9 Karakter Anak Remaja yang Percaya Diri

Kepercayaan diri yang baik akan membantu remaja dalam menghadapi masalahnya, Ma

23 Februari 2021

9 Karakter Anak Remaja Percaya Diri
Pexels/Julia M Cameron

Ketika anak memasuki usia remaja, mereka akan menjadi lebih mandiri. Namun, bukan berarti orangtua melepas remaja tanpa pendampingan. Justru, Mama dan Papa sebaiknya berperan aktif karena remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju usia yang lebih dewasa. 

Apalagi, kehidupan remaja bisa saja mengalami masalah. Entah dalam perihal pendidikan maupun lingkungan sosialnya. Maka, penting bagi mereka untuk memiliki kepercayaan diri. Orangtua pun dapat mengarahkan remaja agar lebih percaya diri.

Dengan rasa percaya diri yang baik, remaja akan lebih mudah dalam mengatasi kesulitannya. Mereka juga tidak akan malu menjadi diri sendiri, meski berbeda dengan orang lain di sekitarnya. 

Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa seorang remaja telah percaya diri. Berikut yang telah Popmama.com rangkum. Inilah karakter anak yang percaya diri.

1. Memiliki kemampuan untuk mengontrol diri

1. Memiliki kemampuan mengontrol diri
Pexels/Anna Shvets

Salah satu tanda percaya diri pada remaja ialah memiliki kemampuan untuk mengontrol dirinya sendiri. Remaja yang percaya diri tidak akan mudah terpengaruh oleh orang lain. Mereka akan tetap berpegang teguh pada prinsip yang dimiliki. 

Misalnya, saat teman-teman di sekolahnya berbuat curang saat mengerjakan tugas. Remaja yang percaya diri tidak akan ikut berbuat hal tak terpuji itu. Justru, mereka tetap optimis dan percaya akan kemampuannya sendiri. 

2. Berani menjadi dirinya sendiri, meski berbeda

2. Berani menjadi diri sendiri, meski berbeda
Pexels/Samson Katt

Ketika remaja telah merasa percaya diri, mereka tidak akan pernah takut untuk menunjukkan dirinya sendiri. Meski mungkin, dirinya memiliki bererapa perbedaan dibanding orang lain. 

Hal ini dapat ditandai dengan keberanian remaja saat bertanya tentang salah satu pelajaran kepada teman-temannya yang mungkin lebih pintar. Meski remaja mama merasa bahwa dirinya kurang memahami pelajaran tersebut, tetapi ia tidak merasa minder. Sebaliknya, ia justru terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya agar dapat menjadi lebih baik. 

3. Dapat menghargai orang lain di sekitarnya

3. Dapat menghargai orang lain sekitarnya
Pexels/Allan Mas

Remaja yang percaya diri pasti dapat menghargai orang lain. Hal ini karena remaja menyadari bahwa dirinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan orang-orang di sekitarnya. 

Remaja pun tidak akan memaksakan kehendak pada orang lain yang dirasa tidak sesuai dengan dirinya sendiri. Remaja yang percaya diri akan menerima siapa saja menjadi temannya. Selain itu, mereka akan menghormati segala keputusan orang lain.

Editors' Picks

4. Tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah

4. Tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah
Pexels/Pixabay

Percaya diri berarti remaja memahami setiap kemampuan yang ada dalam dirinya sendiri. Dengan demikian, mereka tidak akan mudah menyerah pada masalah yang datang. 

Remaja yang percaya diri akan berusaha maksimal dengan kemampuannya saat mengalami kesulitan. Perasaan untuk selalu optimis dan semangat pun menjadi teman setia yang melekat dalam diri mereka, Ma. 

5. Tidak merasa ketergantungan pada orang lain

5. Tidak merasa ketergantungan orang lain
Pexels/Gabby K

Karakter lain yang menandakan bahwa seorang remaja telah percaya diri, yaitu mereka tidak merasa ketergantungan terhadap orang lain. Remaja yang percaya diri menyadari kemampuan mereka sehingga akan memilih untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Dibandingkan harus merepotkan orang lain. 

Selain itu, mereka pun akan melakukan segala sesuatunya sendiri dengan penuh tanggung jawab. Tentu saja, menggunakan kemampuan dirinya, tanpa harus mengandalkan bantuan dari orang lain. 

6. Berani mengekspresikan diri

6. Berani mengekspresikan diri
Pexels/Andrea Piacquadio

Remaja yang memiliki rasa percaya diri tinggu akan lebih berani dalam mengekspresikan diri. Mereka tidak akan malu atau takut tampil di depan umum. 

Meskipun mungkin kemampuannya berbeda dengan orang lain. Hal ini justru dapat memotivasi remaja untuk menjadi lebih baik dari versi diri sebelumnya. 

7. Memiliki kemampuan dalam menggali potensi diri

7. Memiliki kemampuan dalam menggali potensi diri
Pexels/Mary Taylor

Ketika remaja telah percaya diri, mereka akan menyadari segala kelebihan maupun kekurangan pada dirinya sendiri. Hal ini pun memungkinkan remaja untuk menggali potensinya. 

Misalnya, remaja yang percaya diri saat bernyanyi. Ia pasti akan terus berlatih hingga mahir karena merasa bahwa menyanyi merupakan kesempatan untuk mengembangkan diri.

8. Memiliki cara pandang yang positif terhadap diri sendiri

8. Memiliki cara pandang positif terhadap diri sendiri
Pexels/ca__fotos

Karakter lain yang menandakan bahwa remaja telah percaya diri, yaitu mereka memiliki cara pandang yang positif terhadap diri sendiri. Meski memiliki kekurangan dan berbeda dengan orang lain, remaja tetap menghargai dirinya sendiri. 

Remaja pun hanya berfokus pada kemampuan yang ada dalam diri, serta akan berusaha untuk terus mengembangkan kemampuannya hingga menjadi lebih baik. 

9. Memiliki harapan yang realisitif terhadap dirinya

9. Memiliki harapan realisitif terhadap dirinya
Pexels/Giftpundits.com

Karakter berikutnya yang menandakan bahwa remaja mama telah percaya diri, yaitu mereka memiliki harapan yang realistif terhadap dirinya. Harapan yang diyakinkan dapat terjadi tersebut diwujudkan dengan melihat dan mengambil peluang yang ada agar menjadi lebih baik lagi. 

Dengan terus mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada dalam diri, remaja pun dapat menjadi orang yang mahir dalam suatu bidang sehingga sukses di masa depan. 

Itulah 9 karakter anak remaja yang percaya diri, Ma. Setelah mengetahuinya, apakah remaja mama termasuk dalam salah satu orang yang percaya diri? Yuk, bagikan jawabannya di kolom komentar!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.