomendasi pondok pesantren yang bagus di Jakarta yang dapat orangtua pilih untuk pendidikan anak. Semoga dapat bermanfaat, ya. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.