Konser Amal untuk Menyemangati Pasien Kanker Anak

Pasien kanker anak butuh dukungan secara psikologis

28 Februari 2021

Konser Amal Menyemangati Pasien Kanker Anak
Pexels/Ave Calvar Martinez

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memeringati Hari Kanker Anak Internasional. Salah satunya dengan menggelar konser amal, seperti yang dilakukan oleh perusahaan layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi Good Doctor Technology Indonesia bersama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). 

Konser amal yang bertajuk “We Care!” dengan tema “Better Survival is Achievable, #ThroughYourHands” ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak dan remaja penderita kanker atas keberanian mereka, serta memberi mereka semangat untuk menyongsong masa depannya. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com rangkum informasi lengkap terkait keseruan konser amal dalam rangka Hari Kanker Anak Internasional yang diperingati setiap tanggal 15 Februari. 

Editors' Picks

1. Diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat

1. Diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat
Pexels/Anna Tarazevich

Konser amal “We Care!” ini dibuka dengan pemutaran film pendek sebagai pra-event, tentang kehidupan anak-anak penderita kanker di Yayasan Kasih Anak Kanker dimulai dari yang masih menderita kanker sampai yang telah sembuh total, kemudian akan dilanjutkan dengan konser musik. Acara ini diramaikan oleh artis-artis papan atas Indonesia, di antaranya Agnezmo, Andmesh, Sara Fajira, Bekti & Gautama, Kazumi, Lesti dan Rizky Billar. Konser amal ini dilakukan secara virtual dan ditayangkan di aplikasi Vidio, yang tiketnya dijual di Tiket.com.

Selain sebagai bentuk dukungan dan menyemangati para penyintas, diselenggarakannya konser amal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap penyakit kanker yang terjadi pada anak-anak. Hal ini disampaikan oleh Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia. 

“Good Doctor sangat mengapresiasi dan mendukung YKAKI dalam menyelenggarakan konser amal ini. Di Good Doctor, kami percaya bahwa anak-anak penderita kanker tidak hanya membutuhkan bantuan secara finansial, namun mereka juga membutuhkan semangat dan motivasi agar terus bersemangat dalam menjalani hari-hari dan menyongsong masa depannya. Kami juga berharap agar konser amal ini dapat memberikan manfaat yang nyata, dan mencapai tujuannya dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memberikan bantuan dan semangat untuk anak-anak penderita kanker di YKAKI,” jelasnya. 

2. Konser amal sebagai bentuk dukungan psikologis

2. Konser amal sebagai bentuk dukungan psikologis
Pexels/Guduru Ajay bhargav

Diadakannya konser amal ini merupakan bentuk dukungan dan semangat secara psikologis bagi para penyintas kanker. Hal ini karena menurut penelitian dalam American Cancer Society, anak-anak yang menderita kanker lebih berisiko mengalami gangguan psikologis dibandingkan anak seusianya.

Salah satu dukungan psikologis secara nyata yang dilakukan dalam konser amal ini, yaitu akan diadakannya sesi “Berani Gundul”, acara rutin milik YKAKI. Sesi tersebut bertujuan untuk memberikan dukungan kepada anak-anak penderita kanker yang seringkali mengalami kerontokan rambut dikarenakan terapi yang harus mereka jalani.

Jadi, masyarakat juga turut merasakan apa yang pansien kanker rasakan, bahwa gundul bukanlah suatu masalah. Selain itu, penyanyi terkenal Indonesia, Agnezmo, juga akan turut memberikan video motivasi secara virtual agar anak-anak penderita kanker terus bersemangat.

3. Penyintas diharapkan bisa lebih semangat dalam pengobatan

3. Penyintas diharapkan bisa lebih semangat dalam pengobatan
Pexels/Klaus Nielsen

Kanker pada anak masih menjadi masalah kesehatan pelik di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Secara global, Union for International Cancer Control (UICC) memperkirakan sekitar 400.000 anak berusia 0-19 tahun terdiagnosis kanker setiap tahunnya.

Selain itu, dampak psikologis juga merupakan masalah serius yang turut menyertai dan harus diperhatikan. Gangguan psikologis yang dimaksud tidak hanya terjadi saat pasien kanker anak menjalani pengobatan, tetapi juga setelah mereka sembuh dari kanker.

Mengingat masa anak-anak adalah masa yang penting bagi pertumbuhan seseorang, maka penanganan kanker anak membutuhkan perhatian yang lebih dibandingkan penanganan kanker pada orang dewasa.

“Anak-anak yang sedang sakit dan sedang dalam perawatan cukup lama mengalami stress dan bosan lamanya perawatan dan pengobatan. Melalui konser amal ini kami berharap anak-anak penderita kanker bisa mendapatkan semangat dan harapan baru dalam menjalani hari-harinya. Semoga anak-anak semakin bersemangat untuk sembuh dan menyongsong masa depan mereka. Kami juga sangat senang dengan dukungan yang diberikan oleh Good Doctor untuk terselanggaranya konser amal ini, semoga kerja sama yang baik selalu terjalin agar dapat memberikan manfaat lebih banyak untuk anak-anak penderita kanker ke depannya.” kata Ira Soelistyo, Ketua dan Pendiri YKAKI. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.